Mengapa Toko Anda perlu Memiliki Online Shop

Offline Shop to Online

Apakah Anda pemilik toko offline dan berfikir untuk memulai berjualan online? Jika Anda saat ini belum yakin, beberapa alasan berikut akan membantu meyakinkan Anda:

1. Toko tidak buka 24/7
Pada umumnya toko offline buka dari jam 9 pagi hingga 8 malam. Anda akan kehilangan pembeli yang ingin berbelanja diluar jam buka tersebut. Tentunya Anda bisa menambah jam buka tersebut, tetapi biaya yang harus dikeluarkan juga akan meningkat, seperti gaji pegawai, listrik & air.
Toko online akan membuat toko Anda buka selama 24 jam.

2. Lokasi toko tidak terjangkau oleh semua pembeli
Pada umumnya pemilik bisnis, terutama toko offline, akan sangat memprioritaskan lokasi berjualan. Bahkan kesuksesan sebuah bisnis, sering kali ditentukan oleh lokasi strategis dari bisnis tersebut. Hanya saja lokasi strategis tersebut terbatas dan belum tentu lokasi strategis akan menjangkau semua target market Anda.
Dengan membuka toko online, pembeli dari manapun akan memiliki akses yang sama. Sehingga Anda tidak hanya akan berjualan ke pembeli di sekitar Anda.

3. Space terbatas
Selain lokasi yang strategis, jumlah space yang tersedia di dalam toko tidak kalah penting. Karena hal tersebut menentukan pilihan produk di toko Anda, dan juga display produk-produk tersebut. Tentunya space yang Anda miliki hanya terbatas pada luas dari toko Anda.
Dengan memiliki toko online, pilihan produk yang ingin Anda tawarkan menjadi tak terbatas. Anda hanya perlu memastikan pembeli merasa nyaman ketika mencari produk-produk tersebut, dengan foto produk & deskripsi yang jelas.

4. Profit hanya terbatas pada 1 channel
Memiliki toko offline adalah salah satu dari channel berjualan yang Anda bisa gunakan. Dengan hanya memilih satu channel saja, tentunya Anda akan melewatkan profit yang bisa didapat dari channel yang lain.
Anda bisa memperluas jangkauan bisnis Anda dengan memiliki toko online. Seperti yang telah dijelaskan di poin 2 & 3, toko online akan memperluas jangkauan target market & memperbanyak pilihan produk Anda. Dan akhirnya akan meningkatkan profit dari bisnis Anda.

5. Media promosi yang terbatas
Seberapa bagusnya produk yang Anda jual, review yang diberikan oleh penjual akan terkesan subjective. Karena penjual tidak akan menjelekkan produk nya sendiri.
Hal tersebut membuat toko online memberikan keuntungan untuk toko offline Anda. Salah satu keunggulan toko online adalah Anda bisa mendapatkan review & testimoni dari pembeli-pembeli Anda. Review & testimoni yang bagus akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap barang & toko Anda.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait