Fungsi Strategis Pendistribusian Dana dalam Mendorong Pertumbuhan UKM di Era Digital oleh Perusahaan Financial Technology

Midtrans_11-Jan-20-rev-a-blog1

Perusahaan financial technology atau yang biasa disebut fintech kini juga telah banyak berkembang dan menyediakan layanan finansial yang bermanfaat bagi banyak pihak, terutama untuk pelaku bisnis UKM. Meskipun perusahaan fintech memiliki banyak manfaat bagi pelaku bisnis UKM, banyak dari mereka yang belum memanfaatkan layanan keuangan yang disediakan. Hal ini juga membuat pelaku bisnis UKM memiliki tantangan tersendiri di era digital.

Tantangan UKM di Era Digital

Sebelum adanya perkembangan teknologi di bidang keuangan, pelaku bisnis UKM menjadi salah satu pihak yang mendapatkan banyak masalah dalam mengembangkan bisnis mereka. Belum banyak perusahaan fintech yang menyediakan jasa layanan keuangan untuk pelaku bisnis UKM, termasuk belum adanya sistem pendistribusian dana online yang mudah dan aman.

Bisnis UKM biasanya mengalami kesulitan terkait pendistribusian dana ke banyak pihak. Pembayaran ke pihak vendor, pendistribusian dana ke berbagai distributor, ataupun pembayaran untuk biaya produksi masih dilakukan secara manual. Tidak hanya itu, laporan keuangan dari bisnis UKM juga biasanya masih dilakukan secara manual sehingga kesalahan menulis jumlah biaya atau adanya biaya yang tidak tercatat rentan terjadi.

Selain tantangan terkait hal pembayaran, tidak adanya sistem pendistribusian dana yang aman juga membuat pelaku bisnis UKM menghadapi tantangan terkait dengan pengembalian dana ke konsumen. Hal ini tidak hanya merugikan konsumen tetapi juga bisnis UKM tersebut. Dari sisi konsumen, pengembalian dana sering kali memakan waktu yang lama, dan dari sisi pelaku bisnis, pengembalian dana secara manual kerap menyita waktu yang menyebabkan performa bisnis menurun.

Mengapa Harus Sistem Pendistribusian Dana Online?

Untuk menghadapi berbagai tantangan di atas, sistem pendistribusian dana secara online menjadi solusi yang tepat bagi pelaku bisnis UKM. Dengan menggunakan sistem pendistribusian dana online, pelaku bisnis UKM tidak perlu memusingkan lagi berbagai tantangan terkait pembayaran.

Pembayaran ke berbagai supplier atau vendor dapat didistribusikan secara langsung dengan sistem pendistribusian dana, dan hal ini dapat membuat kerja sama bisnis tersebut dan vendor berjalan dengan baik. Selain itu, pembayaran yang lancar juga baik untuk mengembangkan bisnis, karena bisnis dapat mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dan segera membuat produk-produk dari bisnis tersebut. Semakin cepat satu UKM memproduksi produk-produk mereka, semakin cepat juga proses selanjutnya, seperti penjualan dan pendistribusian, dapat dilakukan.

Selain itu, sistem pendistribusian dana juga dapat membantu pelaku bisnis UKM dalam mendistribusikan pengembalian dana ke berbagai konsumen secara cepat. Pengembalian dana ini dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen. Hal ini juga akan memengaruhi masyarakat untuk melakukan transaksi di bisnis tersebut karena bisnis UKM tersebut dinilai memiliki pelayanan yang baik.

Dengan berbagai keuntungan yang ada, sudah seharusnya pemilik UKM mempertimbangkan untuk memiliki layanan pendistribusian dana yang berkualitas agar UKM yang dimiliki dapat melakukan ekspansi lebih besar. Terlebih, pemilik UKM juga harus cermat dalam memilih layanan pendistribusian dana yang tepat untuk bisnis mereka.


Pelajari lebih lanjut mengenai pendistribusian dana yang berkualitas untuk bisnis UKM di midtrans.com/iris