Manfaat WhatsApp Business untuk Bisnis Anda

WhatsApp Business

Sebagai salah satu chatting platform yang populer di Indonesia, WhatsApp merupakan salah satu alternatif untuk menambah profit bagi bisnis Anda. Namun, karena WhatsApp lebih bersifat personal, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakannya sebagai strategi bisnis Anda. Apa saja? Berikut adalah penjelasan tentang menggunakan WhatsApp untuk bisnis yang bisa Anda ikuti.

Sesuaikan dengan pelanggan dan target market Anda

Usia pelanggan Anda bisa jadi kunci cara dari penggunaan WhatsApp untuk bisnis. Bila pelanggan atau calon pelanggan Anda berusia muda atau di bawah 30 tahun, mereka akan lebih suka dihubungi dengan cara chatting. Apalagi mereka memang lebih memilih menggunakan WhatsApp untuk komunikasi.

Berbeda dengan mereka yang sudah berada di atas angka 40-an. Umumnya mereka lebih memilih menggunakan cara yang lebih konvensional. Dengan memanfaatkan behavior dari target market Anda ini, selanjutnya Anda bisa mengatur strategi pemasaran dengan WhatsApp untuk bisnis dengan lebih tersasar.

Gunakan fitur one to one chat

Menurut Nielsen's Facebook Messaging Survey, 67% dari pengguna aplikasi mobile messaging tidak masalah untuk menggunakan hal tersebut saat berkomunikasi dengan para pelaku bisnis dalam dua tahun terakhir. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk fitur one to one chat dengan para pelanggan. Apalagi, dari data tersebut juga terbukti 53% diantara para pengguna mobile messaging mengaku bahwa mereka lebih suka dengan bisnis yang memiliki fitur chat di WhatsApp.

Gunakan label untuk mengorganisir pelanggan

Anda yang menggunakan WhatsApp Business bisa memberikan label pada para pelanggan Anda agar lebih mudah dikenali. Label ini bisa diberikan juga untuk membedakan pelanggan lama, baru, dan juga pelanggan yang sering melakukan pembelian. Label ini biasanya terdiri dari pelanggan baru, orderan baru, pembayaran yang belum selesai, pembayaran yang sudah selesai dan pelanggan lama.

Manfaatkan statistik pesan dari WhatsApp Business

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafis yang tak susah untuk dimengerti. Hal-hal yang bisa Anda akses meliputi berapa persen dari pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Sehingga Anda bisa menggunakan strategi yang lebih baik ke depannya untuk melayani mereka dan mengoptimalkan engagement.

Otomatisasi untuk balasan yang efektif

Jangan lupa juga gunakan otomatisasi untuk pesan sapaan atau balasan dari para pelanggan. Anda bisa mengaturnya sendiri dengan WhatsApp Business. Beberapa pertanyaan pun bisa dibalas dengan cepat tanpa Anda harus mengetik dengan otomatisasi ini.


Inilah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat menggunakan WhatsApp untuk bisnis. Memang sebaiknya unduh aplikasi WhatsApp Business untuk memudahkan Anda dalam mengelola usaha yang dimiliki.

Selamat mencoba!

Sumber: WhatsApp