Mengenal Google Invalid Clicks dan Cara Mencegahnya

Google AdWords

Invalid clicks adalah berbagai klik atau impresi yang dinilai “curang” oleh Google. Umumnya, aktivitas yang termasuk dalam invalid clicks adalah clicks atau impresi yang dilakukan oleh advertiser, dengan meng-klik iklannya sendiri, clicks atau impresi yang di-klik berulang kali oleh satu atau lebih pengguna, advertiser “mengajak” untuk meng-klik iklan mereka, dan clicks yang berasal dari perangkat otomatis, robots, atau penggunaan software lainnya.

Jadi, pada dasarnya, clicks pada Google Ads harus berasal dari ketertarikan alami pengguna. Metode apapun yang bisa meningkatkan clicks atau impresi benar-benar tidak boleh dilakukan. Apabila terdapat aktivitas invalid dengan level tinggi yang terdeteksi pada iklan Anda, Google Ads bisa menurunkan iklan atau bahkan menonaktifkan akun yang Anda gunakan. Google Ads memiliki sistem yang mampu mendeteksi hal tersebut, jadi Anda tidak akan bisa melakukan kecurangan apapun.

Bagaimana cara mengetahui Invalid Clicks di Google AdWords?

Pada banyak kasus, Google secara otomatis akan men-filter invalid clicks sebelum clicks tersebut terdeteksi akun Anda. Jadi, Anda tidak akan melihat aktivitas invalid clicks pada kolom “Clicks” atau tercatat sebagai aktivitas clicks di history transaksi. Jika Google menemukan invalid clicks setelah clicks tercatat pada akun Anda, Anda akan menemukannya pada history transaksi.

Gunakan data invalid clicks sebagai sebuah metric untuk memonitor tren pada performa akun Anda. Invalid clicks dapat terjadi karena beragam hal, seperti automated robots dan aktivitas mencurigakan, misalnya kompetitor Anda sedang mencoba untuk “menghabiskan” budget harian Anda. Kabar baiknya, Google memiliki sistem yang sangat bagus dalam menangkap adanya error, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

google invalid clicks

Untuk mencari tahu adanya invalid clicks pada Google Ads, Anda bisa sign in ke akun AdWords Anda. Setelah itu, klik tab “Campaigns”, masuk ke menu “Columns”, dan pilih “Customize Columns” dari dropdown yang muncul. Begitu window baru muncul, segera klik “Perfomance” pada menu, pilih “Add” untuk menambahkan metric invalid clicks pada kolum. Invalid clicks akan segera muncul di bagian bawah kolom sebelah kanan. Drag dan letakkan kotak invalid clicks untuk melakukan reorder pada kolom agar Anda lebih mudah melacaknya. Lalu, Anda bisa scroll down dan memilih “Apply”.

Bagaimana cara mencegahnya?

Sebenarnya, Google sudah memiliki spesialis untuk memonitor clicks dan impresi pada Google Ads demi melindungi Anda sebagai pengguna. Mereka menggunakan sistem terotomatisasi dan review dari pengguna, menganalisis seluruh clicks dan impresi untuk mencari adanya aktivitas invalid clicks yang bisa saja meningkatkan biaya advertiser atau pendapatan advertiser.

Google menggunakan teknologi tertentu untuk menganalisis clicks dan impresi demi bisa menentukan apakah seluruh clicks dan impresi tersebut sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Filter yang digunakan mampu membedakan mana aktivitas yang muncul melalui penggunaan normal dan aktivitas yang bisa memberi risiko tertentu bagi advertiser mereka. Sistem Google memungkinkan mereka untuk mem-filter clicks dan impresi yang paling invalid, sehingga advertiser tidak perlu membayar adanya aktivitas-aktivitas tersebut.

Untuk mencegah terjadinya invalid clicks pada akun Anda, pastikan bahwa implementasi dari ads Anda sudah sejalan atau sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Google. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda tidak pernah membayar untuk traffic yang berasal dari sumber yang kurang kredibel.

Mengingat bahwa 90% keuntungan Google datang dari advertising, sudah sewajarnya jika Google memberikan proteksi ketat terhadap adanya invalid clicks. Baru-baru ini, Google bahkan meluncurkan Ad Traffic Quality Resource Center bagi pada advertiser dan publisher untuk meminimalisir terjadinya invalid clicks.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Google Support, Servisers Web, Google Support

Join Us

Artikel - Artikel Terkait