Cara Riset Hashtag untuk Pemasaran yang Optimal

riset hashtag

Riset hashtag wajib dilakukan, terutama bagi Anda yang memang fokus pada marketing melalui sosial media. Tanpa adanya riset, hashtag hanyalah sederet huruf yang diawali dengan tanda pagar (tagar). Namun sebaliknya, jika Anda melakukan riset dengan baik maka hashtag akan berubah menjadi sebuah senjata yang efektif.

Sebuah hashtag yang efektif tidak sebatas deretan huruf saja tapi juga mampu meningkatkan engagement rate. Permasalahannya, masih ada banyak orang yang belum tahu bagaimana cara melakukan riset hashtag ini. Beberapa orang bahkan tidak mengetahui apa itu riset hashtag. Nah, agar Anda dapat memaksimalkan fungsi hashtag, simak cara melakukan riset hashtag dalam ulasan berikut.

Pahami citra brand Anda

Sebuah brand tentu memiliki citra yang ingin ditampilkan. Nah, citra brand ini bisa diwakilkan melalui hashtag. Namun agar hashtag yang Anda pilih benar-benar mewakili citra tersebut, Anda perlu mengenali brand atau produk Anda sebaik mungkin dahulu.

Pastikan Anda juga tidak sembarangan memilih hashtag yang populer dalam bidang usaha Anda. Walaupun populer, penggunaan hashtag yang sembarangan seperti itu malah akan membuat brand atau produk Anda susah menonjol di tengah-tengah brand lainnya. Buatlah ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh brand lain dan gunakan ciri khas tersebut untuk hashtag dalam konten media sosial Anda.

Beda platform beda hashtag

Satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan riset hashtag adalah fakta bahwa tiap platform media sosial memiliki aturan main yang berbeda soal hashtag. Anda tidak bisa menyamakan penggunaan hashtag pada Twitter dengan Instagram. Begitu pula dengan platform media sosial lainnya.

Sebagai contoh, dalam Instagram Anda bisa menggunakan hingga 30 hashtag dalam satu post. Namun jika Anda menerapkan hal yang sama pada Twitter, post Anda menjadi tidak efektif dan susah dimengerti. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui aturan-aturan semacam ini sebelum mencari hashtag untuk konten.

Gunakan bantuan tool

Sekarang masuk ke dalam proses riset hashtag sendiri. Saat ini sudah ada banyak aplikasi atau tool yang dapat membantu Anda melakukan riset. Pada umumnya, hashtag research tool akan memberikan beberapa opsi kata yang bisa Anda gunakan. Beberapa juga menyajikan data mengenai hashtag mana yang populer dan mana yang tidak.

Berikut adalah beberapa aplikasi atau tool yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset hashtag untuk media sosial bisnis Anda.

Tagboard
Tool ini bisa membantu Anda mendapatkan tren penggunaan hashtag terkini, tingkat kepopulerannya, kata-kata yang sering muncul bersama kata-kata hashtag Anda, hingga jumlah post dengan hashtag pilihan Anda dalam hitungan menit. Dengan data tersebut, Anda bisa menemukan hashtag-hashtag yang potensial.

Hastagify
Untuk bisa menggunakan tool ini, Anda harus menyediakan anggaran karena layanan Hastagify berbayar. Nah, saat Anda melakukan riset hashtag dengan tool ini, Anda akan mendapatkan sederet hashtag pilihan beserta kata-kata lain yang masih ada kaitannya. Data yang diberikan pun bisa diatur berdasarkan tingkat popularitas, korelasi, hingga tren bulanan.

RiteTag
Tool yang satu ini merupakan sebuah ekstensi dalam browser Google Chrome yang praktis dan mudah digunakan. Meski terhitung praktis, RiteTag mampu memberikan data yang tidak kalah kompleks seperti tingkat popularitas hashtag hingga rekomendasi hashtag untuk konten Anda.


Kini hashtag bukan hanya sederet huruf dan angka yang diawali dengan tanda pagar, tetapi juga merupakan sebuah alat marketing yang ampuh dan efektif untuk brand Anda. Walau demikian, tidak semua hashtag bisa Anda gunakan untuk keperluan marketing Anda. Untuk mendapatkan sebuah hashtag yang tepat sasaran, Anda butuh riset yang mendalam. Anda bisa menerapkan tips di atas untuk mendapatkan hashtag tersebut. Selamat mencoba!

Sumber: Tailwind, Silkstream, Jumper Media