Keuntungan Berbelanja Online dibanding Offline

Online vs Offline Shoping

Mengapa sebagian konsumen lebih menyukai belanja online dibandingkan belanja offline, atau sebaliknya? Pertanyaan yang sering diajukan ketika seseorang mencoba membangun bisnis melalui website eCommerce. Baik belanja online maupun offline memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing bagi konsumen atau pemilik usaha.

Seperti yang dijelaskan oleh Shopper Approved melalui studinya di USA menjelaskan bahwa alasan seseorang berbelanja online dibandingkan offline karena pilihan lebih banyak (25.4%), harga lebih terjangkau (25%), kenyamanan (24.7%), hemat waktu (7.2%), mudah dibandingkan (3.6%) dan tidak ada pajak penjualan (3.3%).

Lalu apa saja keuntungan berbelanja online dibandingkan offline bagi konsumen? Bagaimana caranya menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian di website eCommerce Anda? Berikut ini penjelasannya:

  • Konsumen senang membandingkan produk satu dengan lainnya, melalui belanja online maka konsumen hanya perlu membuka browser satu dengan lainnya tanpa mengunjungi toko satu persatu.

    Sehingga konsumen lebih hemat waktu ketika berbelanja online. Sebaiknya sediakan informasi lengkap dan jelas seperti ukuran, material, model, harga, dan spesifikasi lainnya dalam website serta cantumkan kontak informasi sehingga pemilik website dapat berkomunikasi dengan konsumen.

  • Belanja online memberikan pilihan produk yang lebih luas dalam satu website dibandingkan toko offline yang dibatasi oleh space. Kini konsumen tidak hanya berbelanja baju saja namun dalam waktu yang sama konsumen dapat belanja barang elektronik atau produk lainnya melalui satu website.

    Sebaiknya lakukan proses belanja dan pembelian dalam satu website atau halaman untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.

  • Biasanya konsumen terlebih dahulu mengunjugi toko offline untuk menemukan barang yang mereka cari lalu mencari kembali melalui online untuk harga yang lebih terjangkau. Hal ini dilakukan oleh sebagian besar konsumen toko online khususnya Bargain Hunters.

    Sebaiknya berikan harga terbaik bagi konsumen misalnya dengan promosi ‘Deal of The Day’ atau ‘Best Price’ dalam website Anda.

  • Kepercayaan adalah hal yang paling penting dalam berbisnis online. Untuk meningkatkan kredibilitas website dan kepercayaan konsumen sebaiknya tampilkan review atau komentar dari konsumen lainnya dalam website Anda. Review tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk melakukan pembelian atau tidak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam belanja online seperti koneksi internet, jaminan kerusakan barang, penipuan, jangka waktu pengiriman dan masih banyak lagi.

Namun dengan menonjolkan kelebihan belanja online atau mengintegrasikan keduanya selain mampu mendorong tingkat penjualan juga memberikan kemudahan akses bagi konsumen. Selain itu berikan promo belanja yang mampu menarik perhatian konsumen seperti program gratis ongkos kirim, diskon pada hari-hari tertentu atau ukuran dan spesifikasi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sumber: Crazyegg, Hubspot

Join Us

Artikel - Artikel Terkait