Panduan Menerapkan Pre-Launch Marketing untuk Bisnis Anda

launching produk

Untuk meningkatkan potensi kesuksesan suatu pemasaran, bisa Anda awali dengan audience building. Mulailah dengan berusaha mendapatkan media exposure, misalnya dengan meluncurkan free side product dan melakukan beberapa aksi menarik lainnya. Intinya adalah untuk mempersiapkan khalayak agar mereka mengetahui keberadaan Anda. Berikut langkah sederhana untuk melakukan pre launch marketing.

Luncurkan free side produk

harbolnas 2015

Untuk menjangkau massa, maka Anda membutuhkan ‘bantuan’ media. Sebaik apa pun produk yang akan Anda luncurkan, sebanyak apa pun Anda akan beriklan, mendapatkan bantuan dari media akan memberikan hasil yang lebih baik. Sebagai langkah awal untuk mendapatkan atensi, Anda bisa meluncurkan free side product. Free side product ini tidaklah harus suatu project yang besar, yang penting terkait dan sejenis dengan produk yang akan Anda luncurkan. Free side product ini juga diharapkan bisa menjadi perbincangan awal mengenai produk Anda.

Menarik perhatian publik

Tujuannya adalah untuk menjadikannya sebuah berita. Ada banyak cara pada bagian ini. Misalnya, Anda bisa memasang iklan pada media cetak, atau mungkin membuat video yang menarik mengenai produk Anda.

Tentukan waktu

teaser iphone

Langkah apa pun yang akan Anda ambil untuk mendapatkan perhatian media dan audience, salah satu hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah menentukan waktu yang tepat. Jika terlalu awal, ada kemungkinan audience sudah lupa akan produk Anda dan jika terlalu lambat, waktu penyebaran informasi akan sangat terbatas dan meningkatkan risiko kegagalan.

Kumpulkan massa

Bisa dikatakan, hal ini adalah yang hal utama dalam melakukan pre launch marketing. Dibandingkan dengan meminta audience mem-follow akun-akun social media Anda, akan lebih baik jika Anda bisa mengajak mereka untuk men-subscribe. Hal ini nantinya akan memberi pengaruh pada traffic.

Press friendly

xiaomi mi 5

Artinya, Anda harus memberi kemudahan bagi audience dan media untuk bisa mengakses informasi mengenai produk Anda. Siapkan informasi yang lengkap dan tampilan yang entertaining.


Berikut beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk menjadikan kegiatan pre launch Anda menjadi semakin menarik dan mendapatkan hasil terbaik :

  • Buatlah iklan yang mampu menarik perhatian. Contoh, Anda bisa membuat video terkait produk Anda. Banyak jenis yang bisa Anda terapkan, misalnya, video sederhana yang bisa membuat audience tersenyum, yang memiliki unsur kejutan ataupun menegangkan. Berhati-hatilah jika ingin menampilkan video yang bersifat kontroversi.

  • Sediakan dan sebarkan press release. Hal ini untuk memperluas audience Anda. Berikan informasi yang terbaru, lengkap dan akurat.

  • Increase chatter. shiseido indonesia

Maksudnya, tingkatkan massa yang sekiranya bisa mem-blow up. Misalnya, mintalah blogger dengan follower tinggi untuk me-review produk Anda.


Tentunya, Anda tidak mungkin dan menggabungkan semua point di atas, sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan produk Anda.

Selamat mencoba!

Sumber : Venture Beat , Right Mix Technologies

Join Us

Artikel - Artikel Terkait