Rebranding Produk Advertising Google: Apa Artinya untuk Bisnis Anda?

google adwords

Sejak diluncurkan delapan belas tahun lalu, Google AdWords sudah membantu banyak sekali orang untuk membuat bisnisnya go online dalam cara mudah. Selama bertahun-tahun itu juga, Google Adwords telah mengalami banyak evolusi. Tujuannya agar para pelaku bisnis bisa mengelola iklannya secara lebih baik dan efektif.

Itulah mengapa pada akhir Juni 2018 lalu, Google memperkenalkan produk-produk brand advertising yang lebih simpel, yaitu Google Ads, Google Marketing Platform, dan Google Ad Manager. Ketiga produk baru ini ini akan membantu para pelaku bisnis dan advertiser untuk menemukan solusi yang pas bagi kebutuhan bisnis mereka. Lalu, apa artinya ini untuk bisnis Anda?

Bagi yang sebelumnya sudah menggunakan Google AdWords, kini platform tersebut telah mengalami rebranding dan berubah nama menjadi Google Ads. Tenang saja, fitur-fitur yang ada di dalam Google AdWords masih bisa Anda temukan di Google Ads, hanya saja memang terjadi beberapa upgrade demi memudahkan Anda untuk terhubung dengan miliaran orang yang mencari informasi di Google Search.

Google menyadari bahwa sebelumnya AdWords tidak selamanya terhubung dengan tampilan, video, dan pembeli yang menggunakan produk mereka. Nah, Google Ads yang baru ini diklaim lebih mampu mencover aspek-aspek bisnis dan advertising secara lebih menyeluruh.

Berdasarkan ulasan dari blog Google, rencananya tahun ini Google juga akan meluncurkan Image Picker. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih tiga gambar terbaik dari suggestion Google atau Anda upload sendiri untuk dicantumkan pada iklan bisnis Anda. Anda juga bisa mengombinasikan teks dan gambar yang dipilih, lalu Google Ads akan membantu memberikan info tentang hasil kombinasi yang terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Google Marketing Platform

Google Marketing Platform merupakan hasil penggabungan dua produk Google, yaitu DoubleClick dan Google Analytics 360 Suite. Hanya melalui satu platform ini, Anda bisa merencanakan, membeli, mengukur sehingga dapat mengoptimalkan digital marketing dan pengalaman konsumen. Google Marketing Platform akan membantu Anda menciptakan digital marketing yang tak hanya efektif, tapi juga lebih relevan. Di sisi lain, privasi pelanggan tetap terjaga dan mereka tetap memiliki kontrol atas data mereka.

Melalui Google Marketing Platform, Google memberikan berbagai tools yang memudahkan Anda untuk berkolaborasi dan berbagi insights tentang target audiens Anda. Salah satunya adalah Integration Center yang membantu Anda dalam mencari tahu koneksi antara produk-produk Anda.

Fitur lainnya adalah Search Ads 360, yang merupakan nama baru untuk DoubleClick. Nah, di dalam Search Ads 360 ini terdapat Display & Video 360 yang memungkinkan Anda untuk mengeksekusi ad campaign secara end-to-end dalam satu tempat. Anda dan tim pun bisa bekerja secara lebih efektif, praktis, dan efisien.

Google Ad Manager

Kini, orang-orang mengakses konten dari banyak perangkat sekaligus, menuntut pelaku bisnis agar untuk mengelola bisnis mereka secara lebih simpel dan efisien. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Google pun menggabungkan DoubleClick for Publishers dan DoubleClick Ad Exchange menjadi Google Ad Manager. Sesuai namanya, Google Ad Manager membantu Anda untuk mengelola iklan dan memaksimalkan pendapatan.

Menariknya, Google Ad Manager membagi iklan berdasarkan jenis platform yang Anda tuju sehingga lebih efektif dan tepat sasaran. Ada yang untuk aplikasi, eCommerce, broadcast, hingga news and publishing.

Bahkan Google Ad Manager juga menyediakan tool khusus bagi Anda yang ingin menyusun iklan untuk mobile platform. Google sangat menyadari bahwa kini banyak orang mengakses konten dari smartphone atau tablet mereka. Itulah kenapa mereka merilis Accelerated Mobile Pages (AMP) Projects untuk membantu Anda dan advertiser lain dalam memberikan pengalaman yang lebih cepat pada mobile web.


Rebranding yang dilakukan Google terhadap tiga produk advertising mereka merupakan langkah yang cukup inovatif. Semoga ketiga produk baru tersebut bisa membantu Anda untuk membuat digital marketing secara lebih efisien dan memberikan pengalaman terbaik kepada target audiens Anda.

Sumber: Think with Google, Google Blog