Peran SMS Marketing Dalam Akuisisi Pelanggan eCommerce

sms marketing

Di era teknologi seperti sekarang, memasarkan sebuah produk tidak lagi hanya mengandalkan poster atau brosur fisik yang Anda selipkan di setiap pintu rumah, beriklan di televisi dan radio, atau sekedar membuat sebuah website resmi yang menampilkan produk-produk usaha Anda. Untuk meningkatkan grafik penjualan bisnis, khususnya bagi Anda yang bergerak pada dunia eCommerce, ada satu lagi strategi marketing yang tidak boleh Anda lewatkan yakni SMS marketing. Secara sederhana, SMS marketing adalah layanan informasi produk yang dikirim melalui SMS kepada para pelanggannya.

Tidak hanya sekedar untuk menawarkan diskon spesial atau produk-produk terbaru Anda, SMS marketing juga bisa melakukan banyak hal lainnya, mulai dari mengirimkan konfirmasi pembayaran, memberitahu status pengiriman, meminta feedback pelanggan, hingga melayani langsung keluhan atau pertanyaan pelanggan. Aktivitas-aktivitas dalam strategi marketing inilah yang kemudian secara tidak langsung membuat relasi Anda dengan pelanggan menjadi lebih dekat.

Jika Anda berpikir bahwa SMS marketing adalah strategi lawas karena menggunakan pesan singkat sebagai ujung tombak pemasaran produk bisnis Anda, maka hal tersebut sama sekali tidak benar. Jika dibandingkan dengan email blast, SMS marketing justru dapat menjangkau konsumen secara lebih efektif. Ini terbukti dari banyaknya pesan yang lebih sering masuk ke kategori “sampah” (spam) sebelum sempat dibaca oleh para pelanggan Anda.

Lalu, apa yang membuat SMS marketing menjadi lebih efektif? Ada beberapa faktor yang mendasari pernyataan tersebut, beberapa diantaranya adalah:

Semua orang memiliki ponsel

Seperti apa yang selalu diinformasikan oleh Google selama bertahun-tahun, mobile first, masyarakat dunia saat ini memang cenderung melihat apapun dari layar ponsel mereka ketimbang dari layar komputer atau laptop. Hal ini menandakan bahwa SMS, fitur yang eksis dalam sebuah ponsel, masih menjadi bentuk komunikasi terdepan. Ponsel (smartphone) memang menyajikan fitur lain seperti chat melalui aplikasi messenger (Line, WA, dsb), email, dan video calling, tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa pengguna SMS masih sangat banyak, dikarenakan SMS merupakan salah satu fitur bawaan yang dimiliki oleh semua handphone.

Menjembatani kesenjangan

Walaupun hampir setiap orang saat ini sudah menggunakan smartphone (bahkan banyak orang yang memiliki lebih dari satu smartphone), namun tetap saja ada sebagian orang yang lebih nyaman membawa ponsel non-smartphone kemana pun mereka pergi. Jika ada dari pelanggan Anda yang masuk dalam kategori tersebut, strategi marketing seperti mengirimkan email atau memajang diskon dan promosi produk di website tidaklah cukup. Untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan tipe tersebut, alangkah baik bila Anda menggunakan SMS untuk tetap menginformasikan produk-produk Anda kepada mereka.

Meningkatkan kepuasan dalam berbelanja

Seperti yang sempat disinggung di atas, aktivitas yang bisa dilakukan menggunakan SMS marketing sangatlah beragam, interaksi tanya-jawab juga tidak membutuhkan waktu yang lama ketimbang menggunakan email. Oleh sebab itu, keunggulan ini akan memberikan para pelanggan Anda kepuasan yang lebih besar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Defaqto Research dan ditulis dalam situs web kissmetrics, 55% konsumen memilih untuk membayar lebih mahal sebuah produk asal pelayanan yang diberikan jauh lebih baik. Begitu pula menurut Bain & Co., pelanggan empat kali lebih mungkin untuk mengecek toko sebelah hanya karena ketidaksesuaian dalam layanan, bukan karena perbedaan harga.

Mendorong respon pelanggan

Faktor terakhir yang membuktikan SMS marketing adalah strategi marketing yang efektif fakta yang menunjukkan respon positif pelanggan. Menurut statistika yang diberikan oleh Text Marketer, pelanggan akan 6-8 kali lebih mungkin menanggapi pesan promosi yang dikirimkan melalui SMS Anda dengan tindakan, ketimbang yang Anda kirimkan melalui email. Selain itu, jika berbicara mengenai tautan (links), 19% orang akan mengeklik tautan yang dikirim via SMS ketimbang tautan yang dikirim via email (4.2%).


Nah, diatas adalah strategi-strategi yang dapat membantu Anda untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan meningkatkan loyalitas mereka. Selamat mencoba!

Sumber: Kissmetrics Blog, Simple Texting

Join Us

Artikel - Artikel Terkait