Peranan Google Quality Score terhadap Optimasi AdWords

google quality score

Google Quality Score (QS) adalah rating dari Google untuk menentukan kualitas dan relevansi dari keyword dan iklan Pay-per-Click (PPC), yakni dari angka 1-10. Semakin tinggi nilai yang didapat, artinya semakin relevan iklan yang Anda pasang. QS yang tinggi bisa membuat iklan Anda berada di posisi atas search engine Google. Selain itu, QS juga berperan sebagai “representatif” dari tingkat relevansi iklan Anda terhadap pencarian pengguna.

Seperti yang Anda tahu, Google merupakan search engine paling besar saat ini, dan mereka ingin mempertahankan reputasi itu. QS akan membantu Google untuk memastikan bahwa iklan yang dilihat pengguna relevan dengan hasil pencarian mereka. Bagi Anda, QS menjadi hal yang penting untuk menentukan apakah sebuah keyword layak untuk masuk pelelangan dan, demikian, apakah iklan Anda akan muncul pada hasil pencarian yang dilakukan pengguna melalui Google.

Faktor yang mempengaruhi Quality Score

Setidaknya ada tiga faktor utama yang memengaruhi QS. Pertama adalah Clickthrough Rate (CTR) yang didapat dari membagi jumlah klik dengan jumlah impresi. Nilai CTR disajikan dalam bentuk persentase antara 0%-100%. Semakin tinggi nilai CTR, semakin tinggi pula QS yang akan didapat. Artinya, tingkat CTR yang tinggi juga menandakan bahwa iklan yang Anda pasang cukup menarik hingga orang bersedia meng-klik-nya.

Faktor kedua adalah ad relevance, yakni relevansi antara keyword yang dipilih dengan iklan yang ditayangkan. Misalnya, Anda membuat iklan dengan headline “Jual celana jeans wanita”. Maka, keyword yang kemungkinan mendapat ad relevance tinggi adalah celana jeans wanita, jual celana untuk wanita, dan lain sebagainya. Pengguna yang mengetikkan keyword tersebut memiliki peluang besar untuk tertarik dengan iklan yang Anda pasang.

Sedangkan, faktor terakhir adalah landing page experience. Apakah pengunjung website Anda mendapatkan pengalaman positif ketika tiba di landing page Anda? Umumnya, keyword yang mendapatkan nilai landing page experience di atas rata-rata memiliki konten yang original, relevan, mudah dinavigasikan, dan menyediakan informasi yang cukup lengkap bagi pengunjungnya.

Pengaruh Quality Score terhadap PPC

Berdasarkan analisis yang dilakukan Wordstream.com, diketahui bahwa QS memiliki korelasi langsung terhadap kesuksesan PPC. Dengan mengoptimalkan QS, Anda memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan ROI yang besar. Hal tersebut disebabkan oleh QS yang tinggi berbanding lurus dengan cost per conversion.

cost per conversion

Perlu diingat bahwa cost per conversion berbeda dari cost per click. Anda tidak akan membayar setiap kali terjadi klik, tetapi ketika seseorang melakukan tindakan yang Anda ingin mereka lakukan, baik sign up atau membeli produk. Karena tidak setiap klik berujung pada konversi, cost per conversion pun umumnya bernilai lebih tinggi dari cost per click.

cara iklan di google

Maka, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi QS Anda, semakin rendah cost per conversion Anda. Ingatlah bahwa QS yang tinggi merupakan tanda iklan PPC Anda sudah memenuhi kebutuhan target pasar Anda. Semakin optimal bisnis Anda dalam memenuhi kebutuhan tersebut, Google akan mengurangi jumlah biaya yang harus Anda bayar untuk setiap klik.

Cara meningkatkan Quality Score

Kabar baiknya, QS bukanlah suatu hal mutlak yang tidak dapat diubah. Anda masih bisa terus melakukan perbaikan melalui beberapa cara ini untuk meningkatkan QS Anda:

  • Optimalkan copy untuk keyword iklan
  • Pilihlah copy iklan yang benar-benar sesuai dengan keyword. Hal ini akan meningkatkan relevansi antara keyword dengan iklan Anda. Tidak hanya meningkatkan QS, CTR Anda pun juga akan meningkat. Cantumkan pula keyword pada copy iklan. Anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan Dynamic Keyword Insertion (DKI) untuk melakukannya secara otomatis.

  • Tentukan target landing page
  • Landing page Anda harus didesain untuk mampu menampung konten yang menggunakan targeted keyword bagi setiap iklan. Hal ini akan meningkatkan relevansi, yang tentu akan membantu Anda dalam meningkatkan konversi. Jika pelanggan potensial membaca iklan Anda, meng-klik-nya, dan mereka tiba di landing page yang sesuai dengan ekspektasi mereka, mereka akan memiliki pengalaman positif yang bisa memotivasi mereka untuk menjadi pelanggan tetap.

  • Perbaiki waktu loading landing page
  • Waktu loading dari landing page menjadi salah satu penentu penting dalam penghitungan QS. Luangkan waktu untuk mengecek waktu loading dari setiap landing page dan cari tahu apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi waktu loading tersebut. Beberapa faktor yang berpengaruh pada lamanya waktu loading adalah meta refreshes, slow redirects, multiple redirects, slow server, dan lain sebagainya.


    Bertambah satu lagi faktor yang harus Anda perhatikan untuk kesuksesan digital marketing Anda, yakni Google Quality Score. Dengan QS yang tinggi, iklan PPC Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk di-klik oleh target pasar Anda. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kesempatan bagi produk Anda untuk dibeli.

    Semoga bermanfaat!

    Sumber: Clickz, Wordstream, idKeyword

    Join Us

    Artikel - Artikel Terkait