Contoh Brand yang Menggunakan Meme Sebagai Strategi Marketing

meme

Banyak strategi marketing yang bisa Anda coba untuk merepresentasikan image brand, meme adalah salah satunya. Seiring perkembangan zaman, meme menjadi salah satu strategi marketing yang cukup handal. Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan dengan detil mengenai meme dan cara menyebarluaskannya untuk meningkatkan engagement audiens. Kini, tak sedikit brand yang menggunakan meme sebagai tool untuk meningkatkan brand awareness dan engagement mereka. Siapa saja?

Barkbox

Barkbox

Meme sangatlah cocok untuk dijadikan feed Instagram yang mengutamakan visual. Itulah yang disadari oleh Barkbox, layanan berlangganan untuk makanan dan mainan anjing. Sebagian besar konten Instagram Barkbox menampilkan meme yang berhubungan dengan hewan. Konten yang bersifat relatable dan humoris bagi pecinta hewan tersebut membuat konten-koten Barkbox menarik untuk disimak.

Konten-konten tersebut tidak hanya dilihat oleh user yang menggunakan jasa Barkbox, tapi juga orang-orang yang hanya menyukai kontennya. Faktanya, inilah yang menjadi salah satu alasan utama brand memanfaatkan meme. Karena biasanya, meme memang tidak terlihat seperti iklan atau promosi produk. Sebaliknya, meme melibatkan pengguna dengan memberikan konten yang lucu, cerdas, dan fun. Cara ini pun cukup ampuh untuk membangun identitas dan originalitas brand.

Gucci

gucci

Biasanya, luxury retailers tidak menggunakan humor atau trend viral sebagai strategi pemasaran. Mereka lebih mengandalkan konten yang dipoles dan dibuat dengan hati-hati untuk mencerminkan citra eksklusif dan high-end. Namun menariknya, baru-baru ini Gucci terlihat sedikit mengubah arah strategi marketing-nya dengan menggunakan meme sebagai bagian dari ad-campaign untuk koleksi arloji terbaru ‘Le Marche des Marveilles’.

Kampanye #TWFGucci melibatkan seniman brand untuk mengadaptasi meme terkenal untuk menampilkan jam tangan Gucci. Contoh kontennya adalah dengan membandingkan jam tangan biasa dengan jam tangan versi Gucci. Konten tersebut menggunakan caption yang berbunyi “me vs guy she says I shouldn’t worry about”. Seperti yang Anda duga, pendekatan baru Gucci ini memang menarik cukup banyak kalangan dengan opini berbeda.

Beberapa diantaranya tidak terkesan dengan upaya Gucci sebagai sebuah brand mewah yang mencoba mengikuti arus budaya internet yang tinggi. Sementara sebagian yang lainnya merasa bahwa pendekatan ini cukup menyegarkan dan berani. Bagaimanapun, strategi marketing ini bisa memberikan hasil yang cukup berhasil. Meme yang mengkombinasikan fotografi profesional dengan ilustrasi yang unik bisa menjadi ajang promosi yang menarik.

Nikelodeon

Nikelodeon

Meme cenderung populer karena biasanya dapat menyampaikan emosi dan skenario yang relatable. Brand Nickelodeon dalam hal ini memanfaatkan meme untuk membuat konten (dan mempromosikan jadwal TV) untuk Twitter dan Instagram. Nickelodeon mendasarkan kontennya dengan cara yang sederhana namun mengangkat topik yang berhubungan dengan anak-anak. Misalnya orang tua, menonton TV, atau gembira menunggu episode baru kartun favorit.

Meme-meme seperti itu cukup efektif untuk menarik para pemirsa anak-anak. Brand ini membuat kontennya dengan cuplikan-cuplikan dari berbagai acaranya sehingga konten tersebut dijamin dapat menarik perhatian para penggemar. Khususnya bagi para penggemar yang sangat menyukai program atau karakter tertentu. Cara ini cukup terbukti membuat brand Nickelodeon semakin membuat para penggemarnya terlibat dan semakin besar.

Norwegian Airlines

Norwegian Airlines

Ketika digunakan secara kreatif, berita harian dapat Anda manfaatkan sebagai meme yang mematikan. Misalnya saja berita tentang pengumuman perceraian pasangan Hollywood, Brad Pitt dan Angelina Jolie. Berita ini dimanfaatkan oleh Norwegian Airlines dengan merilis iklan yang menawarkan penerbangan murah dari London ke Los Angeles. Meskipun iklan aslinya dicetak di surat kabar, namun foto-fotonya tersebar luas secara online.

Caption yang singkat dan cerdas, intrik selebriti, dan humor yang menarik perhatian internet dapat menjadi kampanye pemasaran yang brilian. Tidak hanya berita gosip selebriti yang bisa Anda manfaatkan sebagai inspirasi meme bagi brand Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang akan viral di internet, jadi cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan apa yang sedang tren dan latih terus kreativitas Anda sebagai persiapan untuk memanfaatkan kesempatan yang datang.


Cobalah memanfaatkan meme sebagai strategi pemasaran serta meningkatkan brand awareness Anda sekarang. Semoga bermanfaat!

Sumber: eConsultancy, Hootsuite Blog