Mengenal Pemasaran Dropship Serta Prospeknya untuk Bisnis Online di Indonesia

drophip Indonesia supplier

Bisnis online di Indonesia yang semakin meriah & telah membuat munculnya beberapa fenomena baru. Keuntungan besar yang bisa diperoleh dari bisnis yang berbasis internet ini memang menjadikan banyak orang tertarik untuk menjajalnya. Sekarang pemain dalam bisnis online ini pun tidak hanya terbatas pada kalangan besar, namun juga dari masyarakat biasa pun ikut memeriahkannya. Ya, fenomena munculnya penjualan dropship (dropshipper) yang dilakoni kalangan masyarakat biasa telah membuktikan kenyataan bahwa bisnis online sangat diminati banyak orang.

Apa itu Dropship dan Dropshipper?

Dropship adalah sistem pemasaran dan penjualan produk secara online dengan konsep reseller yang tidak mengharuskan orang tersebut membeli produk dari supplier. Dropshipper adalah seorang agen yang menjual kembali produk supplier tanpa harus membeli produk dari suppliernya tersebut. Dropshipper akan menjalin kerjasama dengan pihak supplier atau distributor dan bertugas mencari konsumen sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan stock barang dan pengiriman barang.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Dari sini maka tidak bisa dipungkiri jika kemudian banyak orang yang ingin menjadi dropshipper karena berbagai kelebihannya. Ya, dengan menjadi dropshipper, seseorang akan banyak diuntungkan karena mereka tidak dianjurkan membeli produk dengan kata lain dropshipper hanya membutuhkan modal minim bahkan bisa jadi tanpa modal untuk menjalankan bisnis online. Keadaan ini tentu berkebalikan jika Anda memutuskan untuk menjadi reseller yang mengharuskan anda membeli produk dari supplier dengan modal yang cukup besar.

Sebagai supplier atau distributor, Anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan saat Anda memanfaatkan jasa dropshipper. Selain produk yang akan lebih cepat dan mudah terdistribusi, dengan sistem penjualan dropship, Supplier juga akan mendapatkan bantuan promosi yang lebih luas dari para dropshipper yang membantu mempromosikan produk Anda. Namun agar Anda bisa sukses dalam sistem dropship ini, Anda sebagai supplier berkewajiban untuk menjaga komunikasi dengan para dropshipper dengan baik dan efektif.

Kelemahan Sistem Dropshipper

Meski terlihat sangat nyaman, namun menjalankan bisnis online dengan sistem dropshipper tak semudah itu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang dropshipper untuk bisa sukses. Sistem dropshipper memang juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diatasi untuk menjadikannya sukses. Contohnya tidak adanya informasi jelas dan kendali pada status stock barang, pertaruhan nama baik yang besar terhadap konsumen serta diskon harga barang yang tidak sebesar reseller yang melakukan stock sendiri.

Prospek dan Pengaruh Penjualan Dropship Pada Bisnis Online Indonesia

Penjualan Dropship memang sedikti banyak telah mewarnai dunia bisnis online di Indonesia. Meskipun perkembangan dan pertumbuhan bisnis online Indonesia belum sepopuler China atau Amerkika, namun bukan tidak mungkin pergerakan usaha online yang berawal dari bawah melalui sistem dropship ini akan menjadi tonggak dan landasan bisnis online di Indonesia untuk lebih baik lagi. Meningkatnya jumlah dropshipper di negeri ini jelas menandakan bahwa prospek pemasaran dropship masih sangat terbuka dan cerah.

Keterlibatan pemerintah dalam dunia bisnis online (e-commerce) baru-baru ini dengan pembuatan roadmap dan segala hal terkait tentu saja juga menjadi bukti bahwa bisnis online tak bisa dianggap sepele. Tentu saja situasi ini tidak bisa juga dilepaskan dari keberadaan penjualan dropship dan dropshipper yang ikut terlibat dan berkontribusi membangun bisnis online di Indonesia.

Tips Sukses Menjalankan Pemasaran Dropship Bagi Dropshipper

Bagi dropshipper berikut adalah beberapa tips sukses untuk menjalankan pemasaran dropship :

  1. Selalu Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Distributor
    Karena Anda akan banyak berinteraksi jarak jauh dengan distributor, maka Anda harus mampu melakukan komunikasi sebaik mungkin dengan supplier atau distributor Anda. Hindari miss komunikasi yang bisa saja membuat usaha Anda akan hancur.

  2. Jalankan Marketing Dengan Sebaik-baiknya
    Ya, menjalanakan penjualan dropship tidak memululu soal keaktifan Anda di media online. Untuk jadi lebih sukses, kenapa Anda tak lakukan jemput bola dengan menemui langsung para calon customer Anda? tak ada yang salah kan untuk dicoba.

  3. Cari Distributor Yang Tepat
    Tidak semua supplier atau distributor bisa jadi mitra kejasama yang nyaman bagi Anda dalam pemasaran dropship. Maka dari itu carilah distributor yang tepat dan memiliki reputasi baik untuk bisa mendukung kesuksesan usaha dropship Anda.

  4. Pastikan Kepuasan Berbelanja Konsumen Anda
    Terakhir, untuk bisa sukses menjalankan dropship, Anda harus bisa memberikan kepuasan pada konsumen Anda. Jika Anda bisa selalu memuaskan konsumen, maka mereka akan terus membeli pada Anda dan menjadi pelanggan setia Anda.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait