7 Tips Mendapatkan Keuntungan Maksimal Melalui Online Reseller

Online Reseller

Jual beli online sudah menjadi sumber pemasukan utama bagi sebagian orang. Hal ini terjadi karena belanja online saat ini sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Ditambah lagi, penetrasi internet di Indonesia semakin tinggi, dibuktikan dengan semakin banyak jumlah pengguna internet.

Jika Anda jeli dengan hal tersebut, maka memulai usaha online tanpa modal besar sekarang sangatlah mudah. Karena melalui bisnis online, kini Anda dapat menjadi reseller tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu seperti bisnis konvensional lainnya. Menarik bukan?

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai macam-macam bisnis online salah satunya dengan menjadi reseller. Jika Anda googling atau mungkin Anda mengenal beberapa orang yang sukses menjadi online reseller, dan membuktikan bahwa bisnis online reseller sangat menggiurkan. Namun bagaimana caranya agar Anda menjadi online reseller yang sukses? Beikut adalah tips yang dapat Anda pelajari untuk menjadi online reseller yang sukse:

1. Pilih produk berkualitas tinggi

Dalam ilmu marketing pun selalu dijelaskan bahwa modal utama dalam berbisnis adalah produk yang berkualitas. Pilihlah produk berkualitas yang mampu diterima oleh masyarakat atau pasar-pasar tertentu saja. Dengan produk yang berkualitas, konsumen cenderung akan merasa senang dan melakukan pembelian berulang.

2. Pilihlah produsen yang mampu diajak bekerja sama

Karena online reseller tidak memiliki modal, maka modal utama diberikan langsung oleh produsen produk. Jika produsen tidak bisa diajak kerja sama, hal ini dapat menganggu kegiatan bisnis Anda khususnya ketika peak season atau order berlebihan. Anda tidak mau bukan kehilangan penghasilan karena produsen Anda tidak kooperatif?

3. Tentukan pasar atau target konsumen yang sesuai dengan produk Anda

Produk berkualitas namun salah pasar tidak akan menghasilkan keuntungan yang besar. Setelah mengidentifikasi produk Anda sebaiknya indentifikasi juga konsumen yang Anda target. Produk yang tepat dipromosikan ke pasar yang tepat mampu menghasilkan keuntungan lebih besar bagi Anda.

4. Berikan harga yang kompetitif.

Menjadi online reseller memiliki banyak saingan apalagi jika produsen produk Anda membuka reseller sebanyak mungkin. Berikan harga kompetitif kepada konsumen Anda karena bagi sebagian besar konsumen akan membandingkan harga antara reseller satu dengan lainnya.

5. Gunakan teknik SEO yang tepat

Agar Anda menonjol diantara online reseller lainnya, sebaiknya pahami teknik SEO dengan benar. Karena SEO sangat membantu Anda dalam persaingan di mesin pencari seperti Google. Dengan teknik SEO yang tepat mampu menjadikan bisnis online Anda lebih menonjol dibandingkan yang lain.

6. Manfaatkan social media dan blog

Berjualan melalui social media sangat mudah karena secara teknis Anda tidak memerlukan budget yang besar untuk melakukan promosi. Misalnya menggunakan Instagram dengan teknik pengambilan foto dan hastag yang tepat. Selain itu gunakan juga Blog sebagai promosi produk Anda, karena konsumen yang membuka dan membaca blog produk Anda adalah konsumen yang jeli dan memiliki minat tinggi terhadap produk Anda. Selain itu dengan memanfaatkan social media dan blog mampu membantu Anda lebih menonjol dalam SEO.

7. Jadilah online reseller yang unik dan berbeda

Menjadi online reseller berarti Anda harus bersaing dengan online reseller lainnya, belum lagi bersaing dengan reseller dari produsen kompetitor. Oleh karena itu Anda harus berbeda dan jeli melihat peluang atau kelemahan pesaing Anda. Misalnya dengan memberikan fasilitas layanan
chatting atau pesanan selama 24 jam karena sebagian besar online reseller lainnya hanya aktif pada jam-jam tertentu saja.

Meskipun online reseller dilakukan tanpa modal namun Anda harus tetap berinovasi dan berkreasi dalam mempromosikan produk Anda. Jika dalam satu produk Anda sudah gagal maka identifikasi terlebih dahulu mengapa bisa gagal setelah itu modifikasi dari yang ada. Kini Anda tidak perlu ragu lagi membuka usaha melalui online reseller, karena selain bisa dilakukan tanpa modal juga lebih mudah mengatur waktu dengan kesibukan yang ada. Selamat mencoba!

Artikel - Artikel Terkait