Memaksimalkan Fitur Follow Button pada Google Bisnisku Anda

Google follow button

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan hasil pencarian lengkap yang muncul ketika sedang mencari sebuah restoran di Google. Semisalnya alamat, peta, lokasi, foto, dan jam buka tempat yang Anda cari tersebut. Jika menggunakan komputer desktop, informasi ini biasanya berada di sisi kanan layar. Inilah yang dinamakan dengan Google Bisnisku.

Fitur ini penting bagi Anda yang memiliki bisnis karena dapat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Selain itu Google Bisnisku juga datang lengkap dengan fitur ulasan yang dapat membantu calon pelanggan membuat keputusan. Nah kini, hadir fitur baru dalam Google Bisnisku yakni Follow Button. Seperti apa fitur baru ini dan bagaimana cara kerjanya serta dampaknya bagi bisnis Anda? Berikut ulasannya.

Apa itu follow button?

Sebelumnya, fitur Follow Button tidak ada dalam layanan Google Bisnisku. Dengan semakin banyaknya pengguna yang menginginkan kemudahan, barulah muncul fitur ini. Fungsi dari fitur ini sendiri adalah untuk memudahkan pelanggan terhubung dengan tempat yang dituju langsung dari aplikasi Android. Tempat tersebut bisa jadi sebuah gedung, restoran, atau tempat menarik lainnya. Dengan Follow Button ini, pelanggan yang "follow" Anda akan mendapatkan informasi mengenai promo dan kegiatan apa saja yang sedang berjalan atau akan ada di bisnis Anda.

Follow Button ini berada di bawah deskripsi tempat, jam, dan rating bisnis di tampilan Google Bisnisku. Fitur ini pun masih dalam tahap pengembangan dan nantinya tombol ‘Follow’ ini berubah menjadi teks dengan warna kuning. Warna inilah yang menunjukkan kapan tempat bisnis Anda buka kepada para pengguna.

Bagaimana cara Follow Button bekerja?

Cara kerja Follow Button dalam Google Bisnisku pada prinsipnya sama dengan tombol follow di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Ketika Anda mengklik fitur tersebut, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan informasi secara otomatis setiap tempat bisnis tersebut menerbitkan konten, atau dalam kasus ini, Google Post.

Fitur Follow Button saat ini hanya tersedia di layanan Android. Namun, tidak menutup kemungkinan Google akan mengembangkannya untuk iOS. Bahkan, fitur ini akan dapat digunakan di berbagai negara dalam waktu mendatang. Namun untuk saat ini, fitur Follow Button hanya dapat digunakan di beberapa negara tertentu saja.

Dampak Follow Button pada bisnis Anda

Apabila kita melihat dari keunggulan fiturnya, jelas Follow Button dapat memberi dampak besar pada bisnis Anda, terutama bagi pemasaran sebuah brand atau produk bisnis Anda. Semakin banyak audiens yang mengeklik fitur ‘Follow Button’ tersebut, semakin besar pula kemungkinan brand Anda dikenal luas dan membuat konsumen tertarik.

Tidak hanya itu, konsumen juga akan merasa lebih nyaman dengan pelayanan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan Follow Button akan memudahkan para pelanggan mengakses serta mencari informasi secara cepat melalui aplikasi Android.

Memaksimalkan Follow Button

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memaksimalkan fitur Follow Button. Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, diantaranya membuat konten yang bernilai di Google Post untuk bisnis Anda. Semisalnya saja terkait produk baru, promosi, serta acara menarik lainnya yang akan diluncurkan perusahaan atau bisnis Anda. Informasi di Google Post ini akan sampai ke pelanggan dengan mudah jika mereka sudah "mengikuti" bisnis Anda.

Selanjutnya, tulislah deskripsi pendek untuk bisnis Anda yang mudah diingat. Pastikan deskripsi tersebut tidak lebih dari 300 kata agar pembaca tidak bosan. Jangan lupa juga untuk menyematkan CTA, dan gunakanlah gambar yang menarik serta menggambarkan karakter bisnis Anda. Setelah itu, Anda perlu membuat jadwal posting secara teratur, misalnya satu minggu tiga kali.


Itulah beberapa langkah untuk memaksimalkan fitur terbaru ‘Follow Button’ di ‘Google My Business’. Semoga bermanfaat!

Sumber: Search Engine Land, Engadget, Social Media Today