Maksimalkan Konten Pinterest Anda dengan Pinterest Analytics

Pinterest analytics

Tidak jauh berbeda dari tool analytics media sosial lainnya, Pinterest Analytics juga mampu menjadi senjata ampuh dalam menilai performa media sosial Anda. Tool analytics yang satu ini tidak hanya memberikan informasi mengenai kinerja konten Anda, tetapi juga menyajikan detail informasi terkait target audiens Anda serta peluang-peluang yang bisa menghasilkan traffic atau penjualan. Sebuah sarana yang sangat berguna untuk kebutuhan evaluasi dan perencanaan bukan? Lantas, bagaimana cara Pinterest Analytics bekerja?

Pinterest Analytics sendiri menyediakan empat kategori yang bisa Anda cek secara berkala, yaitu Overview, Profile, People You Reach, dan Website. Sebelum masuk lebih jauh ke dalam tiap kategori ini, berikut adalah beberapa metrik yang perlu Anda pahami terlebih dahulu:

  • Impressions
    Metrik yang satu ini akan memberitahu Anda seberapa sering Pin Anda tampil di halaman beranda, hasil pencarian, dan feed kategori. Dengan begitu, Anda pun dapat memiliki gambaran tentang seberapa besar jangkauan konten Anda.

  • Repins
    Repins memberitahu Anda berapa kali orang-orang menyimpan (save) atau pin ulang Pin Anda.

  • Klik
    Metrik ini menilai berapa banyak orang meng-klik Pin Anda dan terarah ke website bisnis Anda.

  • Rata-rata viewer bulanan
    Metrik ini menunjukkan jumlah rata-rata orang yang melihat Pin Anda.

  • Rata-rata penguna aktif bulanan
    Metrik ini menunjukkan jumlah rata-rata orang yang mengambil tindakan terkait Pin Anda, baik itu meng-kliknya, menyimpannya, atau Pin ulang.

Nah tiap metrik ini dapat Anda lihat secara spesifik di tiap kategori analisa yang Pinterest siapkan.

Overview

Saat menggunakan Pinterest Analytics, Anda akan pertama-tama dihadapkan dengan analisis profil Pinterest Anda secara keseluruhan. Dari sini, Anda akan mendapatkan gambaran pendek dari performa akun Pinterest Anda dalam pecahan kategori Your Pinterest Profile, People You Reach, dan Website. Nah, Anda akan mendapatkan rangkumannya dalam bentuk grafik yang menunjukkan jumlah rata-rata impression dan viewer. Anda juga dapat melihat daftar Pin-Pin terbaik Anda di sini.

Profile

Untuk gambaran yang lebih detail mengenai akun Pinterest bisnis Anda, kategori inilah yang perlu Anda perhatikan. Dalam kategori ini, Anda dapat melihat grafik rata-rata viewer bulanan serta rata-rata impression bulanan seperti dalam overview. Bedanya, Anda dapat menentukkan rentang waktu yang ingin Anda lihat, baik itu tujuh hari ke belakang atau bahkan sebulan ke belakang.

Anda juga akan mendapatkan daftar Pin dan Board terbaik Anda yang bisa dilihat berdasarkan impression terbanyak, klik terbanyak, save terbanyak, atau likes terbanyak. Sementara itu pilihan All Time akan memungkinkan Anda untuk melihat daftar performa Pin dan Board Anda yang terbaik sepanjang sejarah penggunaan Pinterest bisnis Anda.

People you reach

Kategori ini akan memberikan Anda gambaran yang lebih baik mengenai pengikut atau orang-orang yang melihat Pin Anda. Untuk kategori ini, Anda dapat menentukkan mau melihat data semua orang yang melihat Pin Anda, baik itu followers Anda atau orang yang kebetulan menemukan Pin Anda, atau hanya data orang-orang yang memang follow akun Pinterest Anda.

Nah dalam kategori ini, Anda akan diberikan data demografis orang-orang tersebut, mulai dari usia, jenis kelamin, negara asal, hingga bisnis-bisnis atau topik-topik lain yang juga diminati oleh audiens Anda. Hasil analisis ini dapat membantu Anda mengenali siapa saja yang sebenarnya merupakan target audiens Anda dan siapa yang berpotensi menjadi pelanggan.

Website

Kategori ini akan memberikan Anda gambaran performa konten website Anda di Pinterest. Anda dapat mencari tahu konten mana yang paling banyak disimpan oleh audiens dari situs web Anda serta bagaimana konten tersebut meningkatkan interaksi di Pinterest.

Terlebih dari itu, Anda juga dapat melihat di Board macam apa saja konten Anda disimpan oleh orang. Jika ternyata banyak yang menyimpan konten Anda dalam Board seperti Social Media, Content Marketing, Social Media Marketing, maka ini sebuah pertanda konten sekitar topik-topik tersebut menarik bagi orang.


Itulah beberapa kategori data yang bisa Anda gunakan dalam Pinterest Analytics. Dengan memahami cara-cara menggunakan metrik di atas, Anda dapat mengevaluasi konten Pinterest bisnis Anda serta menentukan konten apa saja yang berarti dan menarik untuk orang bagikan. Yuk pastikan Anda menggunakan sarana analytics yang satu ini!

Sumber: Hootsuite, Tailwind, ShivarWeb