Panduan Lengkap Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar

Apapun bentuk bisnis Anda, menentukan target pasar adalah hal utama yang harus dilakukan setiap bisnis untuk sukses. Pasalnya, target audiens adalah titik awal Anda mengembangkan, memberi nama, hingga menentukan strategi pemasaran produk atau layanan bisnis Anda. Karena itu, semakin Anda mengenal dan memahami target audiens yang dituju, semakin optimal pula Anda dapat merancang strategi pemasaran bisnis Anda.

Dengan pengenalan dan pemahaman yang baik mengenai target pasar bisnis Anda, peluang Anda untuk menjangkau orang-orang yang tepat serta menghasilkan keuntungan pun lebih tinggi. Terlebih dari itu, jika Anda melakukan semuanya dengan benar, tidak butuh waktu yang lama bagi produk atau layanan Anda untuk mulai dikenal para calon konsumen. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan target pasar yang tepat, simak panduannya berikut ini.

Pilih demografi spesifik untuk ditargetkan

Pemilihan demografik ini bertujuan agar target pasar yang dituju benar-benar tepat dengan jenis produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Pastikan Anda telah memilih target pasar yang nantinya benar-benar membutuhkan produk atau layanan Anda. Kenali dengan baik usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, hingga latar belakang sosial target pasar bisnis Anda agar strategi pemasaran yang dirancang nantinya bisa tepat sasaran.

Pertimbangkan psikografis target pasar tersebut

Selain memilih dan menentukan demografik spesifik untuk ditargetkan, Anda juga wajib mempertimbangkan sisi psikologis setiap target pasar bisnis Anda. Cari tahu pula hal-hal apa yang paling diinginkan dan paling tidak disukai oleh target pasar Anda. Lalu tentukan bagaimana produk atau layanan yang Anda tawarkan bisa sesuai dengan gaya hidup mereka. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target pasar Anda.

Analisa situs web dan media sosial

Apabila bisnis Anda sudah memiliki situs web dan akun media sosial, maka proses menentukan target pasar bisa dimulai dari sini. Hasil analisa situs web dan media sosial dapat menjadi cara mudah bagi Anda mengenali siapa yang telah, akan, dan berkemungkinan menjadi pelanggan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dari kedua media tersebut, Anda juga bisa lebih mudah mencari tahu siapa yang paling sering berinteraksi dengan bisnis Anda.

Perhatikan kompetitor Anda

Bukan bisnis namanya jika tidak ada persaingan ketat. Untuk itu, saat menentukan target pasar mau tidak mau Anda juga perlu memperhatikan kompetitor bisnis. Cari tahu dengan detail apakah kompetitor tersebut memiliki segmen target pasar yang sama dengan Anda. Jika ya, cari peluang untuk memenangkan persaingan dengan menyediakan apa yang tidak mereka miliki. Coba ciptakan strategi baru yang belum pernah terpikirkan oleh kompetitor Anda.

Lakukan uji coba terhadap pasar bisnis Anda

Setelah berhasil menentukan target pasar, jangan ragu untuk melakukan serangkaian uji coba strategi pemasaran terhadap pasar bisnis Anda. Buatlah iklan sosial yang secara khusus ditargetkan untuk pasar tersebut dan coba nilai respon yang diberikan. Perhatikan penggunaan bahasa dan visual dalam iklan tersebut. Apakah sudah menarik? Atau justru sama sekali tidak menarik bagi audiens? Dengan uji coba ini, Anda bisa dengan lebih mudah mengevaluasi ketepatan analisa target pasar Anda.


Menentukan target pasar adalah langkah krusial dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan target pasar Anda akan menentukan rancangan strategi pemasaran mana yang tepat untuk bisnis Anda. Nah, langkah-langkah di atas dapat membantu Anda menargetkan target pasar dengan benar. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Sumber: Hootsuite, Inc.