Panduan Menggunakan Snapchat untuk Mengembangkan Bisnis Anda

snapchat untuk bisnis

Anda ingin menambahkan jenis media sosial lainnya untuk bisnis Anda? Mungkin Snapchat bisa menjadi pilihan Anda. Snapchat adalah salah satu jaringan media sosial yang berkembang dengan cepat, semenjak pertama diluncurkan pada September 2011. Pengguna aktif Snapchat sudah mencapai 100 juta per hari dan ada 400 juta snaps tiap harinya. Angka ini berarti Snapchat digunakan sebanyak 5% dalam penggunaan total media sosial yang ada.

Pemilik brand dan Content Creator dapat menggunakan fungsi Snapchat untuk menciptakan daily stories untuk membuat audience-nya senang dan untuk meningkatkan engagement.

Berikut tips menggunakan Snapchat untuk bisnis Anda:

Akses pada live event

Untuk real-time social media marketing, Snapchat bisa Anda gunakan, karena Snapchat bisa memberikan direct access untuk live event. Misalnya, Anda bisa gunakan ketika ada product launching, trade show, atau acara lainnya yang berskala lebih kecil, misalnya, perayaan ketika Anda mendapatkan 1000 pelanggan pada online shop Anda.

Untuk menyampaikan private content

Anda bisa menyebarkan konten yang bersifat lebih privat atau intim pada audience Anda. Artinya, konten ini tidak akan audience Anda dapat pada digital platform lainnya. Konten yang Anda sebarkan ini sebaiknya yang unik dan memberikan efek kejutan. Konten ini menjadikan audience merasa terlibat pada event yang sedang Anda jalankan, misalnya Anda bisa menampilkan potongan cara pembuatan suatu produk atau campaign.

Wadah untuk menjalankan kontes atau promosi

Ada beberapa manfaat dari mengadakan kontes, memberi hadiah atau promosi, di antaranya adalah agar followers betah dan selalu kembali lagi. Caranya? Anda bisa memberikan voucher potongan harga bagi fans yang menonton Snapchat story Anda hingga selesai atau ajaklah audience Anda untuk take a snap sambil memegang produk Anda.

Tampilkan kegiatan sehari-hari atau para pekerja di perusahaan Anda

Contoh, tampilkan kegiatan sehari-hari di perusahaan Anda, tentunya tampilkan kegiatan yang tidak hanya menarik tapi juga informatif. Lainnya, Anda bisa menggunggah kegiatan ulang tahun perusahaan, outing, dsb. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat membuat audience merasa terlibat dan lebih dekat dengan brand Anda.

Gunakan jasa influencer

Influencer memang biasa digunakan dalam berbagai media sosial, seperti pada Instagram misalnya. Selain untuk brand awareness, juga berfungsi untuk meningkatkan reach.


Snapchat bisa digunakan untuk beragam jenis bisnis, mulai dari restoran, café, pakaian olahraga, bahkan sebuah yayasan di Denmark dan Turki menggunakan Snapchat untuk campaign penyelamatan hewan langka.

brand yang menggunakan snapchat

Ada pun contoh perusahaan yang sukses menggunakan Snapchat. Misalnya, GrubHub.com, perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan pesan antar makanan ini, menggunakan Snapchat untuk mencari karyawan magang. Perusahaan ini meng-upload beberapa image yang dibuat dengan kreatif, masing-masing image berisi potongan intruksi pencarian karyawan tersebut.

Contoh lainnya adalah ketika NARS, sebuah brand kosmetik akan meluncurkan produk terbaru mereka. NARS melakukan lintas promosi melalui beberapa akun media sosial mereka, seperti pada Twitter, Instagram, dan Snapchat. Hanya mereka yang menambah akun milik NARS ini sebagai ‘friends’ mereka dalam waktu yang telah ditentukan, maka akan mendapatkan perlakuan istimewa.


Berarti, ada banyak trik yang bisa Anda gunakan melalui Snapchat, semuanya tergantung strategi dan kreatifitas Anda. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, mungkin Anda bisa mengintegrasikan campaign Anda beberapa akun media sosial sekaligus seperti yang dilakukan oleh NARS.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Social Media Examiner, Convince and Convert

Artikel - Artikel Terkait