Langkah-langkah Membuat Toko Online Gratis dan Tips Menjadikannya Sukses

tips membuat toko online gratis

Geliat dunia eCommerce atau perdagangan dan pemasaran secara online saat ini memang sangat menggairahkan. Potensi menjaring konsumen yang lebih besar serta lipatan keuntungan dari jual-beli online inilah yang kemudian banyak mendorong orang untuk ikut terjun didalamnya. Tak ayal kemudian muncul beragam toko online atau markertplace eCommerce di dunia maya. Namun sayang tak sedikit dari beberapa orang yang mengalami masalah saat akan membuka toko online tersebut. Sebuah permasalahan klasik diseputar dunia bisnis tersebut tidak lain dan tikda bukan adalah modal.

Ya, membangun toko online yang profesional memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal yang digunakan untuk pembelian hosting, template premium serta jasa desain & pembuatan website serta SEO tentu akan memakan biaya yang cukup besar. Inilah kendala yang seringkali dialami para pebisnis pemula yang ingin bergerak ke bisnis online. Lalu apakah memang bisnis online ini memang membutuhkan modal yang besar? Tentu saja tidak.

Jika Anda memang tidak memiliki modal besar membuat toko online profesional, bagaimana jika kita membuatnya secara gratis. Ya, meskipun tak bisa sehebat toko online profesional, namun dengan sedikit trik dan strategi tertentu kita bisa menjadikan toko online gratisan tersebut sukses dan gemilang. Lalu seperti apakah cara membuat toko online gratis yang sukses dan bersaing dengan toko online profesional itu? Berikut ulasannya.

Persiapan Membuat Toko Online Gratis

Sebelum merencanakan teknik dan strategi untuk menjadikan toko online sukses dan mampu memiliki kekuatan guna menyaingi toko profesional maka pastikan dulu Anda memiliki toko online gratis tersebut. Ya, tanpa ada media toko online itu ya percuma saja, tidak ada yang bisa dikerjakan. Untuk membuat toko online gratis, Anda memiliki pilihan antara membuatnya di blogspot atau di wordpress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun apapun pilihan Anda, blogspot atau wordpress yang pasti Anda harus menyiapkan dulu beberapa hal yaitu :

  • Email yang valid (untuk melakukan pendaftaran di blogger atau wordpress)
  • Template toko online (cari dan pilih yang gratis)
  • Nama blog yang akan digunakan
  • Persiapan foto produk yang akan anda pajang di toko online.

Membuat Toko Online Gratis di Blogspot

Untuk membuat toko online gratis di Blogspot, pastikan Anda telah memiliki email terlebih dahulu. Jika belum punya, ya silahkan Anda buat terlebih dahulu. Jika Anda telah siap dengan email tersebut, Anda tinggal login di Blogger. Setelah login Anda akan di bawa ke halaman Konfirmasi Profil seperti akun Google+, ganti foto dan lain-lain.Untuk lebih cepat langsung saja klik Lanjutkan ke Blogger.

Setelah masuk halaman blogger, klik saja tombol “blog baru” untuk mulai membuat blog gratis. Dari sana anda akan dibawa pada halaman pembuatan blog. Isikan data blog meliputi Judul, Alamat dan juga template blogger. Setelah semua terisi, Anda tinggal klik tombol “buat blog” dan blog gratis pun telah jadi dan siap digunakan dan dikembangkan.

Membuat Toko Online Gratis di Wordpress

Membuat toko online gratis dari Wordpress sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat toko online gratis di blogspot. Pertama Anda harus masuk halaman utama Wordpress dengan mengakses id.wordpress.com. Di halaman tersebut klik “tombol buat situs web” dan berikan nama website yang akan Anda gunakan sebagai nama alamat toko online Anda lalu klik tombol “buat situs Anda dan lanjutkan”. Setelah itu Anda akan dibawa pada halaman yang mengharuskan Anda untuk mengisi kolom-kolom, seperti alamat email Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan verifikasi alamat blog gratis.

Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda dan klik link di dalam email tersebut. Dari sini website gratis pun sudah siap untuk digunakan untuk toko online Anda.

Memaksimalkan Blog atau Website Gratis Menjadi Toko Online Yang Sukses

Ada beberapa tips penting untuk menjadikan toko online gratis menjadi sukses yaitu :

  1. Maksimalkan Nama Toko Online Anda
    Jangan sembarangan memberi nama blog atau website toko online Anda. Saat menentukan nama blog atau website sebagai nama toko online usahakan Anda harus memilih nama yang tepat, mudah diingat dan yang SEO friendly (nama domain yang di mesin pencari). Usahakan nama toko online memilki tak lebih dari tiga karakter supaya mudah diingat dan gampang dicari di mesin pencari.
  2. Perkuat Tampilan Website Toko Online Anda
    Tampilan atau desain website memang memiliki pengaruh kuat untuk menarik customer. Desain toko online yang menarik akan disukai visitor dan mereka akan betah berlama-lama berada di website Anda. Meski blog Anda gratisan, Anda bisa mencari dan menggunakan template blog gratisan yang menarik melalui mesin pencari. Berikutnya Anda juga harus menyelaraskan tampilan website Anda dengan tema produk yang anda jual. Misalkan anda menjual produk fashion wanita, maka carilah template yang di dominasi oleh warna cerah seperti pink,putih, toska dan lainnya.
  3. Tampilkan Gambar Produk Yang Terbaik
    Anda tak bisa lagi kompromi masalah foto produk untuk menjadikan website gratisan Anda sukses. Selain desain atau tampilan website, foto atau gambar produk juga menjadi faktor penting guna menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Jika foto-foto produk yang Anda tampikan ala kadarnya, maka jangan harap pembeli membeli dan berlama-lama di website Anda. Maka dari itu tampilkan gambar atau foto produk Anda yang terbaik yang Anda miliki jika Anda ingin website gratisan Anda sukses.
  4. Promosikan Toko Online Baru Anda
    Langkah berikutnya untuk menjadikan website toko online Anda sukses adalah gencar berpromosi. Ya, meskipun website toko online Anda sudah bagus jika Anda tidak kenalkan pada publik sama saja bohong. Ingat, toko online Anda butuh pengunjung. Jangan hanya mengandalkan mesin pencari untuk mencari pengunjung. Anda harus gencar mempromosikan toko online Anda. Promosikan toko online lewat media apapun yang bisa Anda jangkau, entah itu online maupun offline. Semakin dikenal toko online Anda, semakin terbuka lebar pula peluang Anda menjadikan toko online Anda sukses.
  5. Layani Konsumen Dengan Sesempurna Mungkin
    Trik terakhir untuk menjadikan website toko online gratisan Anda sukses adalah dengan melayani konsumen dengan sesempurna mungkin. Ya, ini adalah teknik terbaik yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengimbangi atau menyaingi toko online profesional. Layanan memang selalu menjadi perhatian utama bagi konsumen. Dengan memberikan layana yang terbaik, maka konsumen pun akan puas dan mereka bukan tidak mungkin akan datang lagi ke toko online Anda atau bahkan akan merekomendasikan toko online Anda kepada yang lainnya.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait