Kenali Content Marketing dan Keuntungan-Keuntungannya

Content Marketing

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar istilah content marketing atau pemasaran konten. Konsep pemasaran yang satu ini memang sedang digencarkan, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang akhir-akhir ini sering diwacanakan berbagai pihak. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa content marketing adalah formula yang tepat untuk menghadapi perubahan tersebut.

Dengan tingkat urgensi yang demikian, sudah seharusnya tiap orang memahami konsep tersebut. Namun nyatanya masih banyak yang belum bisa menangkap apa yang sebenarnya ditawarkan oleh content marketing. Padahal jika telah menguasainya, content marketing bisa menjadi sebuah alat yang sangat membantu brand Anda.

Mengenal content marketing

Supaya Anda tidak tertinggal jauh, mari mulai kenali content marketing. Model pemasaran yang efektivitasnya dianggap bisa menandingi teknik pemasaran lain ini memfokuskan diri pada proses produksi, penerbitan, serta penyebaran konten secara online. Sejatinya, teknik ini sudah diterapkan sejak dulu, bahkan sebelum adanya internet. Zaman dulu content marketing menggunakan media cetak namun sekarang, sarana media cetak sudah tergantikan oleh internet. Kini, content marketing pun pada umumnya menargetkan pasar digital atau para pengguna internet.

Apa saja yang termasuk content marketing

Apabila Anda melihat internet, ada banyak hal yang bisa Anda temukan. Variasi demografi pengguna internet juga berarti jenis dan tipe content marketing selalu bertambah. Lantas manakah yang bisa disebut sebagai content marketing? Yang akan dibahas berikut adalah bentuk-bentuk content marketing yang paling sering digunakan dan kemungkinan besar sudah tidak asing bagi Anda.

Video
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs layanan berbagi video seperti YouTube, keberadaan video tentu tidak dapat diremehkan. Zaman sekarang orang juga cenderung lebih condong ke arah visual alih-alih teks, jadi tidak mengherankan jika video bisa menjadi bagian dari content marketing yang terhitung efektif. Untuk pembuatannya pun sekarang semakin mudah, hanya dengan smartphone Anda sudah bisa membuat sebuah video yang menarik.

Halaman web atau blog
Berbicara tentang internet tentu saja tidak dapat lepas dari halaman web dan blog. Keduanya bisa dibilang elemen yang membuat internet menjadi lebih “padat”. Nah, content marketing pun tidak dapat dilepaskan dari dua hal tersebut. Content marketing melalui media ini biasanya memanfaatkan distribusi informasi yang belum terlalu banyak diketahui orang misalnya tentang pengoperasian.

Infografis
Infografis umumnya berupa grafis berukuran besar yang tidak hanya memuat gambar tetapi juga beberapa informasi tambahan berupa teks, statistik, diagram, dan lainnya. Keberadaan infografis adalah untuk menggantikan posisi teks sebagai bentuk informasi yang mungkin terhitung lebih sulit untuk dipahami. Dengan menggabungkan teks dan grafik maka informasi menjadi lebih mudah untuk diproses otak dan dipahami.

Manfaat yang bisa didapat dari content marketing

Dengan membahas manfaat dari teknik pemasaran ini, pengaruh serta dampaknya bagi usaha Anda pun bisa diperkirakan dengan lebih mudah. Berikut ini beberapa manfaat dari content marketing.

Meningkatkan exposure
Saat menggunakan content marketing, brand Anda akan lebih mudah dikenali mesin pencari (search engine). Saat brand Anda mudah dikenali mesin pencari, peluang calon pelanggan menemukan Anda secara online pun meningkat.

Menjaring pelanggan baru
Dengan meningkatnya exposure brand Anda maka orang yang tidak pernah mengetahuinya sekarang bisa mengenal brand Anda. Dengan memanfaatkan momentum ini, Anda dapat menjaring pelanggan baru.

Mendekatkan brand dengan pelanggan
Tanpa adanya hubungan yang baik dengan pelanggan, bisa jadi brand atau jasa yang Anda tawarkan akan kehilangan pelanggan. Nah, content marketing bisa memperbaiki hal tersebut melalui konten yang Anda sediakan. Pastikan Anda memberikan konten yang relevan dan memberi nilai tambah bagi para Pelanggan.


Jika disimpulkan, content marketing adalah teknik pemasaran yang bisa digunakan untuk menghadapi gempuran Revolusi Industri 4.0. Bisa dibilang, teknik pemasaran content marketing memang sangat cocok untuk zaman yang serba online ini. Sudah siapkah Anda menerapkan content marketing?

Sumber: Forbes, Inc, Tech in Asia