Katalog Kembali Berkembang di Era Belanja Online, Apakah Masih Relevan?

Midtrans_23-Desember-2019_Blog-Isi

Kembalinya katalog di era belanja online saat ini sudah menyesuaikan dengan platform berbelanja online yang ada. Katalog digital pun sekarang semakin banyak digunakan oleh berbagai bisnis. Perkembangan katalog, dari cetak menjadi digital, ini tentu harus dilihat sebagai peluang oleh pelaku bisnis, dan pelaku bisnis juga harus memerhatikan beberapa hal berikut mengenai alasan mengapa kemunculan kembali katalog menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis.

1.Mengembangkan Katalog Personal Bagi Setiap Konsumen
Perkembangan katalog digital saat ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan katalog yang memuat berbagai kebutuhan konsumen secara personal. Katalog personal juga memiliki dampak positif bagi konsumen, khususnya dalam mengetahui lebih lanjut tentang kebutuhan konsumen. Dengan mengembangkan katalog personal ini, pelaku bisnis secara strategis dapat langsung mengetahui kebutuhan konsumen, dan hal ini tentu akan menguntungkan karena pelaku bisnis dapat memberikan layanan ataupun produk terbaik bagi konsumen dengan efisien. Tidak hanya itu, katalog personal juga memberikan citra positif bagi bisnis yang nantinya juga dapat menjangkau lebih banyak konsumen untuk berbelanja di bisnis tersebut.

2.Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Dengan kemunculan kembali katalog, bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan efisien. Di era Industri 4.0 sekarang, katalog digital pun berperan penting dalam efisiensi menggaet banyak konsumen tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk mencetak katalog dan tenaga untuk membagikan katalog cetak tersebut. Pelaku bisnis dapat membagikan katalog digital hanya dengan menaruh tautan katalog di media sosial mereka. Hal ini tentu memudahkan konsumen dan pengunjung toko online untuk melihat katalog produk, dan juga memudahkan konsumen untuk membagikan katalog tersebut ke banyak orang. Katalog digital juga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dengan informasi yang tersusun rapi dari produk-produk yang dihadirkan.

3.Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Lebih Baik Bagi Konsumen
Katalog digital yang hadir saat ini juga tentunya memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen, karena informasi produk yang diterima konsumen tertata rapi dan sudah dikategorisasi dengan baik dengan inovasi-inovasi teknologi yang disediakan satu bisnis. Jika satu bisnis dapat menghadirkan teknologi di mana konsumen dapat langsung melakukan pembayaran di halaman katalog tersebut, hal ini akan membuat memudahkan konsumen berbelanja dan melancarkan bisnis. Selain menghadirkan pembayaran langsung, katalog digital juga dapat memberikan informasi yang detail tetapi tetap interaktif kepada konsumen. Misalnya, konsumen dapat mengetahui informasi detail mengenai satu produk dengan menghadirkan hipertaut ke video mengenai produk tersebut. Adanya inovasi-inovasi teknologi ini tentu akan membuka lebih banyak peluang kerja sama dengan bisnis lainnya.

4.Melancarkan Kerja Sama B2B dengan Berbagai Pihak
Menghadirkan katalog digital yang dikategorisasikan dengan rapi juga dapat mengembangkan bisnis dan membuka peluang kerja sama dengan bisnis lain. Dengan katalog digital yang sudah tertata, satu bisnis dapat menjual lebih banyak produk dengan mudah tanpa khawatir data produk yang sudah ada tercecer ataupun berantakan. Tidak hanya itu, kerja sama dengan penyuplai bisnis pun akan semakin mudah karena data yang ada sudah ditata, dan kebutuhan bisnis dapat dicatat dengan baik. Selain kerja sama dengan penyuplai, peluang kerja sama dengan bisnis lainnya juga semakin terbuka, misalnya, kerja sama dengan perusahaan teknologi ataupun keuangan.

Empat hal di atas dapat dijadikan acuan bagaimana berkembangnya katalog di era digital seperti sekarang dapat membantu konsumen dalam berbelanja sekaligus mengembangkan bisnis. Perkembangan katalog ini juga dapat menjadi referensi pelaku bisnis sebagai strategi pengembangan bisnis yang efisien. Tidak lupa juga, pelaku bisnis juga harus menghadirkan pembayaran yang beragam dan aman untuk mendukung pengembangan bisnis.


Cari tahu lebih lanjut bagaimana menghadirkan pembayaran untuk mendukung pengembangan bisnis di midtrans.com