Panduan Google Search Console untuk Pemula

Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah layanan dari Google yang dapat membantu Anda untuk mempertahankan keberadaan situs Anda di hasil pencarian Google. Selama ini, Anda mungkin sudah mengerahkan berbagai cara demi membuat halaman situs Anda muncul pada peringkat atas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian Google. Beberapa dari Anda mungkin menemui kebingungan; apa yang harus dilakukan agar Anda bisa meningkatkan peringkat situs Anda?

Nah, Google Search Console inilah perangkat yang Anda butuhkan. Ia menawarkan insight tentang bagaimana Googlebots menilai situs Anda, bagaimana halaman-halaman situs Anda muncul di hasil pencarian, hingga bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan hasil pencarian tersebut. Pada akhirnya, Anda bisa menggunakan data dari Google Search Console untuk meningkatkan performa situs Anda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Google Search Console

Google Search Console memiliki sebuah dashboard yang menampilkan status, search traffic, Google Index, security issues, dan berbagai fitur lain yang dapat membantu Anda dalam melakukan hal-hal di bawah ini.

Mengukur performa situs

Google

Google Search Console mampu memonitor performa situs Anda demi memaksimalkan usaha yang telah Anda kerahkan. Ia memberikan insight tentang bagaimana Google melihat dan menilai situs Anda. Namun, tak hanya memberikan penilaian, Google Search Console juga menawarkan solusi yang bahkan orang dari kalangan non IT pun bisa memahami dan membetulkannya sendiri.

Mengukur kesuksesan strategi SEO Anda

Penasaran bagaimana strategi SEO Anda berjalan selama ini? Pada fitur Search Traffic, terdapat opsi Search Analytics yang akan membeberkan keywords paling populer yang membuat orang mengunjungi situs Anda. Informasi yang diberikan pun cukup detail, mulai dari queries (keywords yang diketikkan orang pada browser hingga bertemu dengan situs Anda, pages (landing pages yang orang kunjungi dari organic search), countries (dari negara mana pencarian dilakukan), search type (apakah pencarian dilakukan di Google Images, Video, atau Web), hingga devices (perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian).

Mencari keyword potensial untuk mengoptimalkan SEO

Google Search Console memungkinkan Anda mengetahui keywords yang paling banyak diketikkan orang hingga bertemu dengan situs Anda. Nah, dari situ, Anda dapat mengoptimalkannya untuk membuat konten menggunakan keywords potensial tersebut. Anda juga dapat mengedit konten-konten lama untuk disesuaikan.

Memperbaiki halaman yang tidak dapat diakses Google

Melalui Google Search Console, Anda bisa mendapat pemberitahuan tentang halaman-halaman mana saja yang tidak dapat diakses oleh Google (misalnya broken links). Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan redirect halaman yang error tersebut ke halaman lainnya di blog atau situs Anda.

Cara mengatur Google Search Console

Kabar baiknya, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menggunakan Google Search Console. Segera sign up di google.com/webmasters/tools. Pertama, masukkan alamat situs Anda di kotak yang tersedia. Setelahnya, Anda harus melakukan verifikasi. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk verifikasi, salah satunya adalah “HTML Tag” yang relatif paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu meng-copy meta tag yang telah disediakan dan mem-paste-nya ke home page situs Anda.

set up Google Search Console

Jika ingin menghubungkan Google Search Console dengan akun Google Analytics, Anda bisa memilih “Manage Site” pada homepage Google Search Console, pilih “Google Analytics Property”, pilih situs, lalu tekan “save”.

Setelahnya, buka akun Google Analytics Anda, masuk ke bagian Acquisition – Search Engine Optimization – Queries. Pilih “Set up Webmaster Tools data sharing”. Lakukan review dan modifikasi jika memang diperlukan. Lalu, scroll down hingga bagian bawah halaman Webmaster Tools Settings, klik edit link, lalu pilih situs Anda. Jika sudah, baru Anda bisa menekan tombol “save”.


Tidak terlalu sulit bukan? Google Search Console akan menjadi teman baik Anda dalam meningkatkan performa situs sekaligus memastikan bahwa strategi SEO Anda berjalan sesuai target. Semoga Anda berhasil meningkatkan performa situs Anda dengan menggunakan Google Search Console!

Sumber: Google Support, Romli Sapermana Blog, WHEREOWARE

Join Us

Artikel - Artikel Terkait