Gamification dalam Digital Marketing: Apa dan Bagaimana Penerapannya?

gamification

Untuk mengembangkan bisnis Anda di era digital seperti sekarang, tidaklah cukup hanya dengan melakukan interaksi aktif di media sosial. Anda harus menerapkan cara-cara lain yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing, salah satunya adalah dengan Gamification. Strategi ini dapat dimanfaatkan sebagai metode pemasaran digital yang sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini dimana sebagian besar sudah melek teknologi.

Gamification merupakan strategi yang mengadaptasi konsep gaming dimana di dalamnya terdapat poin, award, dan sistem menang atau kalah. Dengan demikian, melalui strategi gamification Anda dapat melibatkan target audiens dengan cara baru yang akan memberikan pengalaman berbeda sehingga mampu mendorong loyalitas konsumen dan membangun citra positif bisnis Anda.

Pertanyaannya, apakah cara ini masih efektif digunakan di tahun 2018? Tentu saja! Strategi pemasaran digital menggunakan gamification secara otomatis dapat memperkenalkan produk bisnis Anda dengan cara yang lebih menyenangkan. Anda tak perlu lagi menciptakan pamflet, brosur, atau poster untuk menunjukkan kepada pelanggan bagaimana cara kerja serta kelebihan produk Anda, dari A sampai Z.

Lantas, bagaimana penerapan strategi gamification dalam pemasaran digital?

Mulai dengan sesuatu yang sederhana

Anda belum pernah mencoba strategi gamification dalam pemasaran? Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan permainan sederhana agar mudah diterima oleh target audiens. Awali dengan memberi penghargaan kepada pengguna yang mengunjungi laman Facebook, mengikuti akun Twitter dan Instagram resmi bisnis Anda, atau sekedar melihat video di YouTube. Pastikan postingan di beberapa media sosial tersebut menarik sehingga mampu menciptakan awareness produk bisnis Anda.

Buat rancangan gamification dengan baik

Hindari membuat rancangan gamification yang rumit. Buat permainan sesederhana mungkin agar menjadi serangkaian aktivitas kecil yang bisa dipelajari pelanggan secara bertahap. Berikan informasi yang benar-benar mereka butuhkan agar tertarik untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. Rencanakan strategi gamification Anda untuk memastikan pengunjung tak hanya mampir ke website untuk ‘main’ kemudian meninggalkan laman bisnis Anda. Gamification harus mengarahkan pelanggan ke bagian lain dari website Anda agar lebih mempelajari tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Perhatikan demografi audiens

Dalam menerapkan strategi gamification di dalam pemasaran digital bisnis, pertimbangkan pula demografi audiens Anda. Hal ini berperan penting agar permainan yang Anda ciptakan sesuai dengan ketertarikan para pelanggan. Statistik dari Los Angeles Games Conference tahun 2011 mengungkapkan bahwa 50% pelanggan situs online adalah wanita, yang mana 30% diantaranya berusia 45 tahun. Dengan demikian, Anda tahu persis seperti apa permainan yang disukai oleh mereka.

Berikan badges sebagai reward

Anda tentu ingat bagaimana Foursquare berhasil menarik jutaan pengguna melalui fitur check-in yang kemudian ditiru oleh media sosial lainnya? Pemberian badges atau lencana penghargaan kepada pelanggan tentu cara yang bagus agar mereka tetap terhubung dengan bisnis Anda. Secara otomatis, pelanggan menikmati pujian atas tindakan mereka dalam mengumpulkan badges untuk dipamerkan atau bahkan bersaing dengan pelanggan-pelanggan lain.

Buat leaderboard

Leaderboard merupakan fitur gaming yang bisa diadaptasi ke dalam strategi gamification Anda. Secara visual leaderboard akan menampilkan urutan pemain berdasarkan ranking yang mereka peroleh di dalam permainan. Fitur ini berfungsi untuk menunjukkan pemain mana yang telah membuka pencapaian paling banyak. Keinginan untuk tampil di leaderboard mendorong pemain untuk meraih lebih banyak poin.

Dalam pemasaran digital, Anda bisa memasang leaderboard untuk memperlihatkan urutan pelanggan berdasarkan jumlah pembelian, loyalitas, serta rating yang mereka berikan untuk produk Anda. Dengan demikian, produk yang ditawarkan menjadi lebih terpercaya sehingga mampu meningkatkan jumlah pembelian.


Strategi gamification dalam pemasaran digital adalah usaha yang perlu dilakukan untuk mendorong pengunjung bergerak membeli, dan menjadi pelanggan setia produk bisnis Anda. Hal ini tentu dapat menciptakan penjualan atau bahkan memperoleh prospek baru. Artinya, gamification bukan sekedar untuk membuat permainan, tapi juga menggabungkannya dalam strategi untuk mencapai target pemasaran Anda.

Sumber: Smart Insights, Social Media Examiner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait