Pemanfaatan Media Sosial untuk Perusahaan eCommerce

tips meningkatkan penjualan

Di zaman dimana teknologi internet telah berkembang pesat seperti sekarang, anggaran media sosial ternyata masih hanya menghabiskan sebagian kecil dari budget pemasaran. Penelitian oleh Duke University menyimpulkan, rata-rata anggaran untuk media sosial hanya mencakup 9% dari total anggaran. Namun angka ini diperkirakan akan naik hingga hampir 3x lipat pada 5 tahun mendatang. Media sosial sekarang ini begitu dekat dengan kehidupan individu sehari-hari, konsumen menggunakannya untuk berkomunikasi dengan sesama konsumen, mencari informasi mengenai suatu produk, dan membeli produk.

Di sisi pemasar, media sosial memberikan alternatif baru untuk menarik pelanggan baru, membina hubungan dengan pelanggan lama, dan sebagai tempat untuk mempromosikan diferensiasi dari brand yang Anda miliki. Bisa dikatakan, profil dan konten akun media social Anda layaknya billboard era modern. Media sosial telah berkembang pesat dari hanya sebagai media untuk mencari dan membagikan konten, menjadi sebuah portal eCommerce.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan bisnis eCommerce untuk memaksimalkan usaha social marketing :

Mencari dan membina hubungan dengan pelanggan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan media sosial untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, baik itu pelanggan baru ataupun loyal. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan media sosial untuk bisnis online Anda :

  • Customer Research : media sosial dapat membantu Anda untuk mensegmentasi pelanggan dan memahami demografi dari target pasar untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran yang Anda jalankan.
  • Customer Service : media sosial merupakan channel customer service yang efektif untuk menemukan dan menjawab keluhan dan permasalahan pelanggan.
  • Customer Acquisition : dengan memaksimalkan pengelolaan konten dengan baik dan mendorong pelanggan untuk memberikan review terhadap online store, brand, produk dan pelayanan Anda pada akun milik mereka juga bisa membantu membangun citra brand dan mengakuisisi pelanggan.
  • Customer Engagement : dibandingkan memanfaatkan media sosial sebagai channel penjualan, akan lebih efektif apabila Anda menggunakan platform ini untuk menyebarkan value dan memvalidasi usaha marketing Anda, misalnya dengan menyebarkan konten-konten yang menghighlight kualitas video atau foto yang diambil dari produk Anda.

Memaksimalkan Penggunaan Iklan

Dengan meningkatnya pengguna media sosial dari tahun ke tahun, membuat pemasar di industri eCommerce semakin mengedepankan penggunaan iklan untuk meraih audiens yang lebih luas. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan iklan di media sosial :

  • Segmentasi lebih efektif : media sosial seperti Facebook dan LinkedIn memudahkan pemasar untuk melakukan promosi dengan lebih akurat. Anda bisa memilih target pasar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dari demografi seperti usia dan jenis kelamin, hingga interest dari para pelanggan Anda.
  • Data yang lebih akurat : saat ini sudah banyak website atau aplikasi yang memungkinkan pemasar untuk mengukur semua aspek dari promosi, dari media sosial dengan performa terbaik, jenis konten yang populer, dan tindakan yang pelanggan lakukan. Dengan memanfaatkan data ini, Anda dapat menciptakan promosi yang tepat kepada target pasar.
  • Penyalur konten yang baik : anda bisa menyebarluaskan konten dengan lebih mudah dan jangkauannya pun lebih luas. Semakin baik konten yang Anda share, maka hasilnya pun ikut membaik. Salah satu manfaat yang didapat adalah meningkatnya followers yang membuat usaha promosi yang lebih efektif dan efisien.

Semoga bermanfaat!

Sumber : eCommerce Platforms

Artikel - Artikel Terkait