Ciptakan Branding Perusahaan untuk Menarik Talent Berkualitas

cara merekrut karyawan

Antony Merchants, direktur marketing dari Page Executive, menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mendapatkan tim dengan performa terbaik adalah dengan mendapatkan talent terbaik juga. Namun banyak talent yang berkualitas, lebih memiliki sifat pemilih dalam hal mencari pekerjaan dan industri pekerjaan yang ingin dijalaninya. Lalu apa yang dapat menarik talent berkualitas tersebut untuk bekerja di perusahaan Anda? Tentu saja gaji dan benefit yang tinggi menjadi pilihan utama. Namun talent terbaik selalu memperhatikan hal lain seperti visi perusahaan Anda, budaya pekerjaan, hingga persepsi karyawan Anda terhadap perusahaan Anda.

Branding perusahaan merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik talent yang tepat di perusahaan Anda. Branding ini bukan hanya menjelaskan logo atau warna khas perusahaan Anda, tapi juga gambaran tentang perusahaan Anda di mata publik. Oleh karena itu membangun branding perusahaan membutuhkan pesan mengenai brand yang tepat agar dapat menarik talent yang tepat untuk masuk di perusahaan Anda.

cara merekrut karyawan

Berikut cara menarik talent terbaik dengan cara branding perusahaan Anda:

Jual perusahaan Anda

Untuk menarik talent terbaik, Anda harus sering ‘menjual’ dan ‘memasarkan’ perusahaan Anda di hadapan jobseeker. Anda dapat menjual keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan Anda seperti budaya perusahaan, budaya kerja, benefit atau kelebihan lainnya.

Perlakukan pelamar Anda seperti konsumen Anda

6 dari 10 kalangan professional setuju bahwa follow up atau komunikasi diantara perusahaan dan pelamar Anda adalah bagian kritis untuk menentukan branding perusahaan Anda di mata pelamar. Hal ini sama seperti sikap konsumen terhadap perusahaan Anda.

Perhatikan iklan lowongan pekerjaan Anda

Kesalahan yang terjadi dalam iklan lowongan pekerjaan perusahaan Anda adalah kesalahan fatal yang terjadi di mata pelamar. Pastikan bahwa posisi, deskripsi pekerjaan dan informasi lainnya sesuai dengan maksud perusahaan. 3 hal yang membuat pelamar ingin bekerja di perusahaan Anda adalah lingkungan pekerjaan yang supportif, prestige ketika berkerja di perusahaan, dan skala perusahaan.

Manfaatkan kelebihan dari referensi

Perusahaan Anda memiliki karyawan yang bekerja dan mereka adalah brand ambassador terbaik yang Anda miliki. Oleh karena itu jangan pernah ragu untuk meminta karyawan Anda memberikan referensi seseorang untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Anda dapat memberikan penghargaan kepada karyawan Anda yang telah berhasil mereferensikan perusahaan Anda ke keluarga, teman, atau kolega mereka.

Percantik tampilan website perusahaan Anda

Tidak hanya dipercantik dalam design juga dalam konten yang terdapat dalam website. Anda dapat menyertakan visi, misi dan nilai budaya perusahaan Anda di dalamnya.

Berikan karyawan dan pelamar Anda paket lengkap

cara merekrut karyawan

Paket lengkap di sini adalah dengan memberikan apa yang pelamar dan karyawan butuhkan. Selain gaji dan benefit yang cukup, Anda juga dapat memberikan training untuk karyawan Anda, perkembangan karir dan pemicu ide baru untuk perusahaan Anda. Hal ini bukan hanya untuk menarik pelamar ke dalam perusahaan Anda juga untuk mempertahankan mereka di dalamnya.

Manfaatkan social media dan internet

Saat ini talent akan mencari informasi perusahaan Anda bukan hanya dari website yang Anda miliki juga melalui social media. Oleh karena itu perhatikan konten social media yang Anda miliki agar pelamar tertarik dan mendapatkan gambaran mengenai perusahaan Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber : Entrepreneur, Michael Page

Artikel - Artikel Terkait