Pentingnya Review Online Bagi Bisnis Anda

review online

Model bisnis online memang memiliki beberapa kelebihan yang sangat menguntungkan bagi penggunanya, baik penjual maupun pelanggan. Satu hal yang pasti, bisnis online membuat transaksi jadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Namun ada satu hal yang tak boleh Anda sepelekan dalam hal bisnis online, yaitu review online. Hal ini dikarenakan review online memiliki peranan penting bagi kelangsungan bisnis. Apa saja manfaat review online tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Dalam bisnis online, rasa saling percaya antara penjual dan pelanggan sangatlah penting. Nah, salah satu cara Anda dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan adalah melalui review online. Sebelum benar-benar membeli barang, kebanyakan orang cenderung menelusuri internet untuk membaca review online mengenai kualitas produk yang akan dibelinya. Jadi jika bisnis Anda mendapatkan banyak review yang baik, hal ini tentu bisa meningkatkan kepercayaan pembaca review atau calon pelanggan tersebut dan mendorongnya untuk membeli.

Dengan adanya review online, calon pelanggan jadi tahu dan semakin yakin produk Anda memang bagus adanya. Namun, jika bisnis Anda menerima banyak review negatif, maka Anda perlu mengevaluasi kualitas bisnis atau produk Anda dan memperbaikinya dengan segera untuk menghindari kehilangan calon pelanggan.

Merupakan sarana pemasaran yang efektif

Disadari atau tidak, sebenarnya review online juga bisa jadi sarana pemasaran yang efektif bagi brand dan produk yang Anda jual. Pelanggan yang merasa puas tidak akan segan menceritakan pengalamannya di toko online Anda. Nah adanya review online ini, baik di forum, halaman toko online Anda, atau bahkan di media sosial para pelanggan sendiri, sudah bagaikan iklan bagi bisnis online Anda. Kabar gembiranya, "iklan" tersebut pun gratis. Jadi, bisa dibilang review online yang pelanggan Anda berikan adalah pemasaran gratis.

Bisa dipakai untuk menunjukkan apresiasi terhadap pelanggan

Adanya review online tak hanya memberi Anda sarana pemasaran gratis tapi juga kesempatan untuk menunjukkan apresiasi Anda terhadap pelanggan. Saat Anda mengunggah ulang review positif yang ditulis oleh pelanggan di blog atau media sosial bisnis online Anda, para penulis review tersebut akan merasa dihargai.

Dari sisi psikologis, para penulis review ini juga akan merasa semakin dekat dengan toko online. Nah saat Anda mengunggah ulang review mereka, jangan lupa untuk memberikan apresiasi seperti ucapan terima kasih juga. Dengan begitu, Anda pun dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di toko online Anda.

Meningkatkan penjualan

Di akhir hari, sebuah review online yang ditulis dengan baik dapat menarik pelanggan-pelanggan baru, apalagi jika yang menuliskannya adalah orang yang terkenal seperti seorang influencer atau artis. Selain meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap bisnis online Anda, hal ini jelas akan memberikan prestise tersendiri bagi brand dan bisnis online Anda.


Sudah waktunya Anda menanggapi review online dengan lebih serius. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat, jadi ayo berikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan dan calon pelanggan!

Sumber: Maichimp, Digital Entrepreneur