Midtrans 101 - Flow of eCommerce

flow of ecommerce

Pada tanggal 31 Januari 2018 kemarin, Midtrans mengadakan “Midtrans 101” di NOSH Kitchen, Citiwalk Sudirman. Midtrans 101 adalah acara pertama yang akan diadakan rutin diadakan setiap bulannya bagi para merchant Midtrans. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang eCommerce serta peranan Midtrans di dalamnya.

Dalam Midtrans 101 kali ini, topik “Flow of eCommerce” dibawakan oleh Tiffany Nastasia dari team Business Expansion Midtrans sebagai pembicara. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 20 merchant Midtrans ini membahas tentang alur eCommerce di Indonesia dan peran Midtrans sebagai Payment Gateway. Midtrans merupakan pihak yang memfasilitasi proses pembayaran antara konsumen terhadap merchant, serta merchant dengan acquiring bank. Midtrans juga menjelaskan bagaimana Midtrans dapat membantu dalam memproses pembayaran melalui kartu kredit yang diterima dari konsumen sehingga membantu merchant dalam menyeleksi transaksi.

Midtrans akan membantu dalam otorisasi acquiring bank, meliputi proses authorize, capture, dan settlement. Authorize adalah langkah pertama saat limit kartu kredit konsumen dipastikan cukup untuk melakukan transaksi. Proses kedua adalah Capture, dimana jumlah pembayaran akan dipastikan dan siap dipindahkan ke acquiring bank. Settlement adalah proses terakhir saat pembayaran ditransfer dari issuing bank. Para peserta Midtrans 101 juga dijelaskan tentang kemungkinan terjadinya cancel, refund, dan chargeback dalam transaksi ini.

Sampai jumpa pada acara selanjutnya!