Langkah untuk Membuat Kontes Instagram yang Sukses

cara membuat kontes instagram

Anda berencana membuat sebuah kontes melalui Instagram? Sekarang ini, Instagram nampaknya telah menjadi bagian dari social media marketing, menjalankan kontes melalui akun Instagram, mampu meningkatkan ‘reach’ dalam waktu yang relatif singkat. Berikut tips dan trik cara membuat kontes di Instagram.

Sebagai permulaan, mari kenali beberapa tipe kontes yang ada pada Instagram, serta kelemahan dan kelebihannya.

Like to win

instagram like

Ini adalah cara yang mudah, Anda tinggal meminta para user untuk memberikan like pada foto yang Anda unggah. Teknik ini adalah cara termudah untuk meningkatkan ‘reach’ dan menambah follower. Namun, teknik memiliki tingkat engagement yang rendah. Jika ingin menerapkan teknik ini, lakukan sebagai langkah awal pengetesan dan minta user Anda untuk menambahkan tagging request untuk menyiasati engagement.

Hashtag user

Instagram hashtag

Kontes user-generated content (UCG), di sini, Anda harus menentukan suatu hashtag khusus dan user yang ingin mengikuti kontes ini, diwajibkan men-share foto atau video mereka dengan menggunakan hashtag yang telah Anda tentukan.

UCG mampu membantu menyebarkan campaign dengan baik, karena setelah user mengunggah konten dengan hashtag Anda, friends dan followers mereka juga akan melihat kontes dan hashtag Anda. Tidak menutup kemungkinan, akan membuat mereka turut tertarik untuk mengikuti kontes yang Anda jalankan. Potensi lainnya ialah dari pengguna lain yang juga melakukan search pada hashtag tersebut. Untuk menggunakan teknik ini, hindari memberikan terlalu banyak persyaratan seperti mengharuskan tag friend dan hashtag yang terlalu panjang.

Email-gated

Singkat kata, untuk mengikuti kontes ini, peserta mesti memberikan email address mereka. Ketika menjalankan kontes ini, Anda bisa menyertakan teknik UCG, yang artinya Anda mendapatkan beberapa benefits sekaligus, penyebaran campaign, to build your email list dan to keep in touch dengan peserta di kemudian hari (dengan mengirimi email). Sayangnya, cara ini kurang disukai user karena dinilai tidak praktis. Beberapa kontes yang berhasil menggunakan teknik ini biasanya adalah yang berhubungan dengan hadiah mahal seperti jalan-jalan, produk gratis dan berbelanja.


Selanjutnya, bagaimana cara menjalankan kontes pada Instagram?

Pertama, rencanakan dengan baik. Awali dengan menentukan apa yang akan menjadi tujuan Anda menjalankan kontes ini. Apakah Anda hanya ingin meningkatkan followers atau meningkatkan engagement? Cari tahu mengenai kontes sejenis dengan yang ingin Anda jalankan, tentukan hashtag Anda (sebaiknya yang unik), tentukan siapa target audience Anda, tentukan tema kontes, tentukan hadiah dan tipe kontes yang akan dijalankan. Intinya, adalah pastikan dulu hal-hal dasarnya.

Kemudian, awali dengan menyebarluaskan informasi mengenai kontes yang Anda jalankan, misalnya, pada blog atau website Anda, jangan lupa cantumkan direct link-nya. Sebarkan pula melalui akun-akun social media Anda lainnya. Cara lain yang bisa membantu adalah menggunakan Fecebook ads, email blast atau gunakan jasa influencers (jika keuangan Anda memungkinkan).

Setelah kontes usai, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Unggah foto pemenang kontes Anda (pastikan Anda men-tag akunnya), jangan pula infokan bila Anda memiliki persyaratan bagi pemenang (misalnya, hadiah hanya bisa di-claim dalam waktu sekian jam), post kegiatan (termasuk pemenang dan hadiahnya) dalam blog, situs dan akun social media Anda lainnya. Jangan pula lupa infokan akhir dari kontes ini pada seluruh partisipan Anda, sampaikan terimakasih karena telah bergabung.

Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat!

Sumber : Social Media Examiner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait