Panduan Lengkap Menggunakan Twitter Polls untuk Pemula

Twitter Polls

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Twitter merupakan salah satu perangkat media sosial paling efektif untuk meningkatkan bisnis Anda. Menyadari perannya tersebut, Twitter senantiasa menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan Anda dalam berbisnis. Salah satu fitur yang diciptakan oleh Twitter baru-baru ini adalah Twitter Polls. Jika memiliki Twitter, Anda pasti pernah melihat beberapa tweet yang menggunakan sistem polling. Sekarang kita akan membahas apa saja panduan dasar Twitter Polls untuk pemula.

Apa itu Twitter Polls?

Twitter Polls adalah sebuah fitur dari Twitter yang memungkinkan Anda untuk menciptakan polling sederhana dan mendapatkan votes dari followers Anda. Karena merupakan fitur yang dibuat oleh Twitter, polling yang Anda buat nantinya akan muncul dalam bentuk embed pada tweet Anda. Sebenarnya, polling pada Twitter bukanlah konsep yang baru. Nyatanya, para pengguna Twitter telah mengadakan polling melalui fitur retweet atau favorite. Adanya Twitter Polls tentu sangat memudahkan para pengguna Twitter untuk membuat polling secara lebih efektif.

Awalnya, Twitter Polls hanya mampu menyediakan dua opsi jawaban untuk setiap pertanyaan, namun kini Anda sudah bisa menuliskan hingga empat opsi. Setiap polling memiliki jangka waktu maksimal tujuh hari untuk bisa ditampilkan selagi para followers Anda melakukan vote. Followers Anda juga tidak perlu khawatir karena pilihan vote mereka tidak akan terlihat oleh orang lain maupun pembuat pertanyaan.

Keuntungan Twitter Polls untuk bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda bisa saja melemparkan pertanyaan kepada followers Anda melalui mode tweet biasa, namun fitur Twitter Polls mampu menyediakan proses yang lebih mudah dan praktis bagi Anda dan followers Anda. Melalui situs resminya, Twitter menjelaskan bahwa Twitter Polls memungkinkan Anda untuk merespon pertanyaan yang diajukan orang lain sekaligus membuat polling Anda sendiri dan mendapat hasilnya secara instan.

Tidak hanya itu, merespon Twitter Polls tertentu dapat memberi Anda kesempatan untuk berbagi dengan sesama pengguna Twitter. Sedangkan, membuat polling akan menyediakan insight terhadap perilaku dan perasaan followers Anda. Secara umum, Twitter Polls memiliki beberapa keuntungan bagi bisnis Anda, yaitu:

  • Mudah digunakan pebisnis dan audiens
  • Hasil real-time
  • Feedback cepat dari followers
  • Privasi partisipan terjamin
  • Tidak hanya terbatas pada followers Anda
  • Hasil mudah diukur

Cara membuat Twitter Polls

twitter polls

Sekarang saatnya panduan dasar membuat Twitter Polls. Menggunakan Twitter Polls sangat mudah dan praktis. Anda bahkan bisa langsung berhasil membuatnya dalam percobaan pertama. Berikut adalah cara membuat Twitter Polls pada akun Anda:

  1. Klik tombol “tweet” atau langsung gerakkan kursor menuju compose box pada timeline akun Twitter Anda.
  2. Klik ikon Twitter Polls.
  3. Ketikkan pertanyaan Anda pada kotak utama. Anda bisa menuliskan hingga maksimal 116 karakter.
  4. Masukkan opsi polling pertama pada kotak “Choice 1” dan opsi kedua pada kotak “Choice 2”. Pastikan bahwa masing-masing opsi polling terdiri dari maksimal dua puluh karakter saja.
  5. Klik “Add a choice” jika Anda ingin menambah opsi jawaban baru pada Twitter Polls Anda. Setiap polling hanya bisa menampung empat opsi jawaban.
  6. Durasi default polling yang diberikan oleh Twitter 24 jam, namun Anda bisa mengubah durasinya dengan meng-klik “one day” dan menyesuaikan hari, jam, bahkan menit berdasarkan keinginan Anda. Minimum durasi waktu yang diizinkan adalah lima menit, dan maksimumnya adalah tujuh hari.
  7. Klik “tweet” apabila Anda sudah siap mem-post polling Anda.

Fitur-fitur penunjang Twitter Polls

Salah satu kelebihan Twitter Polls adalah tidak terbatasnya fitur tersebut hanya untuk followers Anda. Jika ada follower yang me-retweet Twitter Polls Anda, postingan Anda akan muncul pada timeline mereka dan kemungkinan untuk dilihat oleh banyak orang akan semakin besar. Orang-orang juga bisa ikut melakukan vote melalui Twitter Polls hasil retweet.

pinned tweet

Selain itu, Anda juga bisa menarik perhatian lebih pada Twitter Polls dengan menaruhnya sebagai pinned tweet pada profil akun Anda. Caranya adalah dengan meng-klik simbol titik tiga di bawah tweet Twitter Polls, lalu pilih “pin to your profile”. Dengan begitu, polling tersebut akan muncul sebagai tweet yang berada di bagian paling atas ketika Anda dan orang lain mengunjungi profil Twitter Anda. Mereka bisa segera ikut melakukan vote atau melakukan retweet.

Melalui Twitter Polls, Anda dapat melakukan banyak hal untuk melancarkan proses engagement dengan audiens. Tanyakan hal-hal dan sediakan jawaban yang sekiranya menjadi insight dari followers Anda. Itulah panduan dasar Twitter Polls untuk pemula, Selamat bereksperimen!

Sumber: LinkedIn, Bufferapp Blog, Hootsuite Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait