Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran Online di Toko Online

Online Payment

Sistem pembayaran adalah salah satu komponen penting dari sebuah Toko Online. Alangkah nyamannya apabila kita bisa melakukan pembayaran online langsung setelah berbelanja melalui toko online tertentu tanpa perlu ke ATM untuk melakukan pembayaran. Secara tidak langsung, menyediakan fasilitas pembayaran online adalah salah satu cara meningkatkan penjualannya di toko online. Tidak hanya mempermudah pelanggan, pemilik toko online juga lebih mudah untuk melakukan rekonsiliasi pembayaran yang sudah diterima.

Berikut ini ada beberapa keuntungan memiliki sistem pembayaran online di toko online:

1. Transaksi jual beli yang lebih aman
Untuk menyediakan layanan pembayaran online, tentunya website anda harus terlebih dahulu terintegrasi dengan online payment gateway tertentu. Ketika pelanggan melakukan pembayaran online, dana tersebut akan otomatis masuk ke akun toko online. Dengan begitu resiko finansial anda sebagai pemilik toko online akan berkurang dan anda tidak perlu khawatir lagi tentang kecurangan transaksi karena online payment gateway umumnya dilengkapi dengan sistem pendeteksi fraud.

2. Pelanggan dapat membayar dengan lebih banyak cara
Semakin banyak cara alternatif untuk membayar, tentunya akan semakin fleksibel bagi pelanggan saat berbelanja. Sistem pembayaran online tentunya akan menyediakan beberapa fasilitas pembayaran online seperti kartu kredit, pembayaran online yang mengunakan layanan direct debit dari bank tertentu seperti Mandiri ClickPay, CIMB Clicks, e-Pay BRI, BCA Klikpay dan juga bank transfer.
Pembayaran kartu kredit juga mengijinkan pelanggan untuk melakukan promosi cicilan barang yang mereka beli, terutama untuk barang yang berharga mahal. Oleh karena itu, dengan menyediakan layanan seperti ini, penjualan tentunya akan meningkat.

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
Dengan terintegrasi dengan online payment gateway yang terpercaya, pelanggan akan merasa lebih yakin saat berbelanja. Mereka tidak lagi takut untuk memberikan nomor kartu kredit mereka saat berbelanja online di website tersebut.

Jadi bagi anda yang sudah memiliki toko online di Facebook, toko online di Instagram atau toko online di website sendiri, pastikan pelanggan Anda bisa melakukan pembayaran online pada saat berbelanja.

Sumber: Chron, Visa, Image by Freepik

Join Us

Artikel - Artikel Terkait