Pendistribusian Dana sebagai Pendukung Kemudahan Transaksi Emas Online

Midtrans_29-Jan-2020_blog-15

Kesadaran masyarakat untuk mengelola harta ke dalam investasi semakin meningkat. Salah satu instrumen investasi dengan peminat yang cukup banyak adalah emas. Mayoritas alasan masyarakat memilih emas karena harga emas cukup stabil dan sederhana dalam pengelolaannya dibandingkan dengan instrumen investasi lain, seperti saham, pasar uang, deposito, reksadana, obligasi dan yang baru-baru ini hadir, yakni cryptocurrency dan Peer to Peer Lending (P2P Lending).

Minat masyarakat terhadap emas ini mengilhami bertumbuhnya perusahaan fintech yang menyediakan layanan investasi emas, salah satunya adalah Pluang, yaitu aplikasi teknologi yang memudahkan untuk jual beli emas secara cepat dan langsung menggunakan rekening bank dan GoPay.

Transaksi Emas secara Cepat dan Real Time

Pluang menawarkan cara menabung emas yang praktis dan aman sebab dapat dilakukan di mana saja hanya dengan menggunakan smartphone dengan nominal transaksi yang rendah sebesar 0,01 gram emas. Dikutip dari pluang.com, penetapan nilai nominal transaksi ini disebabkan karena setiap orang memiliki strata sosial yang berbeda sehingga harus dimungkinkan untuk mendapatkan akses kepada instrumen investasi yang lebih terjangkau. Untuk melakukan transaksi jual beli emas, nasabah dapat melakukan pembayaran dan menerima hasil penjualan emas secara cepat dan real time melalui rekening bank dan akun GoPay.

Meskipun proses jual beli emas terhitung cepat, namun karena tidak didukung dengan sistem pendistribusian dana yang baik sehingga menimbulkan kendala dalam penyaluran pembayaran untuk pembelian emas dan hasil dari penjualan emas kepada nasabah. Selain itu, masalah yang akan dihadapi lainnya adalah terjadinya kesalahan pencatatan dalam pengiriman dana dari Pluang ke perusahaan emas, Pluang ke nasabah dan nasabah ke Pluang. Apabila tidak segera diatasi akan menimbulkan komplain dan ketidakpercayaan partner usaha Pluang dan nasabah karena beberapa masalah tersebut di atas.

Pendistribusian Dana yang Baik sebagai Solusi Kelancaran Transaksi Emas Online

Dengan menggunakan sistem pendistribusian dana yang baik, proses transaksi emas online di Pluang akan berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Sistem distribusi ini akan memberikan kemudahan penyaluran dana dari pembelian emas oleh nasabah kepada perusahaan emas yang bekerja sama dengan Pluang maupun hasil jual yang langsung dapat diterima oleh nasabah.

Selain memberikan kecepatan transaksi, sistem distribusi dana yang baik juga memberikan pencatatan transaksi yang detail secara real time dan keseluruhan data yang terintegrasi sehingga memperkecil terjadinya penyalahgunaan data dan dana nasabah. Sistem ini juga menghadirkan teknologi yang ramah pengguna, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh berbagai kalangan tanpa hambatan apa pun.


Untuk tahu informasi lebih lanjut seputar sistem pendistribusian dana, klik midtrans.com/iris