Manfaat Penerapan Sistem CPA untuk Kampanye Marketing Anda

CPA

Tahukah Anda bahwa sistem afiliasi CPA lebih murah dari CPC? Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Bagi pebisnis e-commerce yang melakukan promo online dengan menggunakan Google atau media sosial seperti Facebook atau Twitter, sudah tahu kalau semua channel ini menerapkan sistem CPC (cost per click) untuk setiap iklannya. Apabila dihitung secara rata-rata, advertiser akan menghabiskan biaya sekitar Rp 200.000 untuk setiap transaksi yang terjadi. Ini dikarenakan biaya muncul dari setiap klik, sedangkan transaksi terjadi sekali dari rata-rata 2000 klik. Inilah yang menjadikan, walau biaya per klik nya murah (sekitar Rp 1.000), biaya per transaksinya tetap besar.

Dengan menggunakan sistem CPA (cost per action), anda hanya dikenakan biaya apabila terjadi transaksi. Biaya yang dibebankan oleh sistem CPA biasanya berbentuk persentase. Satu keuntungan dari sistem CPA adalah, anda tidak perlu membayar visitor yang datang ke website anda tanpa melakukan pembelian. Ibarat buka toko, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk setiap pengunjung yang hanya datang untuk sekedar melihat-lihat barang dagangan anda bukan?

Untuk perbandingan, mari kita hitung kedua sistem ini secara head to head untuk produk yang sama. Kita asumsikan nilai Conversion Rate (CVR) dan Click Through Rate (CTR) adalah sama untuk masing-masing sistem yaitu : CTR 3%, CVR 0,05% (keduanya merupakan angka persentase rata-rata normal) demikian pula dengan jumlah iklan dilihat dan di klik.

CTR adalah perbandingan iklan dilihat dengan di klik. CVR adalah jumlah transaksi yang terjadi dibanding jumlah CTR.

tabel CPA

Dari tabel diatas bisa disimpulkan bahwa afiliasi dengan sistem CPA jauh lebih efisien dibanding CPC, 95% lebih murah tepatnya. Yang menyebabkan sistem CPC bisa jauh lebih mahal adalah, anda harus membayar dari setiap pengunjung yang datang ke website anda, semakin banyak yang datang, semakin tinggi cost anda. Sedangkan sistem CPA tidak membebankan biaya tersebut.


Artikel ini merupakan guestpost dari ACCESSTRADE Indonesia, platform afiliasi yang menggunakan sistem CPA yang ada di Indonesia. Platform afiliasi asal Jepang ini pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 2012. ACCESSTRADE sudah berpengalaman menjalankan sistem afiliasi CPA sejak 2009 dan sudah menjadi platform afiliasi no 1 di Jepang. Kunjungi website ACCESSTRADE Indonesia di www.accesstrade.co.id atau email ke info@accesstrade.co.id.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait