Google Ads vs Facebook Ads. Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda?

Google vs Facebook

Facebook Ads atau Google Ads, mana yang Lebih Baik?

Jika dilihat sekilas Facebook Ads dan Google Ads hampir sama, bahkan dalam masalah biaya pun hampir sama jika Anda mengerti cara memanfaatkan keduanya. Kali ini mari kita pelajari perbedaan dari keduanya, hal ini penting agar Anda dapat menentukan mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Sistem targeting yang berbeda

Salah satu perbedaan besar Antara Google Ads dan Facebook Ads adalah maksud pencarian audiens. Pengguna Google secara spesifik mencari sesuatu, sedangkan pengguna facebook ditampilkan Ads berdasarkan ketertarikan (interest) mereka. Google memiliki strategi pull marketing dan Facebook Ads lebih cenderung untuk meningkatkan brand awareness.

Facebook memberikan Anda kebebasan untuk memilih audiens yang ditargetkan dengan menggunakan filter berdasarkan demografi, geografi dan ketertarikan (interest). Sehingga iklan Anda dapat mencapai audiens yang tepat dan hanya dapat dilihat oleh pengguna yang telah Anda pilih.

Contoh Facebook Ads

Google Ads berbeda dengan Facebook Ads, Google Ads akan muncul berdasarkan ads yang relevan dengan apa yang Anda cari. Misalnya ketika Anda mengetik ‘business course’ dalam Google maka Anda akan melihat iklan yang berhubungan dengan ‘business course’ tersebut. Google memahami apa yang ada dalam page dan langsung mencocokan dengan apa yang Anda cari.

Menggunakan Google Ads, Anda harus mencari tahu pasti kata kunci dan Anda tidak dapat mengontrol audiens yang akan melihat iklan Anda. Bahkan bisa saja iklan akan muncul dan tidak sesuai dengan apa yang Anda cari.

Contoh Google Ads

Facebook Ads Vs Google Ads

Facebook Ads menargetkan audiens berdasarkan interest dibandingkan dengan apa yang mereka cari. Hal ini menargetkan audiens berdasarkan siapa mereka bukan informasi apa yang sedang mereka cari. Dalam tabel di bawah ini, Facebook lebih fokus pada apa yang audiens sukai bukan berdasarkan keyword yang sedang mereka cari. Targeting menjadi lebih mudah bagi Facebook karena memiliki data demografis yang lebih lengkap. Namun hal yang paling menonjol adalah rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk Facebook Ads adalah sepertiga dari Google Ads.

perbedaan google ads dan facebook ads

tabel perbedaan iklan google dan facebook

Menggunakan Adwords akan menghabiskan lebih dari $100 per klik namun Facebook Ads membuat Anda hanya membayar $0.25 per klik tergantung dari CTR (click through rate) dan faktor targeting untuk iklan Anda. Secara umum Anda akan membayar lebih murah dibandingkan Adwords. Namun dalam masalah CPC (cost per acquisition), Facebook bisa menjadi lebih mahal dibandingkan dengan Adwords.

Anda tetap harus memperhitungkan kedua channel tersebut untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil yang terbaik dari iklan Anda. Facebook adalah platform yang tepat bagi setiap bisnis karena nilai CPC yang lebih rendah dibandingkan dengan Adwords. Namun Anda pun harus memperhatikan biaya akusisi untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan Anda.

Membangun Brands

Kedua platform Ads tersebut menawarkan hal berbeda kepada setiap bisnis dalam hal membangun brand. Adwords mengantarkan audiens yang mengklik headline Anda dalam landing page yang telah Anda sediakan. Google pun memperhatikan jumlah bounce yang ada dalam website Anda, jika jumlah bounce Anda sangat banyak maka Google akan menurunkan peringkat website Anda dalam Adwords.

contoh iklan di google

Facebook Ads memberikan kekuatan word of mouth dan social proof dalam iklan Anda. Karena jika teman Anda me-likes sesuatu dalam page Anda maka Anda dapat meihatnya langsung. Facebook Ads membuat audiens melihat iklan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Setelah beberapa kali interaksi, audiens dapat menilai tentang brand tersebut sebelum memutuskan untuk mengklik website atau halaman Facebook mereka.

Setelah membaca artikel ini, Anda masih berpikir mana yang lebih baik diantara keduanya? Sebaiknya perhatikan diagram di bawah ini mengenai market share antara Google Ads dan Facebook Ads.

perkembangan google ads

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan keduanya harus didasarkan dari campaign atau promosi yang sedang Anda jalani. Anda dapat menggunakan keduanya atau salah satunya sesuai dengan goals dari bisnis Anda dan biaya yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat!

Sumber : PPC Hero , The Daily Egg

Join Us

Artikel - Artikel Terkait