Menggunakan Penawaran Untuk Mendorong Revenue dan Customer Loyalty

cara meningkatkan revenue

Penawaran (offers) adalah trik yang baik untuk mengakuisisi pelanggan serta meningkatkan pendapatan dan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan loyal. Namun penawaran tak selamanya baik, ada pun pro dan kontra dari penawaran yang diberikan oleh toko online :

  • PRO : Pelaksanaannya mudah dan cepat, mudah dilacak, meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan pembelian.
  • KONTRA : Menurunkan margin, keuntungan dan memungkinkan penurunan kredibilitas brand. Selain, itu ada kekhawatiran pembelian akan menurun pada masa tanpa penawaran.

Jika Anda ingin menempatkan brand Anda dalam golongan kelas atas, atau jika perusahaan Anda memiliki margin yang tipis, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memberikan potongan harga pada pelanggan tertentu saja (loyal customer) dibandingkan dengan memberikan penawaran mingguan pada online store Anda. Di sisi lain, jika margin Anda baik, memberikan potongan harga besar-besaran dan penjulan harian (atau mingguan) adalah cara yang baik untuk mencapai goal perusahaan Anda.


Apa saja jenis penawaran yang bisa Anda terapkan?

Percentage Offers

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan. Misalnya, diskon kecil sebesar 5-10%, diskon sebesar 20-25% untuk mendorong penjualan. Atau diskon sebesar 50% yang biasa digunakan untuk menjual barang-barang yang sudah lama atau kurang laku.

Dollar Value Discount

Contoh, sebuah toko online mengumumkan ‘$30 off if you buy 5’, sedangkan harga satuannya adalah $15. Teknik ini membuat pelanggan merasa mereka bisa menghemat uang mereka jika membeli produk yang Anda cantumkan. Teknik ini disebut-sebut lebih powerful dibandingkan dengan percentage offers.

Free Shipping

Tingginya biaya pengiriman adalah salah satu hal yang menyebabkan pelanggan urung berbelanja. Menawarkan pengiriman gratis adalah trik yang baik untuk mengatasi hal ini. Biasanya, penawaran free shipping digunakan berbarengan dengan minimum order untuk menigkatkan average order value. Dengan begitu, keduanya akan saling menutupi dan Anda tetap dapat untung.

Free Gift

Memberikan free gift dengan pembelian tertentu, bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Jika diiringi dengan strategi yang tepat, selain bisa meningkatkan order, juga bisa membantu menjual barang yang sudah lama (atau tidak laku).


Kapan dan bagaimana sebaiknya penawaran ini diberlakukan? Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan :

Setiap minggu atau bulan

Teknik ini untuk mencapai target bulanan. Biasanya dilakukan di pertengahan atau akhir bulan.

Prelaunch

Contoh, pada masa prelaunch, Anda memberikan diskon pada subscriber yang me-share newsletter yang Anda kirim. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah subscriber dan traffic ke situs Anda.

Abandon Cart Offers

Biasanya, subscriber meninggalkan begitu saja cart-nya. Nah, untuk menarik minatnya agar kembali, segera kirimkan email berisi penawaran diskon.

Newsletter Subscription Offers

Intinya, berikan penawaran pada setiap subscriber baru. Trik ini juga mampu untuk meningkatkan data pelanggan dan membesarkan kesempatan pembelian.

Offers pada social media

Bisa dengan mengajak pelanggan memberikan ‘like’, ‘follow’ atau ‘share’ pada online store Anda. Manfaatnya? Tentu saja supaya brand, produk atau toko online Anda semakin dikenal.

Offers untuk loyal customer

Sesuai dengan namanya, penawaran diberikan pada pelanggan setia toko online Anda. Penawaran khusus ini dirasa mampu memperkuat ikatan antara Anda dan pelanggan.


Perlu Anda ingat, memberikan penawaran-penawaran pada online store bukanlah sesuatu yang mudah dan hanya asal dapat pelanggan (atau untung saja). Semuanya, termasuk mengetahui jenis penawaran yang akan Anda tawarkan, mestilah melalui pertimbangan yang panjang. Dan sudah pasti ini, hal ini melalui proses pembelajaran yang panjang pula.

Selamat mencoba!

Sumber : Shopify

Join Us

Artikel - Artikel Terkait