Pentingnya Content Marketing dalam Bisnis Online

Pentingnya Content Marketing dalam Bisnis Online

Content is king.

Kalimat tersebut ditulis oleh Bill Gates dalam sebuah essay pada 1996. Di essay tersebut, Gates mengatakan bahwa konten di internet memiliki peluang yang tidak kalah menjanjikan dari iklan broadcast biasa. Hal tersebut terbukti benar hari ini. Content marketing telah menjadi salah satu kunci kesuksesan banyak bisnis, khususnya bisnis-bisnis online.

Melalui content marketing, para pemilik bisnis menyusun strategi terbaik untuk menarik pelanggan, baik dalam bentuk tulisan, video, atau gambar. Mereka tidak lagi mengandalkan iklan-iklan tradisional. Memangnya apa yang membuat content marketing begitu penting dalam bisnis online?

Konsumen mulai menghindari iklan tradisional

Jika dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu, lanskap pemasaran saat ini sudah jauh berbeda. Apabila dulu kita “baik-baik saja” terekspos oleh begitu banyak iklan tradisional seperti iklan TV dan baliho, kini konsumen sudah mulai mengalihkan perhatiannya. Bukan berarti iklan-iklan tradisional tersebut sudah tidak ada, tetapi setidaknya kini konsumen lebih aktif untuk mengabaikan iklan-iklan tersebut.
Bahkan perilaku ini juga terbawa hingga ke ranah online. Salah satu contoh iklan tradisional di ranah online adalah banner ads. Namun, ternyata sebanyak 54% pengguna internet sekarang tidak akan meng-klik banner ads tersebut. Sebaliknya, sebanyak 70% pengguna internet justru memilih untuk mempelajari suatu produk melalui konten.

Menghasilkan traffic, meningkatkan leads

Content marketing terdiri dari beragam jenis. Salah satu yang paling diunggulkan adalah artikel blog yang diunggah ke website. Biasanya, artikel-artikel ini ditulis dengan menggunakan prinsip search engine optimization (SEO). Tujuannya agar artikel bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Semakin tinggi peringkat Google-nya, maka semakin besar pula peluang artikel tersebut untuk dikunjungi orang lain. Artinya, website Anda akan semakin tinggi tingkat traffic-nya.

Menariknya, artikel-artikel ini tidak bersifat hard selling yang “memaksa” orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu. Umumnya, artikel membahas tentang suatu masalah atau kebutuhan konsumen, lalu artikel akan memberikan solusi yang mengarahkan pembaca untuk menggunakan produk Anda. Tidak mengherankan jika konten seperti ini disukai hingga 68% konsumen.

Nah, banyaknya pembaca yang datang ke website Anda tidak hanya meningkatkan traffic. Secara otomatis, Anda juga telah meningkatkan peluang untuk menghasilkan leads dan penjualan. Orang membaca konten blog untuk mencari solusi atas kebutuhan mereka. Setelah tahu bahwa solusi itu bisa ditemukan pada produk atau jasa Anda, pasti ada beberapa dari mereka yang jadi tertarik untuk membelinya. Apalagi riset juga mengatakan bahwa website dengan strategi content marketing bisa mendapat leads dan penjualan enam kali lebih tinggi dari website biasa.

Meningkatkan brand awareness

Ketika ada calon konsumen yang mendatangi Anda secara online, artinya ia tertarik untuk mengetahui dan mengenal produk Anda lebih jauh. Itulah mengapa Anda harus menyusun strategi content marketing yang bisa menunjukkan bahwa produk barang atau jasa Anda mampu memberikan solusi terbaik.

Apabila Anda berhasil melakukan hal tersebut, secara otomatis brand awareness bisnis online Anda akan meningkat. Akan ada semakin banyak orang yang menyadari keberadaan brand Anda sekaligus mengetahui keunggulan produk yang dipasarkan.

Selain ketiga manfaat di atas, content marketing juga membutuhkan biaya yang cenderung lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan iklan tradisional seperti pemasangan iklan TV. Anda pun bisa menghemat pengeluaran bisnis dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain yang dinilai lebih krusial dalam pengembangan bisnis Anda. Semoga setelah ini Anda tidak lagi ragu untuk menerapkan strategi content marketing untuk bisnis online Anda!


Sources: Grid, Jurnal, Tech in Asia