Hal yang Bisa Dipelajari dari Heatmap Analytics untuk Optimisasi Web

heat map analytics

Heatmap merupakan teknik untuk mengetahui perilaku pengunjung suatu situs dengan menyediakan data berupa statistik. Dengan tools ini kita bisa melihat area mana dari situs kita yang menarik dan sering dikunjungi sehingga kita bisa tahu di mana kekurangan tampilan pada situs kita. Tools ini sangat membantu untuk meningkatkan pemasaran secara online dengan optimisasi situs yang ada. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda ketahui dari heatmap.

Gambar bisa menarik perhatian

Gambar lebih menarik daripada teks. Oleh sebab itu ketika Anda menampilkan gambar, buat seefektif mungkin yang bisa membuat pengunjung penasaran hingga ia akan mengekliknya. Gambar dengan unsur orang akan lebih mudah menarik perhatian pengunjung. Riset terkait heatmap menunjukkan bahwa pengunjung situs cenderung mengikuti arah ke mana mata model yang ada dalam gambar memandang. Jadi, jika Anda ingin agar pengunjung melihat produk Anda, letakkan gambar dengan model di sampingnya yang sedang memandang ke arah produk tersebut.

Tidak semua orang menscroll

Jika pengunjung tidak benar-benar mengharapkan info dari situs Anda, maka kemungkinan ia menscroll ke bawah kecil. Bagian yang tersembunyi di bawah sehingga mengharuskan kita untuk menscrollnya terlebih dahulu sering kali terlewat. Jadi, pastikan konten yang ingin Anda sampaikan berada di atas sehingga pengunjung bisa langsung melihatnya tanpa harus menscroll.

Perilaku konsumen pria dan wanita berbeda

Pria cenderung fokus pada apa yang dilihatnya sedangkan wanita lebih suka menggali informasi yang ada. Studi menunjukkan bahwa pria adalah makhluk visual yang fokus melihat area tertentu sedangkan wanita ketika melihat gambar, mereka akan mencari bagian di dalamnya yang bisa memberikan informasi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan untuk siapa situs Anda dibuat, pria atau wanita.

Informasi singkat lebih baik daripada review penuh

Review mengenai produk secara menyeluruh yang ditulis terlalu banyak bisa mengurangi keinginan pengunjung untuk membaca. Lebih baik, tulis info yang singkat dan padat namun mewakili produk secara keseluruhan. Anda tidak perlu menyajikan info secara lengkap di homepage. Sebaliknya, berikan ulasan singkat dan jika pengunjung ingin membaca lebih lanjut, berikan link untuk artikel yang lebih lengkap. Ini lebih membuat pengunjung penasaran dan ia pun semakin tertarik menjelajah situs Anda lebih jauh.

Penulisan harga mempengaruhi perilaku pengunjung

Jika situs Anda adalah eCommerce, maka untuk menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka yakin membeli produk Anda, sertakan harga sebelum diskon dan sesudah diskon. Riset yang dilakukan oleh Robert Stevens terhadap 60 orang menunjukkan bahwa orang mengambil kesimpulan tidak berdasarkan informasi menyeluruh, tapi hanya info yang ada saat itu. Jadi hanya dengan membandingkan harga asli dan diskon yang tertera di situ, bisa mempengaruhi orang untuk segera memutuskan akan membeli atau tidak.


Saat ini sudah banyak heatmap tool yang bisa Anda terapkan untuk melihat perilaku audiens website Anda seperti Crazy Egg, Heatmap.me, Smartlook, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait