Mengenal 7 Cara Pembayaran Online yang Ada di Indonesia

cara pembayaran online

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat urusan masyarakat semakin termudahkan, termasuk dalam urusan jual beli. Kini, Anda tidak perlu lagi datang ke pusat perbelanjaan, tetapi cukup dengan bermodal gadget dan internet, kita bisa memesan produk yang kita inginkan. Istilahnya: belanja online. Nah, bagi Anda yang belum pernah berbelanja online dan ingin mencoba sensasi belanja model ini, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis metode pembayaran online yang berlaku di Indonesia. Bagi Anda pemilik toko online, berbagai metode pembayaran online baik untuk diketahui—apa saja kelebihan dan kekurangannya—agar Anda bisa mempertimbangkan apakah akan menyediakan atau mengabaikan metode pembayaran online jenis tertentu.

1. Kartu Kredit

Hampir semua toko online besar menyediakan cara pembayaran jenis ini. Toko-toko online besar seperti Lazada, matahari mall, dan elevenia menyediakan opsi kartu kredit bagi pembeli yang ingin membeli produk-produk yang dijual oleh mereka.

Kelebihan berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu melakukan konfirmasi karena pembayaran yang Anda akan terverifikasi secara otomatis sehingga pesanan akan lebih cepat diproses oleh penjual. Selain itu, kartu kredit menawarkan fitur pembayaran tambahan seperti cicilan yang sangat menarik untuk pembelian dengan harga cukup besar.

Kekurangannya, pengguna kartu kredit Indonesia masih sedikit sehingga menyulitkan siapa saja yang tidak memiliki kartu kredit untuk melakukan pembayaran dalam belanja online. Jika Anda pemilik toko online, pastikan Anda menyediakan opsi kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran, tetapi jangan menjadikannya sebagai satu-satunya metode karena itu akan memperkecil kemungkinan terjadinya transaksi pada toko online Anda.

2. Transfer ATM

Hampir bisa dipastikan semua toko online di Indonesia menyediakan metode pembayaran jenis ini. Pasalnya, metode pembayaran ini mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, hanya dengan memiliki rekening bank. Walaupun step pembayaran cukup banyak, metode pembayaran ini sangat populer di Indonesia.

Adapun kekurangannya, pembeli yang bertransaksi dengan menggunakan metode pembayaran ini harus melakukan konfirmasi kepada penjual atau kepada toko online tempat ia membeli barang bahwa ia sudah melakukan pengiriman uang. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi kesalahpahaman & penipuan yang terjadi di toko online. Selain itu kesalahan juga sering terjadi ketika penjual harus mencocokan konfirmasi tersebut secara manual. Kekurangan lainnya, transfer antar beda bank mengharuskan pembeli mengeluarkan sejumlah uang tambahan untuk keperluan administrasi.

Jika Anda pemilik toko online, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menyediakan beberapa nomor rekening bank agar para pembeli yang memiliki rekening bank yang berbeda-beda itu, bisa bertransaksi di toko online Anda tanpa khawatir harus membayar biaya administrasi transfer antar beda bank. Solusi lainnya adalah menggunakan jasa payment gateway, sehingga Anda tidak perlu melakukan rekonsiliasi manual melalui metode virtual account.

3. Mandiri ClickPay

Mandiri ClickPay adalah layanan dari bank Mandiri yang dapat membantu pengguna Mandiri Debit dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian melalui situs-situs yang telah bekerja sama dengan bank Mandiri. Ada banyak toko online yang sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan menyediakan metode pembayaran jenis ini, di antaranya ialah Tokopedia & Blibli.

Kelebihan metode pembayaran jenis ini ialah pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi kepada penjual karena verifikasi telah dilakukan secara otomatis. Kekurangannya, hanya pengguna Bank Mandiri saja yang bisa menggunakan metode pembayaran jenis ini. Apabila Anda memiliki toko online, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menyediakan opsi metode pembayaran ini untuk memudahkan pelanggan Anda yang berasal dari kalangan pemiliki nomor rekening Mandiri, tetapi Anda tidak boleh hanya menjadikan Mandiri Clickpay sebagai satu-satunya metode pembayaran di toko online Anda.

Selain Mandiri Clickpay, ada lagi metode pembayaran sejenis bernama CIMB Clicks & BCA Klikpay. Bedanya, kalau yang pertama merupakan layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri, maka yang kedua ini merupakan layanan yang disediakan oleh CIMB & BCA.

4. Mandiri E-Cash

Mandiri E-Cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di handphone, atau yang dapat disebut sebagai uang tunai di handphone.

Kelebihan metode ini ialah memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus mempunyai rekening di Bank. Jadi, siapa pun yang tidak memiliki rekening di Bank Mandiri, tetap bisa bertransaksi dengan metode pembayaran ini. Kekurangan metode pembayaran ini adalah limit saldo rekening yang sangat terbatas, sehingga metode pembayaran ini terbatas untuk transaksi yang kecil.

Bagi Anda pemilik toko online, Mandiri E-Cash bisa Anda sediakan untuk mengantisipasi pembeli yang tidak memiliki rekening Bank Mandiri atau pun rekening di bank lainnya, tetapi tetap ingin bertransaksi di toko online Anda. Selain Mandiri e-cash, ada metode pembayaran sejenis yang dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi yaitu Telkomsel T-cash, XL Tunai, & Indosat Dompetku.

5. Indomaret

Beberapa toko online menyediakan metode pembayaran jenis ini, salah satunya Tokopedia dan BoltSuper4g. Metode pembayaran jenis ini sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang ingin bertransaksi online, tetapi belum punya rekening bank. Bila Anda menjadikan Indomaret sebagai salah satu opsi metode pembayaran di toko online Anda, maka pembeli yang belum punya rekening bank bisa langsung datang ke gerai Indomaret terdekat dan melakukan pembayaran di sana.

Kelebihan metode pembayaran jenis ini ialah sangat memudahkan mereka yang tidak memiliki rekening bank untuk bertransaksi online. Apalagi mengingat gerai-gerai Indomaret yang mudah ditemui terutama di kota-kota besar. Adapun kekurangannya, pembeli harus datang ke gerai Indomaret terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran atas transaksi online yang telah dilakukan.

6. Bayar di Tempat

Cara pembayaran di tempat yang juga dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) ini adalah salah satu cara pembayaran terfavorit. Sebab, cara pembayaran ini sangat memudahkan bagi pembeli yang tidak memiliki fasilitas internet banking atau mobile banking sekaligus merasa malas jika harus datang ke bank atau ATM terdekat. Adapun kekurangannya, bagi Anda pemilik toko online, Anda hanya menerima uang setelah barang pesanan sampai ke tangan pelanggan, itu pun jika pelanggan jadi membeli produk. Ditambah lagi resiko yang cukup tinggi karena kurir harus membawa uang hasil pembayaran.

7. Paypal

Paypal adalah cara perorangan dan bisnis mengirim dan menerima uang online. Kelebihannya, pihak pembeli yang menggunakan Paypal untuk melakukan belanja online bisa mengirimkan komplain kepada pihak Paypal dalam waktu 45 hari jika barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh si penjual. Jika si pembeli yang tidak puas bisa membuktikan bahwa si penjual melakukan penipuan (fraud) maka si pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya.

Selain melindungi pembeli, Paypal juga melindungi penjual dari permintaan pengembalian uang atau komplain bohong dari si pembeli yang berniat buruk. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu dari pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi.

Paypal banyak digunakan untuk menerima pembayaran tidak dalam mata uang rupiah. Kekurangan Paypal adalah, Paypal tidak memiliki kantor perwakilan di Indonesia, sehingga jika terjadi chargeback penyelesaian masalah mengikuti aturan Paypal.

Demikian tujuh cara pembayaran online yang berlaku di Indonesia. Tentunya, daftar ini akan semakin bertambah seiring majunya perkembangan teknologi. Harapan kita, semoga perkembangan-perkembangan tersebut semakin memajukan dunia eCommerce di Indonesia sehingga belanja online semakin mudah!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait