Langkah Meluncurkan Brand Ambassador Program untuk Bisnis Anda

pengertian brand ambassador

Salah satu cara kreatif untuk membangun buzz bagi brand Anda adalah melalui brand ambassador. Brand ambassador di sini tidak perlu menyewa selebritis atau orang terkenal. Anda dapat menggunakan konsumen Anda untuk menceritakan, menulis, tweeting mengenai pengalaman mereka hingga menyukai produk Anda. Selain menekan budget, Anda juga dapat menentukan kecocokan terhadap target demografis lebih tepat. Brand ambassador dari konsumen Anda bersifat lebih nyata dan natural bahkan mereka cenderung tidak segan untuk mempromosikan produk Anda kepada lingkungan mereka.

Merubah konsumen Anda menjadi bagian dari tim marketing Anda adalah hal memungkinkan khususnya jika hal itu terjadi pada konsumen Anda dari kalangan pelajar atau mahasiswa. Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan brand ambassador dan campus ambassador program untuk mempromosikan produk atau service dari bisnis yang ditawarkan. Dengan campus ambassador program yang tepat, Anda dapat meningkatkan keberadaan sosial, mempertajam brand recognition dan memasuki market, terutama youth market. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk program brand ambassador Anda.

Ciptakan Lifestyle

Starbucks

Dengan menciptakan gaya hidup dalam brand Anda, Anda dapat membangun social audience yang Anda perlukan. Hal ini adalah hal penting dan langkah pertama untuk mendapatkan super fans brand Anda yang dapat Anda jadikan sebagai brand ambassador.

Uraikan Rencana Anda

Pastikan Anda memikirkan hal-hal kecil seperti panggilan untuk brand ambassador Anda, apa yang Anda harapkan dari mereka, penawaran menarik apa yang dapat Anda berikan, bagaimana cara memilih brand ambassador Anda, bagaimana cara mengukur kesuksesan program tersebut, dan apakah program tersebut berdasarkan aplikasi atau undangan khusus.

Pilih dan Undang Brand Ambassador Anda

Tokopedia Top Ambassador

Dengan adanya rencana dan struktur yang diperlukan, Anda dapat memulai untuk memilih ambassador yang Anda harapkan. Pilih konsumen yang aktif dalam lingkup sosial berdasarkan data follower Anda. Fokus pada konsumen yang menceritakan hal positif tentang brand Anda tanpa dipaksa atau mengharapkan hadiah dari Anda. Lalu undang mereka untuk menjadi brand ambassador Anda dan pastikan Anda memberikan detail dan manfaat yang dapat mereka peroleh melalui program ini.

Reward, Reward, Reward

Memberikan reward bukan berarti terus memberikan hadiah kepada brand ambassador Anda. Hal ini bisa menjadi cara paling cepat untuk menyenangkan hati mereka namun tidak menjamin mereka akan loyal terhadap brand Anda. Anda dapat melakukan cara lain misalnya mengadakan gathering khusus untuk brand ambassador Anda, diskon khusus menggunakan nama brand ambassador Anda dan meliput mereka dalam website atau social media perusahaan Anda. Pastikan Anda selalu memberikan reward kepada mereka yang berhubungan dengan bisnis atau brand Anda.

Google Student Ambassador

Salah satu program brand ambassador yang sukses dijalankan oleh perusahaan adalah Google Student Ambassador Program yang memulai programnya dengan Google’s Pizza Program. Dimana brand ambassador dipilih untuk memberikan pizza kepada teman mereka ketika dalam kesulitan. Hal ini membantu Google meningkatkan hubungan sosial dengan lingkungan kampus dan anak muda. Hootsuite pun memberikan kesempatan kepada Brand Ambassador mereka untuk menjadi host dalam event ‘HootUps’. Event ini adalah perkumpulan dari fans perusahaan, praktisi social media sebagai ajang networking.


Pastikan brand ambassador menjadi salah satu cara Anda dalam mempromosikan brand atau produk Anda. Selamat mencoba!

Sumber : Entrepreneur , The Next Web

Join Us

Artikel - Artikel Terkait