Tingkatkan Pengalaman Unboxing Pelanggan Anda

unboxing paket belanja online

Salah satu perbedaan belanja online dengan offline adalah pengalaman ketika produk dikirim hingga Anda terima. Biasanya Anda akan begitu ‘bersemangat’ saat menunggu paket Anda tiba. Ketika paket tersebut sampai dan Anda hanya menerima paket dengan plastik atau kotak yang lusuh, apa yang ada dalam pikiran Anda?

Jika Anda sedang berbisnis online dengan berjualan online, tentunya Anda ingin menciptakan pengalaman terbaik bagi pembeli Anda. Untuk itu, mari sedikit kita ulas mengenai Branded packing experience. Branded packing experience mencakup pemilihan materi kemasan, pengiriman, & presentasi produk Anda. Brand packing bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi bisnis online Anda, memberikan kesan, dan juga pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Bagi pemilik online shop, mulailah mempelajari pentingnya sebuah pengalaman unboxing bagi pelanggan Anda. Jadikan pengalaman unboxing ini membuat pelanggan Anda merasa sedang membuka hadiah yang sudah lama dinantinya. Berikut adalah beberapa contoh elemen yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik packaging dan meningkatkan pengalaman unboxing bagi pelanggan Anda.

Kotak

Kotak atau box adalah elemen terpenting dalam suatu pengiriman produk. Lupakan box yang ‘umum’, apalagi box bekas. Cobalah untuk menggunakan custom box. Selanjutnya, pilihlah box yang mampu menjaga keamanan produk yang ada di dalamnya. Ke dua, buatlah box semenarik mungkin, hal ini bisa meningkatkan ‘wow experience’ ketika pelanggan menerimanya.

Berikan warna dan design pada box yang merepresentasikan brand, prouk dan store Anda. Anda bisa mencantumkan nama brand, logo dan informasi lainnya pada box tersebut. Dengan begini, box Anda akan mendapatkan ‘second life’ atau bisa digunakan kembali. Misalnya, box pengiriman mainan anak, bisa dimanfaatkan kembali untuk menyimpan sepatu. Setiap kali pelanggan Anda melihat dan menyentuh kotak ini, mereka akan selalu melihat kembali brand dan store Anda. Anggaplah ini sebagai ‘iklan gratis’.

Dengan kotak yang menarik, produk Anda dapat digunakan sebagai hadiah. Pelanggan Anda akan merasa tak perlu repot lagi membeli barang dan membungkusnya. Kotak yang menarik, juga bisa meningkatkan daya jual. Tentu saja, penggunaan custom box akan diikuti dengan biaya produksi yang lebih tinggi.

Sebagai catatan tambahan, ada baiknya membungkus kembali box dengan plastik, untuk menghindari kotak dan isinya basah.

Kertas tisu

Sebelum memasukkan produk dalam kotak, bungkuslah dengan kertas tisu, pilihlah warna yang sesuai. Pertama, kertas tisu bisa menjaga produk agar tetap bersih. Ke dua, kertas tisu akan mempercantik packaging dan membuatnya terlihat lebih berkelas. Ke tiga, penggunaan kertas tisu bisa meningkatkan efek penasaran pelanggan akan produk di dalamnya.

Filler

Filler pada umumnya berfungsi untuk menahan benturan dan menjaga produk pada bentuk awalnya. Ada beberapa jenis filler yang biasa digunakan, misalnya styrofoam, busa atau bubble wrap. Untuk tampilan yang lebih menarik, Anda bisa menggantinya dengan guntingan kertas tisu yang berwarna-warni. Pemilihan jenis filler tentunya disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim.

Sticker

Jika Anda menggunakan kertas tisu, Anda bisa menggunakan sticker bergambar brand Anda sebagai perekatnya. Menempelkan sticker pada box juga bisa menjadi alternatif, jika Anda rasa menggunakan custom box terlalu membutuhkan banyak biaya.

Pita

Selain untuk mempermanis tampilan, pita bermanfaat untuk menjaga supaya barang yang Anda kirim, tidak berantakan. Penggunaan pita juga akan sangat bermanfaat sekiranya produk yang Anda kirimkan ini akan dijadikan kado.

Custom note

Isi dari custom note ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan isi dari welcome email yang biasa Anda terima. Intinya ialah ucapan terimakasih karena pelanggan telah memilih produk Anda. Custom note juga meningkatkan personal touch bagi pelanggan.

Materi promosi

Ada banyak benda yang bisa Anda gunakan sebagai materi promosi. Misalnya, jika online store Anda menjual buku, Anda bisa membuat pembatas buku dengan logo brand Anda. Masukkan dalam tiap pengiriman. Materi promosi seperti ini juga bisa menjadi hadiah untuk pelanggan. Siapa yang tak suka diberi hadiah? Lagi pula, hal ini lebih bermanfaat daripada memberikan brosur.

Happy customer will always get back to you dan mereka akan dengan senang hati merekomendasikan produk dan store Anda pada orang-orang di sekitarnya. Untuk mencari inspirasi mengenai unboxing experience dan packaging yang menarik, Anda bisa search di internet.

Ditulis oleh: Stephanie
Sumber: Shopify, Brainsins

Join Us

Artikel - Artikel Terkait