Panduan Lengkap Facebook Live Video untuk Pemula

Facebook Live Video

Facebook Live Video adalah fitur Facebook yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan broadcasting live video menggunakan gadget mereka. Awalnya, pada tahun 2015, Facebook Live Video hanya bisa diakses oleh pengguna-pengguna tertentu di beberapa negara. Namun, sejak Januari 2016, Facebook akhirnya membuka akses tersebut untuk seluruh pengguna di dunia.

Mengingat video menjadi salah satu bentuk konten paling populer selama beberapa waktu belakangan ini, kehadiran Facebook Live Video dapat menjadi peluang besar bagi para marketer untuk melakukan promosi dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Tidak perlu bingung, panduan di bawah ini akan membantu Anda dalam mengoptimalkan Facebook Live Video untuk kepentingan bisnis Anda.

Pentingnya Facebook Live Video bagi pelaku bisnis

Agar lebih yakin dalam menggunakan Facebook Live Video untuk menunjang bisnis, sebaiknya Anda lihat dulu beberapa data penting terkait video online berikut ini, seperti yang dilansir oleh situs Hootsuite.com:

  • Sepertiga aktivitas online dihabiskan dengan menonton video.
  • Streaming video online diprediksi akan tumbuh hingga lebih dari 80% pada tahun 2020.
  • 26% orang tertarik untuk menonton broadcast live-streaming dari brand atau perusahaan.
  • Pengguna menonton 100 juta jam video di Facebook setiap harinya.
  • Pengguna Facebook meninggalkan komentar 10% lebih sering pada Facebook Live Videos daripada video biasa.
  • Rata-rata orang menghabiskan live videos tiga kali lebih lama daripada video yang tidak live.
  • Satu dari lima pengguna Facebook menonton Facebook Live Video.

Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa Facebook Live Video memiliki jumlah audiens yang cukup menjanjikan, sehingga mampu memungkinkan Anda untuk meluaskan jangkauan target audiens.

Fitur-fitur utama dalam Facebook Live Video

Dalam membantu Anda meluaskan jangkauan target audiens, Facebook Live Video dilengkapi dengan berbagai fitur berikut ini.

Notifikasi

Secara otomatis, notifikasi Facebook Live Video dari setiap pengguna diatur dalam mode “on”. Apabila pengguna tertarik dengan live video dari broadcaster tertentu, ia bisa memilih untuk melakukan subscribe. Jadi, jika broadcaster tersebut live, pengguna akan segera diberitahu.

Filters

facebook live filters Broadcasters memiliki opsi untuk menambah filter pada live video. Mereka bahkan bisa menambahkan goresan gambar dari fitur brush.

Masks

facebook live masks Bagi yang pernah menggunakan Snapchat, fitur satu ini tidak jauh berbeda dari topeng aneka rupa yang bisa ditambahkan pada wajah Anda selama live video.

Invite friends

facebook live invite friends Ketika pengguna menonton Facebook Live Video, mereka bisa mengundang pengguna lain untuk ikut menonton. Caranya hanya dengan melakukan tap pada ikon di bagian bawah layar.

Maps

facebook live maps Bagi pengguna yang tertarik menemukan konten baru, mereka bisa menggunakan Facebook Live Map, yang saat ini baru tersedia pada mode desktop. Fitur ini akan memunculkan seluruh broadcast yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Live Reactions

facebook live reactions Pengguna Facebook dapat meninggalkan “reaksi” berupa emoji selagi broadcaster melakukan live video. Hal ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan engagement.

5 Ide untuk konten Facebook Live Video Anda

Lalu, konten seperti apa saja yang bisa Anda buat melalui fitur Facebook Live Video? Tentu semuanya kembali lagi kepada tujuan dan kebutuhan Anda. Tetapi jika Anda masih merasa bingung, berikut yang bisa Anda pertimbangkan:

Interview dan Q&A

Tergantung dari bidang bisnis yang Anda tekuni, Anda bisa mengundang seorang ahli dari bidang tersebut untuk melakukan sesi Q&A di mana pengguna Facebook bisa mengajukan pertanyaan.

Breaking news

Jenis konten satu ini tentunya sangat tepat bagi Anda yang bekerja di bidang jurnalistik atau media.

Event perusahaan

Jika berencana membuat event khusus, manfaatkan Facebook Live Video agar pengguna Facebook yang tidak bisa hadir masih dapat menikmati event Anda.

Behind the scenes

Banyak sekali brand yang memberikan konten bersifat behind the scene melalui video. Hal ini memang sangat bagus untuk menunjukkan proses di balik layar perusahaan Anda sehingga membuat brand Anda terlihat lebih “membumi”.

Pengumuman

Anda bisa menggunakan Facebook Live Video untuk menyebarkan pengumuman terkait hal tertentu, seperti produk baru, promo diskon, dan lain sebagainya.


Facebook Live Video dapat menjadi perangkat yang powerful untuk menjangkau lebih banyak target audiens sekaligus meningkatkan interaksi dan engagement. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memadai selama melakukan broadcasting Facebook Live Video agar penonton pun memiliki pengalaman yang optimal.

Semoga bermanfaat!

Sources: Hootsuite Blog, Post Planner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait