Langkah Mudah Memulai Tumblr Ads untuk Bisnis Anda

tumblr

Tumblr memiliki lebih dari 200 juta pengguna dengan 80 juta post setiap harinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Tumblr menyediakan peluang yang besar bagi Anda untuk meluaskan jangkauan audiens. Kabar baiknya, Tumblr juga sudah menyediakan platform khusus bagi Anda untuk beriklan. Namun, dengan statistik sebesar itu, tentunya Anda harus stand out dari kompetitor lain.

Targeting Tumblr Ads

Sebelum merancang iklan dan memasangnya di Tumblr, pastikan dulu bahwa target brand Anda memang sesuai dengan karakteristik dan demografis penggunanya. Perlu diketahui bahwa 39% pengguna Tumblr berusia di bawah 25 tahun. Jadi, jika Anda sedang berusaha untuk menjangkau target audiens berusia muda, maka Tumblr adalah platform yang tepat untuk mempromosikan brand Anda. Menariknya, tidak seperti kebanyakan media sosial lain di mana penggunanya mementingkan followers, Tumblr justru tidak seperti itu. Pengguna Tumblr lebih mementingkan interaksi dan membangun hubungan yang bermakna.

tumblr posts breakdown

Di Tumblr, Anda bisa mem-post beberapa jenis konten, yaitu gambar, teks, audio, video, quote, link, dan chat. Namun, kebanyakan konten yang di-post di Tumblr adalah gambar (78%). Konten berbentuk gambar jugalah yang menerima interaksi paling banyak. Jadi, jika memang ingin beriklan di Tumblr, Anda bisa menciptakan gambar yang original dan dapat membuat pengguna merasa terhubung dengan Anda.

Keunggulan beriklan di Tumblr

Mengingat popularitasnya yang masih di bawah Facebook dan Twitter, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus beriklan di Tumblr. Berikut adalah beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Ada lebih dari 200 juta blog dengan 80 juta post setiap harinya.
  • 70% pengguna Tumblr mengatakan bahwa Dashboard pada Tumblr merupakan tempat favorit mereka untuk menghabiskan waktu di ranah online.
  • Menurut Social Intelligence Report Q3 2013 dari Adobe, Tumblr menempati posisi pertama pada kategori Social Sentiment Towards Brands.

Berbagai Tipe Iklan Tumblr yang Bisa Dipasang

Untuk kebutuhan promosi, Tumblr menyediakan beberapa jenis iklan yang bisa dipasang pada platform mereka, yaitu:

1. Sponsored posts

Iklan Sponsored Posts akan muncul pada Dashboard Tumblr dengan tampilan yang mirip dengan postingan original para penguna. Hal ini pernah dilakukan oleh stasiun televisi FX untuk mempromosikan salah satu acara mereka. FX menciptakan konten berupa ilustrasi, gambar GIF, dan foto original yang sejalan dengan pesan brand mereka. Hasilnya, kampanye tersebut sukses membuat follower FX meningkat hingga 86% dengan tingkat engagement mencapai 2,8%—lebih tinggi 32% dari rata-rata kompetitor di industri mereka.

2. Sponsored video posts

tumblr video

Jenis iklan satu ini mirip seperti Sponsored Posts, tetapi bentuknya berupa video dengan tambahan analitik untuk metrik view, looping, dan engagement. Sponsored Video Posts juga akan muncul pada Dashboard pengguna Tumblr, yang bisa secara otomatis langsung menyala ketika muncul di layar pengguna. Menariknya, ketika pengguna melakukan scroll, Sponsored Video Posts akan muncul di bagian bawah kanan layar sehingga pengguna tetap bisa menonton video sambil scrolling.

3. Sponsored day

Melalui tipe iklan satu ini, Tumblr memperbolehkan brand untuk meletakkan logo dan tagline mereka di bagian atas dashboard pengguna selama 24 jam. Apabila diklik, logo tersebut akan mengarah pada halaman Explore yang bisa Anda kurasi. Nike adalah brand pertama yang memasang iklan Sponsored Day. Mereka menggunakan kampanye #betterforit untuk mempromosikan serangkaian produk wanita terbaru.


Dengan jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta, Tumblr dapat membantu Anda untuk menjangkau audiens yang mungkin tidak bisa Anda jangkau melalui media sosial lain. Semoga panduan dasar di atas dapat membantu Anda sudah mempunyai gambaran tentang beriklan di Tumblr.

Sumber: SocialMediaToday, Hootsuite Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait