Mengapa Website Ecommerce Perlu Menggunakan Payment Gateway

Online Payment Gateway

Industri ecommerce di Indonesia tahun 2015 diprediksi akan mencapai 15 billion USD. Kesadaran konsumen akan kemudahan & kenyamanan yang didapat melalui belanja secara online juga memberikan kontribusi besar terhadap meningkatnya jumlah transaksi online yang terjadi. Disinilah peran payment gateway sebagai pemroses transaksi online menjadi sangatlah penting. Jika saat ini Anda berbisnis online, artikel ini mungkin akan membantu Anda memahami benefit yang akan didapat ketika menggunakan jasa payment gateway.

Untuk melakukan transaksi jual beli barang di website ecommerce, Anda memerlukan kemampuan untuk menerima pembayaran secara online. Kebanyakan pemilik toko online tidak memiliki teknologi & budget untuk menangani pembayaran online sendiri.
Jika Anda tidak bisa menerima pembayaran online, kemungkinan Anda akan kehilangan penjualan. Di sinilah peran payment gateway dapat membantu Anda untuk memproses pembayaran secara online.

Semua online transaksi akan diproses oleh payment gateway dengan teknologi yang muthakir. Teknologi tersebut memungkinkan Anda menerima pembayaran melalui kartu kredit, direct debit (BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks & e-Pay BRI), e-wallet (t-cash & XL Tunai) & Bank transfer. Hal yang terpenting adalah payment gateway memastikan transaksi online aman sehingga kerahasiaan data & informasi customer terjaga. Di samping itu, payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.

Payment gateway biasa juga dilengkapi dengan dashboard yang membantu Anda dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail customer, void & refund transaksi. Khusus untuk transaksi menggunakan kartu kredit, payment gateway memiliki teknologi fraud detection untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko Anda.

Salah satu hal terpenting, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang service, adalah customer support. Dengan kemudahan berbelanja online yang bisa dilakukan kapan saja, jika terjadi masalah, payment gateway harus dengan cepat memberikan support untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Kesimpulannya memiliki payment gateway yang dapat dipercaya untuk memproses transaksi Anda, akan meningkatkan penjualan & efisiensi dalam bisnis online Anda.

Sumber : SME-Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait