Manfaat Google+ untuk Bisnis Online Anda

Google+

Popularitas platform jaringan sosial Google+ boleh saja kalah saing dengan Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Namun khusus untuk penggerak usaha kecil atau UKM keberadaan Google+ sebaiknya tidak boleh diabaikan. Bagi pebisnis pemula dan bermodal minim, Google+ bukanlah media sosial biasa karena Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan traffic dan juga kunjungan website di halaman pencarian Google.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pebisnis kecil untuk mengoptimalkan Google+ bagi usahanya:

Memanfaatkan SEO pada Google+

Perbedaan utama antara Google+ dengan jejaring sosial lainnya adalah jejaring sosial ini merupakan milik mesin pencari terbesar di dunia yakni Google Inc. Karena merupakan produk keluaran Google, maka manfaat terbesar yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google+ adalah manfaat SEO bagi pemilik website. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam poin ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Google+ page dan juga Google+ Local Business.

Setelah memanfaatkan kedua fitur ini, maka Anda bisa menaikkan peringkat bisnis yang berbasis lokasi atau map. Ranking halaman bisnis ini akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas follower yang secara aktif terlibat dengan bisnis atau merek Anda, maka secara otomatis Google+ akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Anda juga harus memberi tanda pada Google+ Page dan Google+ Local Business milik Anda dengan gambar bangunan atau sejenisnya sebagai bentuk promosi lokasi usaha Anda.

Gunakan fitur Circles untuk mengatur segmentasi jaringan

Google+ Circles merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola beberapa orang yang berhubungan, membagikan, dan memperbaharui segmentasi jaringan bisnis Anda. Melalui Google+ Circles Anda bisa membuat circles Anda sendiri berdasarkan dengan teman-teman, pelanggan, partner bisnis, dan juga influencer yang Anda ikuti di dalam Google+. Cara ini akan membantu Anda untuk mengelompokkan pembaharuan Anda kepada audiens tertentu dan juga yang sesuai dengan minat mereka. Bahkan beberapa orang menggunakan circles ini untuk mengirim update ke kelompok yang lebih besar melalui Gmail.

Menghubungkan seluruh audiens Anda dengan Google+ Events

Fitur Google+ Event merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Google+ untuk mengirim undangan yang telah diatur kepada siapapun, entah itu pengguna Google+ ataupun bukan. Google+ dapat bersikronisasi baik dengan Google Calendar dan muncul secara otomatis ketika user telah mengkonfirmasi kedatangan ke sebuah event. Anda juga dapat mengirimkan undangan tersebut ke webinar, event kerja, pesta, dan lainnya. Google+ Event juga bisa mengirimkan undangan tersebut ke Google+ Hangout. Anda juga bisa meningkatkan awareness dan jumlah peserta yang hadir pada event Anda melalui fitur Google+ Hangout ini. Melalui cara ini pula Anda kemungkinan akan dipermudah untuk menemukan calon pelanggan yang potensial karena Anda bisa mengetahui siapa saja pihak-pihak yang tertarik dengan bisnis Anda.

Klaim publishing content (Google Authorship)

Ini merupakan strategi terbaik yang ada di dalam Google+ yakni memungkinkan Anda untuk menautkan postingan Anda dalam Google+ dengan halaman resmi dari website Anda. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan baris kode unik dari Google+ ke dalam template website Anda. Hal ini juga akan mempermudah Google dalam mengidentifikasi sebuah halaman website, sehingga ketika ada seseorang yang mengetikkan keywords berhubungan dengan bisnis Anda di Google, maka informasi halaman web Anda akan muncul di sisi kanan hasil pencarian. Para user kemudian dapat melihat informasi tentang halaman Anda, langsung dari hasil pencarian. Oleh karena itulah cara ini ini bisa menjadi cara cepat Anda untuk menarik pelanggan yang potensial.


Google+ mungkin bukan jejaring sosial yang paling populer, namun jejaring sosial ini mudah sekali digunakan dan juga menawarkan manfaat bisnis yang tidak kalah dengan media sosial lainnya. Jika Anda merupakan salah satu pemilik usaha kecil, Anda bisa memanfaatkan Google+ untuk binsis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Sumber: Hootsuite Blog, Social Media Examiner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait