Maksimalkan Strategi Instagram Anda dengan Instagram Analytics

Instagram Analytics

Selama beberapa tahun terakhir ini, Instagram menjadi salah satu pilihan utama para pelaku bisnis untuk melakukan marketing. Jumlah brand yang tergabung pun mengalami peningkatan dari 11,5% pada tahun 2013 menjadi 32,3% pada tahun 2015. Terlebih, data dari Forrester menunjukkan bahwa Instagram memiliki tingkat engagement sepuluh kali lebih tinggi dari Facebook, 54 kali lebih besar dari Pinterest, dan 84 kali lebih baik dari Twitter.

Demi memaksimalkan Instagram sebagai platform untuk digital marketing, dibutuhkan insight yang tepat. Hal tersebut bisa didapatkan melalui Instagram Analytics. Anda akan mampu menentukan taktik dan konten seperti apa yang paling berhasil memberikan engagement dari target audiens.

Apa Itu Instagram Analytics?

Tidak ada cara selain menggunakan analytics untuk mengukur kesuksesan strategi media sosial Anda. Gerard Recio, Social Media Coach Manager dari Hootsuite pernah menjelaskan bahwa analytics memungkinkan Anda menentukan target awal dan menyusun tujuan jangka pendek serta panjang. Instagram Analytics adalah alat yang membantu Anda untuk melakukan hal-hal tersebut pada Instagram.

Perlu diingat bahwa kini Instagram menggunakan algoritma yang akan memprioritaskan postingan tertentu pada feeds pengguna. Algoritma tersebut menentukan konten yang diyakini Instagram akan lebih disukai oleh pengguna dan meletakkanya pada bagian atas feeds, tidak peduli berapa banyak akun yang Anda follow. Sebagai pelaku bisnis yang menggunakan Instagram untuk marketing, Anda tentu ingin agar konten brand Anda berada di puncak feeds target audiens Anda. Level engagement yang tinggi akan membantu Anda untuk tetap berada di posisi atas feeds tersebut.

Manfaat Menggunakan Instagram Analytics

Manfaat menggunakan Instagram Analytics, Anda dapat mengetahui target audiens mana yang berinteraksi dengan konten Anda, konten mana yang mampu menarik banyak target audiens, dan hal-hal serupa lainnya. Selagi menganalisis data-data tersebut, Anda dapat menciptakan konten yang lebih kuat dan relevan untuk audiens. Apabila masih ragu, semoga alasan-alasan berikut ini mampu meyakinkan Anda untuk menggunakan Instagram Analytics:

  • Mendapatkan banyak insight baru
  • Mempelajari waktu terbaik untuk posting konten
  • Menemukan social influencer yang tepat
  • Mengetahui konten seperti apa yang mendapat engagement paling tinggi dari audiens
  • Memprediksi level engagement

Perangkat Instagram Analytics Terbaik

Sayangnya, tidak seperti kebanyakan platform media sosial, Instagram tidak menawarkan program analitiknya sendiri. Tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak perangkat Instagram Analytics yang mampu membantu Anda untuk memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai platform digital marketing. Berikut adalah beberapa Instagram Analytics yang layak Anda coba:

Simply Measured

Simply Measured

Simply Measured memberikan analisis bagi berbagai media sosial, salah satunya adalah Instagram. Manfaat menggunakan Simply Measured adalah, ketika pertama kali mengunjungi situs Simply Measured, Anda bisa mendapatkan report untuk akun Instagram apapun dengan jumlah followers maksimal 25.000. Sebagai gantinya, Anda diharuskan untuk mem-follow akun Twitter mereka. Report akun ini menyediakan analisis mendalam selama dua bulan terakhir, termasuk postingan paling top, waktu terbaik untuk melakukan engagement, tags dan filter terbaik, serta hal-hal serupa lainnya.

Locowise

Locowise

Locowise menawarkan sebuah perangkat analisis gratis untuk Instagram yang mampu membandingkan akun Anda dengan 2.500 akun lain dengan jumlah follower berbeda. Dari perbandingan tersebut, Anda akan mendapatkan data metric berupa perkembangan follower, level engagement, dan filter paling populer yang digunakan. Tidak hanya itu, analisis tersebut juga akan memberi Anda perbandingan tentang rasio gambar dan video, konten yang di-post per hari, hingga jumlah likes dan comments.

Union Metrics

Union Metrics

Meski memiliki opsi gratis dan tidak, fitur gratis Union Metrics memiliki kualitas cukup baik dan menggunakan algoritma dari produk Instagram Analytics berbayar mereka. Seperti yang dijelaskan pada situs resminya, Union Metrics akan memberi insight tentang waktu terbaik untuk posting pada Instagram, hashtag yang harus digunakan untuk mendapatkan engagement tertinggi, konten apa yang harus diperbanyak atau dikurangi, serta siapa fans dari akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa me-refresh report di Union Metrics selama 24 jam, memungkinkan Anda untuk mengeceknya secara real time.

Iconosquare

Iconosquare

Instagram Analytics satu ini menawarkan free trial selama tujuh hari untuk mengakses seluruh fiturnya. Manfaatkan hal tersebut untuk mengakses informasi analitik dan melihat apakah Instagram merupakan perangkat yang tepat untuk bisnis Anda. Iconosquare memungkinkan Anda untuk melacak perkembangan follower, waktu terbaik posting untuk engagement yang lebih maksimal, serta perkembangan engagement itu sendiri. Tidak hanya itu, Iconosquare juga mampu menunjukkan konten mana yang menarik paling banyak engagement, baik dari likes maupun comments.


Instagram Analytics merupakan perangkat penting bagi kesuksesan marketing di Instagram. Manfaatkan keempat perangkat Instagram Analytics di atas untuk mendapatkan insight yang dapat diterapkan pada akun Instagram bisnis Anda. Selamat bereksperimen dan semoga berhasil!

Sumber:
Hootsuite Blog, Social Media Examiner, Brand Watch

Join Us

Artikel - Artikel Terkait