Meningkatkan Visit untuk Website Ecommerce Melalui On-Site SEO

On-Site SEO

Jika Anda ingin mendapat lebih banyak traffic dan sales di website ecommerce Anda, on-site SEO adalah langkah penting pertama untuk mencapai hal tesebut. Berikut adalah pemahaman dasar mengenai on-site SEO, sehingga Anda memberikan signal yang tepat untuk Google:

Competitor Research

Jika Anda tidak tahu harus memulai optimasi on-site website ecommerce Anda, maka kompetitor Anda adalah jawabannya. Kompetitor Anda terutama yang besar, kemungkinan sudah memulai melakukan hal tersebut & Anda bisa belajar dari website mereka.

Keyword adalah hal yang perlu Anda perhatikan, terutama untuk di halaman homepage & product page yang populer.

Untuk mengetahui apakah sebuah website melakukan optimasi keyword tertentu, Anda bisa menggunakan Moz browser extension.

Moz image

Anda juga bisa menggunakan tool seperti SEMrush untuk melihat optimasi keyword yang dilakukan oleh kompetitor Anda untuk pencarian secara organik & berbayar.

Selain keyword, Anda juga harus meneliti bagaimana kompetitor Anda menggunakan keyword tersebut di masing-masing halaman.

Homepage SEO

Homepage adalah halaman utama dimana umumnya kebanyakan bisnis memfokuskan energi & budget. Berikut adalah beberapa hal kunci yang Anda harus optimalkan:

  • Homepage title tag - SEO title tag adalah salah satu elemen paling penting di on-site optimasi. Title tag harus berisikan nama bisnis Anda & keyword utama yang ada targetkan. Panjang title tag biasanya kurang dari 70 karakter sehingga menarik untuk dibaca oleh pencari di search result.
  • Homepage Meta Description - Meta Description di homepage biasanya 160 karakter, berisikan deskripsi mengenai bisnis Anda & muncul dibawah Title tag. Pastikan deskripsi tersebut jelas & menarik orang untuk membuka website Anda.
  • Homepage content - Content dari halaman utama Anda, harus membantu visitor untuk mempelajari produk Anda secara jelas.

Site Architecture

Ketika Anda menambahkan produk & kategori di dalam website ecommerce Anda, ingatlah bahwa site architecture memegang peranan penting di search optimasi. Kususnya jika Anda menginginkan hierarki navigasi tertentu, dari homepage, kategori produk hingga daftar produk di dalamnya. Search engine bots akan menganalisa halaman & produk dalam website Anda, berdasarkan struktur internal linking yang mudah untuk diikuti.

Aturan yang biasa digunakan adalah visitors & search engine bots harus bisa menemukan informasi yang mereka cari dalam 3 klik. Semakin pendek step yang diperlukan oleh visitor untuk mendapatkan produk, semakin baik optimasi yang Anda lakukan.

Product Page Optimization

Product Page adalah salah satu halaman yang paling penting di dalam website ecommerce Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan halaman tersebut:

Nama produk
Nama produk sangatlah penting. Kebanyakan website ecommerce menggunakan nama produk tersebut untuk SEO title & URL halaman produk. Dengan alasan tersebut, penamaan produk harus cukup umum & menggunakan keyword yang sering dicari.

Contohnya, jika Anda menjual t-shirt wanita merk ABC, pastikan Anda menulis ‘t-shirt’ di nama produk. Nama produk tersebut akan menjadi SEO title & URL dari halaman produk sepatu tersebut.

Deskripsi produk
Salah satu elemen penting di optimasi on-site adalah meta description. Google biasanya akan mengambil produk deskripsi & menjadikan meta description untuk halaman tersebut. Meta description tidak membantu ranking keyword yang Anda target, tetapi itu akan muncul di hasil pencarian.

Hasil Pencarian

Pastikan deskripsi produk tersebut jelas & mencakup semua informasi yang customer Anda perlu tahu.

Optimasi gambar produk
Gambar produk adalah bagian penting dari online transaksi. Customer akan memilih untuk membeli produk dari website dengan gambar yang jelas & bagus.

Selain penting untuk customer Anda, gambar tersebut juga penting untuk optimasi search.

Optimasi image produk dimulai dari penamaan file. Jangan menggunakan nama file yang tidak memiliki arti seperti IMG0010.jpg. Gunakan keyword sesuai dengan nama produk tersebut, seperti eastcoast-skinny-jeans.jpg.

Celana Jeans

Hasilnya, image yang Anda gunakan akan muncul di Google Image search ketika customer mencari dengan keyword yang sesuai.

Video
Anda bisa menggunakan video untuk meningkatkan kepercayaan customer ketika akan membeli produk di website ecommerce Anda. Video tersebut bisa berisikan informasi mengenai produk, bagaimana cara menggunakannya atau testimonial orang lain yang menggunakan produk tersebut.

Video penting dikarenakan, video akan terlihat lebih menonjol di hasil pencarian.

Review
Review adalah salah satu cara lain untuk meningkatkan kepercayaan customer terhadap produk & website ecommerce Anda.

Berikan insentif kepada customer untuk melakukan review produk setelah pembelian. Customer cenderung membeli produk berdasarkan review atau pengalaman customer lain.

FAQ Content
Sebelum melakukan pembelian, customer akan menanyakan hal mengenai produk yang akan mereka beli. Memiliki FAQ untuk setiap produk adalah kunci utama meningkatkan konversi.

Alasannya, jika customer memiliki pertanyaan mengenai sebuah produk yang tidak Anda jawab, mereka akan pergi ke tempat lain untuk mecari jawaban & kemungkinan mereka akan membeli dari sumber tersebut.

Selain FAQ untuk produk tertentu, Anda juga harus memiliki FAQ umum mengenai website ecommerce Anda, seperti security di website Anda, shipping, return policy.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait