Pentingnya Analisis Data Marketing untuk Bisnis Anda

analisis marketing

GlobalDMA dan The Winterberry Group melakukan suatu survey terhadap 3000 profesional marketer dan semuanya mengakui pentingnya data dalam advertising dan meningkatkan pengalaman konsumen. 77% menyatakan bahwa mereka percaya dalam praktek dan prospek penggunaan data marketing di masa depan. Bahkan data marketing telah tumbuh setiap tahunnya dan akan terus tumbuh di tahun depan. Hal ini menunjukan bahwa data marketing merupakan bagian penting dalam setiap strategi dan advertising bagi setiap perusahaan dan data marketing dapat diperoleh melalui proses analisa.

Analisis data marketing adalah teknik dalam mengambil informasi yang tersedia di market untuk menjadi basis dalam pembuatan strategi marketing bagi bisnis. Analisis ini adalah bagian penting dalam setiap bisnis, karena dapat menunjukan performa bisnis Anda di market selama ini. Semua informasi ini didapatkan dari semua channel marketing kemudian dikonsolidasikan untuk menghasilkan satu pandangan marketing.

Adanya analisis data marketing membantu Anda dalam memahami pasar yang Anda targetkan dan juga merancang visi masa depan perusahaan Anda. Anda pun dapat memeriksa tingkat profitabilitas suatu market apakah market yang Anda selami mendatangkan keuntungan atau tidak, jika iya maka Anda tidak akan ragu untuk berinvestasi lebih di dalamnya. Jika tidak maka jangan pernah ragu untuk meninggalkannya karena dapat membuang sumber daya yang Anda miliki. Selain itu Anda pun harus mampu memahami kompetitor Anda, apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda, dan mencari cara lain untuk menentukan bagian mana yang perlu ditingkatkan atau tidak.

Berikut tiga tahap yang harus dilakukan dalam analisis data marketing:

  • Perhatikan laporan dari kegiatan yang sudah pernah dilakukan untuk mengetahui project mana yang memiliki performa lebih baik disbanding project lainnya. Anda pun harus dapat menentukan strategi mana yang mampu menghasilkan keuntungan di perusahaan. Juga Anda bisa mengetahui hal-hal yang tidak berhasil dan harus dihindari.
  • Analisa market yang sedang Anda dalami sekarang ini untuk memahami market lebih baik lagi. Hal ini membantu menemukan metode mana yang dapat berjalan dengan lancar. Jawab pertanyaan seperti seberapa besar konsumen merespon marketing plan Anda untuk menemukan hal yang dapat diperbaiki untuk performa lebih baik kembali.
  • Memprediksi masa depan dapat dilakukan melalui analisis data marketing seperti menemukan tren apa yang akan berlaku, market mana yang kan tumbuh cepat dan membuat asumsi terhadap penemuan tersebut. Hal ini memudahkan perusahaan Anda untuk menentukan marketing plan yang tepat di masa depan. Loyalitas konsumen dan ROI yang dapat mempengaruhi market Anda sekarang sekaligus masa depan perusahaan Anda.

Analisis data marketing merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan Anda, namun hal itu tidak akan berarti jika Anda tidak mempraktekannya di perusahaan Anda. Anda mengumpulkan data dan menganalisanya untuk menghasilkan suatu solusi dan ide bagi fenomena atau permasalahan yang ada di pasar. Jika Anda tidak mempraktekan ide tersebut maka Anda sudah pasti hanya membuang waktu dan energi.

Sumber : Pestle Analysis

Artikel - Artikel Terkait