Integrasi Midtrans dan Shopify Permudah Transaksi Online

ntegrasi Midtrans dan Shopify Permudah Transaksi Online

Perkembangan bisnis online di Indonesia semakin pesat setiap tahunnya. Bukan hal yang aneh jika kemudian banyak bermunculan situs belanja online atau e-commerce. Nama Shopify tentu tidak lagi asing bagi Anda, bukan? Platform pembuatan toko online yang menggunakan sistem retail point-of-sale ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, sehingga pebisnis online dapat lebih efektif dan efisien dalam mengatur bisnisnya.

Di Indonesia sendiri saat ini tercatat ada lebih dari 70.000 pengguna aktif Shopify. Meski didominasi oleh bisnis di bidang fashion, ada juga pengguna yang menjual aksesori, kerajinan tangan, hingga bahan-bahan makanan kering. Hebatnya lagi, untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya, Shopify kini sudah terintegrasi dengan Midtrans sebagai penyedia payment gateway yang tepercaya dan aman.

Cara integrasi Shopify dengan Midtrans

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menikmati kemudahan payment gateway yang disediakan oleh Midtrans adalah dengan membuat toko online dengan platform Shopify. Pastikan Anda menggunakan akun berbayar dan berada dalam keadaan aktif, agar customer Anda dapat melakukan check out. Selanjutnya, daftar akun Midtrans dengan mengisi formulir registrasi secara lengkap dan tepat.

Apabila akun telah berhasil dibuat, untuk melengkapi kebutuhan bisnis Midtrans, Anda bisa menghubungi solutions@midtrans.com. Cantumkan subjek dengan nama SHOPIFY – URL Name, serta menyebutkan Midtrans Merchant ID yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Langkah-langkah memulai integrasi

Setelah akun Midtrans Anda diaktivasi, silakan login ke Merchant Administrator Portal Midtrans. Atur mode production untuk memulai proses integrasi. Kemudian pilih Settings – Configuration. Lengkapi Payment Notification URL dengan http://vt-pixels.herokuapp.com/veritrans/callback_url, sementara untuk bagian Finish Redirect URL, Unfinish Redirect URL, dan Error Redirect URL diisi dengan nama website Anda.

Lanjutkan pada pilihan menu Settings – Access Keys sambil menyalin Merchant ID dan Server Key yang akan Anda butuhkan di tahap berikutnya. Setelah itu, login pada halaman Shopify Store milik Anda. Di bagian admin Shopify Store, buka Settings – Payment Providers. Pilih Midtrans dari dropdown menu yang telah disediakan pada bagian submenu Accept Credit Cards. Salin Merchant ID dan Servey Key Anda untuk menyelesaikan konfigurasi. Terakhir, klik Activate untuk mulai mengaktifkan payment gateway Midtrans di Shopify Anda.

Transaksi online lebih aman dan nyaman

Di samping berbagai kelebihan yang dimiliki Shopify sebagai platform pembuatan situs e-commerce, integrasi yang dilakukan bersama Midtrans tentu akan memudahkan customer dalam hal pembayaran. Selain itu, pengguna juga tidak perlu mengkhawatirkan segi keamanan. Midtrans sudah lolos uji sertifikasi yang dilakukan oleh PCI Security Standard Council dan berhasil mengantongi sertifikat PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). Dengan begitu, risiko keamanan yang dapat mengganggu proses transaksi dapat lebih diminimalisir.

Lebih lanjut, Midtrans juga sudah memiliki sertifikat ISO 27001 yang membuktikan bahwa manajemen keamanan sistem informasi pada jaringan dan sistem pembayaran Midtrans sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ISO (Internal Standard Organization). Tak tanggung-tanggung, Midtrans juga mengaplikasikan AES-256 sebagai standar enkripsi untuk menjaga keamanan seluruh data yang ada pada sistem.


Dengan menggunakan Shopify, Anda bisa membangun toko online sendiri meski tidak memiliki kemampuan coding untuk membuat website. Menariknya, tersedia pula sejumlah template yang modern dan menarik sehingga membuat customer nyaman berbelanja di toko online Anda. Mulai membuat toko online Anda dengan coba gratis dari Shopify berikut ini.

Terintegrasinya Shopify dan Midtrans juga dipastikan dapat mempermudah transaksi online baik untuk customer maupun Anda sebagai pebisnis online.

Sumber: Daily Social, Midtrans