5 Hal yang Perlu Dilakukan Manajer yang Baik

5 Hal yang Perlu Dilakukan Pemimpin yang Baik

Menjadi seorang manajer tentu tidak mudah. Banyak hal yang harus Anda lakukan untuk membuat pekerjaan berlangsung lancar. Manajer pun dituntut untuk terus menghasilkan outcome terbaik dari keputusan menyangkut orang-orang yang bekerja di bawahnya. Lantas, bagaimana cara agar Anda dapat menjadi manajer atau pemimpin yang baik? Salah satu jawabannya bisa dengan meniru hal-hal yang dilakukan oleh manajer hebat di luar sana. Simak beberapa tips dibawah ini.

Mengembangkan kecerdasan emosional

Sederhananya, kecerdasan emosional adalah kemampuan Anda untuk mengenali emosi Anda dan emosi orang-orang di sekitar Anda. Kecerdasan ini merupakan keterampilan yang penting dalam dunia profesional. Menjadi jauh lebih penting lagi ketika Anda diberikan tanggung jawab untuk mengatur tim sebagai seorang manajer. Karena tidak semua pegawai berani mengutarakan pertanyaan atau masalah yang dihadapi kepada atasan dengan terus terang.

Tidak semua orang mampu berkomunikasi secara langsung, sehingga banyak pegawai yang akhirnya memendam permasalahan yang tengah dihadapi seorang diri. Sebagai seorang manajer, Anda akan menjadi pemimpin yang lebih baik ketika Anda mampu membaca emosi-emosi tersembunyi tersebut untuk segera memecahkan masalah dibanding menunggu hingga semuanya dinyatakan secara terus terang.

Berusaha memahami karyawan Anda

Penting bagi Anda untuk memahami karyawan Anda pada level yang lebih dalam. Masing-masing anggota tim memiliki keterampilan, kelemahan, dan hal-hal berbeda yang memotivasi mereka. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut dan mampu memanfaatkannya akan membantu Anda memimpin dengan cara yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan penilaian strengths finder formal sebagai bagian dari proses onboarding karyawan Anda.

Anda akan mendapat kesempatan untuk memahami kelebihan karyawan Anda dengan baik, sekaligus bagaimana cara membimbing mereka sehingga potensi yang dimiliki semakin maksimal. Ketika karyawan Anda bermasalah dengan peran di pekerjaannya, Anda juga dapat mengarahkan mereka dengan tepat.

Berbicara one-on-one dengan karyawan

Sebagai seorang manajer, penting bagi Anda untuk mengecek setiap anggota tim. Berbicara one-on-one dengan karyawan dapat memberikan mereka kesempatan untuk membahas tentang beban kerja, tujuan karir, dan berbagai hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan profesional lainnya yang harus Anda ketahui. Tapi, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menambahkan elemen pribadi dalam tahap ini?

Kehidupan profesional dan pribadi setiap orang saat ini lebih terintegrasi dibanding sebelumnya. Mengetahui sedikit tentang kehidupan karyawan Anda di luar kantor dapat memiliki dampak yang cukup besar pada bagaimana Anda mengelola dan berkomunikasi dengan mereka selama jam kerja. Hal ini memungkinkan Anda menjadi lebih sensitif terhadap karyawan Anda serta memberi Anda beberapa konteks tambahan mengapa anggota tim Anda mungkin berperilaku dengan cara tertentu.

Kenali dan hargai kontribusi setiap anggota tim

Anda bertanggung jawab untuk mengelola tim Anda dengan baik. Namun Anda juga harus mampu menjadi sumber pemberdayaan dan dukungan bagi anggota tim Anda. Sebagai pemimpin langsung mereka, penting bagi Anda untuk mengenali dan menghargai kontribusi berharga mereka. Hal ini khususnya penting bagi karyawan Anda yang lebih pendiam dan mungkin menghabiskan waktu meeting untuk menganalisis berbagai hal yang disampaikan, daripada terus berbicara.

Ketika seorang pegawai sedikit berbicara orang-orang menilai mereka tidak memiliki pendapat atau tidak peduli. Padahal, mereka hanyalah pegawai dengan karakter yang lebih pendiam. Jadi, ketika pegawai pendiam Anda datang kepada Anda untuk memberikan ide terkait meeting yang sudah dilakukan sebelumnya, penting bagi Anda untuk mempromosikan hal tersebut sebagai kontribusi mereka. Dengan begitu Anda dapat mengingatkan kepada anggota tim Anda yang lain bahwa hanya karena seseorang tidak vokal dalam rapat, bukan berarti dia malas atau tidak peduli.

Mengidentifikasi dan memanfaatkan keunikan setiap anggota tim

Tidak ada karyawan yang sangat sempurna. Daripada menghabiskan banyak waktu untuk menuntun karyawan Anda melakukan hal yang tidak mereka kuasai, lebih baik Anda menggunakan waktu tersebut untuk mengembangkan keterampilan alami yang dimilikinya untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dan lebih besar bagi tim maupun perusahaan.

Memanfaatkan keunikan setiap anggota tim juga membuat masing-masing anggota tim menjadi lebih berharga. Anda harus mampu memberikan pujian serta mendorong anggota tim Anda untuk mengembangkan dan memanfaatkan keunikan yang dimiliki untuk kontribusi yang lebih besar dan bernilai. Hal ini juga membangun sense yang lebih tinggi dalam tim, karena dapat menciptakan interdependensi yang membuat masing-masing anggota tim menghargai keberadaan satu sama lain.


Itulah beberapa hal yang dilakukan oleh pemimpin yang baik sebagai seorang manajer. Semoga bermanfaat!

Sumber:
Inc, HBR