Cara untuk Menarik Top Talents di Job Fair

cari karyawan

Job fair atau recruitment fair adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan kandidat terbaik bagi perusahaan. Anda dapat bertemu langsung dengan kandidat secara personal sebelum proses seleksi dimulai. Bahkan jika Anda merasa cocok dengan kandidat tersebut, Anda dapat menawarkan posisi kepadanya untuk langsung bekerja. Meskipun perusahaan Anda kecil atau StartUp, tidak usah berkecil hati karena masih banyak cara yang dapat digunakan untuk menarik kandidat bekerja di perusahaan Anda. Kandidat tidak hanya menilai suatu perusahaan berdasarkan skala perusahaan tersebut. Berikut tips yang dapat Anda terapkan ketika job fair atau recruitment fair:

Lakukan persiapan dengan baik dan professional

Meskipun perusahaan Anda adalah StartUp namun pastikan tampilan booth Anda memiliki logo, banner dan materi promosi lainnya yang dapat menerangkan tentang perusahaan Anda. Bahkan atur pakaian atau outfit yang digunakan oleh tim Anda selama job fair berlangsung. Jangan pernah ragu untuk memberikan materi promosi kepada kandidat juga kartu nama tim Anda. Hal ini menunjukan bahwa selain perusahaan Anda professional juga terbuka untuk kandidat Anda.

Tampilkan budaya perusahaan selama job fair

Dalam job fair terdiri dari dua kandidat yaitu kandidat yang tertarik dengan etos kerja Anda dan kandidat yang terpikat dengan image perusahaan Anda. Biasanya StartUp tampil lebih santai sedangkan perusahaan besar tampil lebih tegas dengan struktur perusahaan ketat. Tampilkan pekerja di perusahaan Anda dalam berbagai kategori misalnya fresh graduate atau senior level untuk menggambarkan suasana perusahaan dan prospek karir di perusahaan Anda. Jika Anda mencari kandidat berdasarkan karakter, Anda dapat tampil lebih santai dengan menawarkan snack atau minuman. Sehingga Anda dapat mengajak kandidat untuk mengobrol dan Anda dapat menilai karakter mereka.

Gambarkan fleksibilitas perusahaan

Aturan kerja dan kepuasan terhadap perusahaan digambarkan bersadarkan fleksibilitas yang diberikan kepada pegawai Anda, dan banyak kandidat mencari fleksibilitas ketika mencari pekerjaan. Rancang dan promosikan beragam tugas dan peran dalam perusaan Anda yang dapat menggambarkan bahwa perusahaan Anda memberikan keleluasaan untuk mengatur karir dan kehidupan sosial Anda.

Buat stand menarik dan berbeda

Jangan pernah meremehkan design stand selama job fair berlangsug, hal ini dapat menarik kandidat untuk melamar posisi di perusahaan Anda. Design stand terdiri teknologi digital, layar portable, iklan dan social media. Dorong kandidat untuk berbagi pengalaman mereka di stand Anda melalui social media masing-masing. Hal ini membantu publisitas perusahaan Anda untuk tampil lebih baik selama job fair berlangsung. Sediakan juga tim yang mengatur di stand Anda untuk menjelaskan mengenai perusahaan atau posisi lowongan pekerjaan yang Anda tawarkan. Anda juga dapat mendemonstrasikan sisi unik dari pekerjaan yang Anda lakukan selama job fair berlangsung.

Manfaatkan peranan social media

Promosikan kegiatan Anda selama job fair melalui social media dan newsletter perusahaan Anda. Hal ini dapat menimbulkan rasa excited setiap orang mengenai perusahaan dan lingkungan kerja dalam perusahaan Anda. Social media dan newsletter pun memberikan nilai PR lebih untuk menaikan popularitas perusahaan atau menjaga image perusahaan Anda.

Lakukan aktivitas menarik dalam stand Anda

Jangan pernah ragu untuk menyelenggarakan kuis, games, interview atau aktivitas lainnya karena hal ini dapat membedakan stand Anda dibandingkan dengan stand perusahaan lain. Selain itu, aktivitas menarik dapat menciptakan buzz diantara kandidat selama job fari berlangsung bahkan sesudah kegiatan berlangsung.


Job fair atau recruitment fair dapat Anda gunakan sebagai kegiatan promosi perusahaan Anda. Oleh karena itu maksimalkan event tersebut selain untuk mendapatkan kandidat terbaik bagi perusahaan Anda, juga untuk kegiatan marketing atau PR perusahaan Anda.

Good luck on attracting your best candidate!

Sumber : Undercover Recruiter , Tech Meetups

Join Us

Artikel - Artikel Terkait