Memilih Antara Dua Calon Karyawan yang Berkualitas Sama

memilih kandidat

Banyak karyawan atau para rekruter akan menghadapi situasi di mana mereka harus memilih salah satu dari kandidat karyawan yang sama-sama memiliki potensi yang besar. Mungkin bagus memiliki dua kandidat karyawan yang sama berkualitas, tapi terkadang hal ini menjadi sebuah masalah yang sulit untuk perusahaan yang memiliki slot terbatas. Lalu bagaimana cara yang paling tepat atau efektif untuk memilih antara dua kandidat tersebut? Berikut penjelasannya.

Fokus pada keterampilan khusus

Ketika dihadapkan dengan situasi semacam ini, cobalah untuk kembali melihat deskripsi pekerjaan dan kembali fokus pada dua atau tiga keterampilan khusus yang paling dibutuhkan perusahaan Anda. Pertimbangkan pula keberadaannya dengan kondisi kekuatan dan kelemahan internal bisnis Anda, dan peluang serta ancaman yang akan dihadapi oleh tim Anda nanti. Meskipun kandidat tersebut sama-sama berkualitas, tentu setiap kandidat memiliki keseimbangan keterampilan yang berbeda. Jika dilihat lebih dekat, maka salah satu kandidat tersebut mungkin akan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda dibandingkan yang lainnya.

Pertimbangkan kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan Anda

Cara ini merupakan pertimbangan yang penting bagi sebuah perusahaan dan situasi dalam proses perekrutan. Anda bisa melihat dan memilih kandidat Anda dengan menyesuaikan dengan budaya yang ada di perusahaan Anda. Saat sedang merekrut, para calon kandidat bisa Anda kenalkan terlebih dahulu ke tim Anda sebelum Anda menerimanya. Cara ini bisa Anda lakukan pada saat interview, melalui cara ini pula Anda bisa mendapatkan sedikit pendapat dari tim Anda yang lain. Berhasil mendapatkan kandidat yang juga bisa berbaur dengan budaya kantor dan tim Anda tentu akan menjadi suatu hal yang sangat berharga.

Menilai dari minat dan antusiasme kandidat

Setelah Anda mewawancarai kedua kandidat, lihatlah kembali apakah dari pertemuan tersebut orang mana yang paling terlibat dalam prosesnya? Siapa yang paling banyak mengajukan pertanyaan kepada Anda? Dan yang terpenting, bagaimana firasat Anda tentang individu mana yang paling ingin mendapatkan posisi tersebut? Saat Anda merenungkan hal-hal ini, Anda pun akan bisa mengidentifikasi kandidat mana yang lebih tertarik dan antusias terhadap tawaran pekerjaan perusahaan Anda. Terkadang dari hal seperti ketertarikan dan antusiasme, Anda bisa menemukan jawabannya.

Nilai kandidat dalam suasana santai

Poin ini merupakan kesempatan sempurna yang bisa Anda gunakan untuk memutuskan kandidat mana yang paling tepat. Undanglah kedua kandidat dalam suasana santai di mana mereka bisa menjadi diri mereka sendiri terlepas dari proses penilaian formal yang ditetapkan oleh perusahaan Anda. Dari hal ini, Anda mungkin melihat dan menilai lebih dekat tentang sudut pandang, kekuatan/kelemahan lain, dan hal lainnya yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan penilaian Anda.

Lakukan penilaian dari sisi jangka panjangnya

Menerima seorang karyawan memang menjadi salah satu kebutuhan mendesak bagi perusahaan. Namun, jangan sampai kondisi mendesak seperti ini membuat Anda mengabaikan masa depan perusahaan Anda. Saat dihadapi dengan dua kandidat, lihatlah kandidat mana yang lolos dan melampaui persyaratan untuk posisi tersebut. Periksalah potensi masing-masing kandidat untuk tumbuh di perusahaan Anda dari waktu ke waktu. Misalnya, apakah potensi kepemimpinan seorang kandidat lebih menonjol daripada yang lain? Atau apakah salah satu kandidat memiliki pengetahuan atau keterampilan di bidang yang tidak penting untuk pekerjaan yang ada tapi tetap saja memberi nilai tambah bagi bisnis Anda?


Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih 2 kandidat karyawan potensial dalam satu waktu. Semoga berhasil pada keputusan perekrutan Anda selanjutnya!

Sumber: Recruiter, themuse