Menggunakan Studi Psikologi untuk Mengoptimalkan Halaman Produk Anda

Champion

Halaman produk adalah salah satu halaman yang paling penting di website ecommerce Anda. Seperti halnya ketika Anda membuka toko offline, halaman produk adalah bagaimana Anda menampilkan produk-produk Anda. Bedanya, ketika berbelanja secara online, customer dapat membandingkan jenis, harga, warna barang dengan lebih mudah.

Ada beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan ketika mendesign halaman produk Anda. Apakah Anda menggabungkan produk-produk berdasarkan tipe, harga, warna atau ukuran? Ataukah Anda mulai dari produk-produk yang paling banyak dibeli? Dan bagaimana Anda memastikan pembeli memilih produk yang terbaik?

Arahkan customer ke bagian tengah

Studi menunjukan bahwa mata consumer tertuju ke bagian tengah dari daftar pilihan produk. Ini terjadi baik produk ditampilkan secara horizontal maupun vertical. Karena kecenderungan consumer menuju ke tengah, mereka juga berasumsi bahwa produk-produk yang diletakkan di tengah adalah yang paling populer.

Gunakan Studi Anda untuk Meningkatkan Penjualan

Setelah mengetahui bahwa pembeli cenderung memilih produk yang ditampilkan di tengah, jadi bagaimana Anda menggunakan hasil studi tersebut di website ecommerce Anda? Tentunya Anda bisa meletakkan produk dengan profit margin paling tinggi di tengah. Jika Anda menawarkan 3 produk yang mirip, dengan size yang berbeda, layout yang linear akan lebih baik.

Hal tersebut biasa diterapkan untuk produk-produk yang memiliki kemiripan. Sebagai contoh, jika Anda sedang ingin membeli apel, Anda akan membandingkan apel yang satu dengan yang lain, dan kebanyakan Anda akan mengambil apel yang ada di tengah.

Membeli untuk orang lain

Ketika memilih sebuah barang untuk diri kita sendiri, biasanya kita akan melakukan riset secara dalam sebelum melakukan pembelian. Tetapi dengan mindset produk yang di tengah adalah yang paling populer, consumer akan memilih barang yang di tengah ketika membeli barang untuk pemberian kepada orang lain.

Melalui informasi di atas, Anda dapat mulai menyusun produk-produk yang Anda jual terutama produk dengan margin tinggi di tengah-tengah halaman.

Sumber: Hubspot

Join Us

Artikel - Artikel Terkait